6 Hal Yang Mungkin Dapat Mempersingkat Proses Persalinan

Saat ada wanita yang mendengar bahwa saya tengah menjalani 2 kali proses persalinan yang pendek, mereka terlihat iri dan berkomentar “Kau sangat beuntung”. Kata tersebut sering sekali saya dengar setelah saya memberitahu bahwa persalinan anak kedua dan ketiga saya hanya berlangsung seitar 90 menit dari tahap awal persalinan hingga akhir.

Beberapa wanita yang mengalami persalinan singkat malah mengalami shock, dan itu tentunya memberikan masalah baru. Jadi, jangan terlalu memaksakan tujuan Anda untuk mempunyai persalinan singkat.

6 Hal Yang Mungkin Dapat Mempersingkat Proses Persalinan


Tentu saja ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari persalinan lama hingga berjam-jam. Dan berikut ini ada 6 hal yang mungkin dapat mempersingkat proses persalinan Anda.

1. Konsumsi Kurma

Penelitian telah menunjukan bahwa wanita hamil yang teratur makan kurma selama kehamilan dapat mempersingkat durasi persalinan. Para wanita yang mengkonsumsi kurma setiap hari memiliki dilatasi serviks sedikit lebih tinggi saat masuk ke rumah sakit dan tahap awal persalinan rata rata 8,5 jam. Sedangkan para wanita yang tidak mengkonsumsi kurma setiap hari atau hanya beberapa kali dalam seminggu, kurang melebar saat di rumah sakit, dan tahap awal persalinan rata rata 15 jam.

2. Persiapan Sebelum Persalinan

Melahirkan mirip seperti saat mendaki gunung, dibutuhkan persiapan dan kesadaran yang optimal. Anda perlu banyak membaca mengenai tahapan persalinan dalam buku atau internet, sehingga Anda menjadi akrab dengan proses persalinan dan bisa mengatur bagaimana tubuh Anda akan bekerja. Pengetahuan seperti ini bisa sekaligus mengurangi rasa takut, cemas dan ketegangan sehingga Anda lebih siap memacu adrenalin dan proses persalinan semakin cepat.

3. Persiapkan Kondisi Fisik

Melahirkan membutuhkan tenaga fisik yang keras, bahkan banyak para ibu yang mengibaratkannya seperti sudah lari marathon jika ditanya mengenai pengalaman persalinan mereka. Ibu hamil harus mempunyai tubuh yang sehat dan bugar sehingga memiliki tenaga yang banyak untuk persalinan. Biasakan untuk berjalan-jalan pendek di lingkungan rumah sesering yang Anda bisa. Dan akan lebih baik jika Anda mengambil kelas yoga prenatal untuk lebih fokus mempersiapkan kondisi tubuh. Gerakan yoga umumnya mendorong tubuh Anda menjadi tegak, menjaga panggul lebih terbuka dan memiliki fokus kuat pada pernapasan. Tentu saja ini adalah hal yang penting untuk membantu mempermudah proses persalinan Anda.

4. Pijat

Memiliki jadwal pijat teratur selama persalinan membuat kondisi tubuh Anda rileks dan akan mempercepat kontraksi selama persalinan. Tentu saja, pastikan orang yang memijat Anda adalah seorang terapis pijat kehamilan yang terlatih. Sentuhan atau pijatan selama tahap awal persalinan juga dapat mempromosikan pelepasan hormon oksitosin yang mana bertanggung jawab untuk kontraksi uterus yang efektif.

5. Dapatkan Bayi Dalam Kandungan Anda Siap Lahir

Selama kehamilan bayi akan terus bergerak hingga ia bisa memposisikan tubuhnya ke tempat yang siap lahir. Biasanya ini terjadi pada usia kehamilan 34 minggu. Dan idealnya kepala bayi Anda harus berada di posisi bawah dengan punggung yang menghadap ke depan Anda. Jika kepala bayi dalam keadaan tertekuk atau menekan tulang ekor Anda, proses persalinan akan semakin lambat bahkan menyakitkan. Anda bisa membantu bayi Anda mendapatkan posisi yang benar, untuk itu hindari untuk berbaring telentang atau membungkuk saat Anda berada di tempat tidur atau sofa. Cobalah secara teratur menggunakan bola melahirkan, atau duduk menghadap ke belakang kursi dengan tangan yang ditempatkan diatasnya.

