6 Perbedaan Hamil Anggur dan Hamil Diluar Kandungan

Curhat Bidan | Bunda haruslah bisa membedakan mana hamil anggur dan hamil diluar kandungan. Banyak yang menganggap hamil anggur dan hamil diluar kandungan sama, misalnya ibu hamil yang mengalami hamil anggur dan hamil diluar kandungan akan sama mengalami pendarahan dan nyeri pada bagian perut. Walau tanda dan gejala yang dialami sama tetapi hamil anggur dan hamil diluar kandungan memiliki perbedaan. Perbedaan inilah yang sebaiknya bunda ketahui.

Kehamilan di Luar Kandungan

Kehamilan di luar kandungan merupakan suatu kehanilan dimana janin tidak tertanam di rahim atau tertanam di luar rahim. Kehamilan di luar kandungan (Kehamilan ektopik) sebagian besar terjadi pada tuba fallopi. Kehamilan ektopik lebih jarang terjadi daripada keguguran, dengan perbandingan1 diantara 60 kehamilan.

Tanda Kehamilan diluar Kandungan

  1. Nyeri kram di bawah perut, biasanya lebih sakit dari sakit pada waktu akan haid.
  2. Nyeri yang menusuk di area sekitas perut.
  3. Pendarahan pada vagina.
  4. Level HCG rendah.

Hamil Anggur

Hamil anggur sering disebut sebagai MOLE, pada kehamilan ini yang tumbuh pada rahim bukanlah embrio melainkan suatu jaringan yang bersifat abnormal. Kehamilan anggur juga sering disebut sebagai gestational trophoblastic disease (GTD).

Tanda Hamil Anggur

  1. Tes darah menunjukan level HCG yang tinggi.
  2. Tidak ada detak jantung pada janin.
  3. Pendarahan dari vagina
  4. Apabila dilihat dari USG terlihat ada rangkaian seperti anggur dalam rahim.

6 Perbedaan Hamil Anggur dan Hamil Diluar Kandungan

Ada beberapa perbedaan antara hamil anggur dan hamil diluar kandungan. Diantaranya sebagai berikut :

  • Bentuk Embrio
    Pada hamil anggur dan hamil diluar kandungan memiliki bentuk embrio berbeda. Pada hamil anggur bentuk embrio atau bakal janin berbentuk seperti anggur, sedangkan hamil diluar kandungan, bentuk embrio sama dengan kehamilan normal akan tetapi letaknya saja yang berada di luar rahim.

  • Letak Bakal Janin
    Walaupun bakal janin tidak berkembang, hamil anggur letaknya tetap berada pada rahim. Sedangkan hamil diluar kandungan bakal janin berada di luar rahim.
  • Penyebab Hamil Anggur dan Hamil diluar kandungan
    Penyebabnya tentu berbeda, hamil anggur disebabkan oleh tidak adanya sel yang dibuahi atau tidak adanya kromosom pada telur atau ovum yang dibuahi. Sedangkan hamil dluar kandungan, zigot tidak bisa menempel pada dinding rahim dan menempel di luar rahim.

  • Jenis Hamil Anggur dan Hamil Diluar Kandungan
    Hamil diluar kandungan memiliki 1 jenis saja, sedangkan hamil anggur memiliki 2 jenis yang berbeda, yaitu :

    – Complete Mole, Jenis hamil anggur ini disebut hamil anggur klasik / hamil yang seluruhnya bersifat palsu. Apabila dideteksi hamil anggur ini memang menandajan ciri orang yang hamil, perutnya juga akan seperti orang hamil, karena hamil anggur akan cepet berkembang dibandingkan dengan orang hamil biasa. Padahal yang berada pada rahimnya yaitu tumor jinak yang bersarang di dalam perut.