6. Bersihkan Pikiran Anda

Bahkan untuk hal hal yang mudah dilakukan akan menjadi lebih sulit dan menantang ketika Anda berada dalam pikiran negatif. Penuhi pikiran Anda mengenai pesan-pesan positif selama kehamilan. Berkomunikasi dengan orang-orang dekat seperti keluarga atau suami Anda. Mereka akan dengan senang hati memberikan dukungan melalui lisan dan hal itu akan menambah energi positif untuk Anda.

Jika Anda mempunyai rasa kekhawatiran yang tinggi mengenai persalinan yang akan Anda hadapi. Konsultasikan dengan bidan atau dokter kandungan agar mental Anda lebih baik.

Nah itulah, 6 hal yang mungkin dapat mempersingkat proses persalinan Anda. Kami doakan agar persalinan Anda lancar dan dikaruniai anak yang sehat. Terimakasih sudah berkunjung ke curhat bidan.

CategoriesUncategorized
Diskusi Dari: Alena Syafira Firdaus
Alena Syafira Firdaus

Halo bu bidan, nama saya Alena. Katanya kalau berhubungan intim ketika kita sedang masa subur itu bisa lebih cepat untuk mendatangkan kehamilan. Karena saya sedang menunda kehamilan dan melakukan hubungan intim saat sedang tidak subur bisa terjadi kehamilan atau tidak ya ? Terima kasih sebelumnya.

Dijawab Oleh : Alena Syafira Firdaus
Diskusi Dari: ToriQ Aprilio Pramudya
ToriQ Aprilio Pramudya

Dok saya mau bertanya, terakhir istri saya kan haid pada tanggal 8 februari hingga tanggal 14 februari. Namun setelah 1 minggu bersih dari haid, kemudian pada tanggal 20, 21, 22 istri saya mengeluarkan darah yang memang terbilang kecil hanya sebesar cendol tapi bergumpal. Namun, setiap hari hanya ada 1 gumpalan saja yang keluar ini. Yang saya mau tanyakan, ini kira kira kenapa ya dok dengan kondisi istri saya? berbahaya tidak dok, mohon penjelasannya, terimakasih.

Dijawab Oleh : ToriQ Aprilio Pramudya
Diskusi Dari: Yanti
Yanti

Bagaimana mengatasi stres saat hamil

Dijawab Oleh : Yanti
Diskusi Dari: Fairus
Fairus

Persalinan pertama saya mengalami gangguan medis yang mengharuskan saya operasi caesar, dan yang mau saya tanyakan adakah resiko bagi saya yang sebelumnya melakukan operasi caesar, dan lantas dikehamilan kedua saya ingin memlih jalan persalinan normal ? Mohon penjelasannya bu bidan

Dijawab Oleh : Fairus
Diskusi Dari: Milla Natalia
Milla Natalia

Assalamu’alaikum bu bidan, selamat siang…
Nama saya Milla Natalia, saya seorang ibu rumah tangga dan baru memiliki 1 anak laki-laki usianya mau menginjak 3 tahun. Nah bu bidan, anak saya ini hiperaktif dan bisa di bilang cepat pertumbuhannya. Tapi dengan cuaca seperti ini yang kadang terang dan tiba-tiba hujan bagaimana cara kami sebagai orang tua untuk menjaga kesehatan anak kami agar tidak mudah terserang penyakit bu bidan? karena kami takut salah apa saja yang harus dilakukan di usia yang mau menginjak 3 tahun ini. Terimakasih bu bidan, ditunggu solusinya.
Wassalamm…

Dijawab Oleh : Milla Natalia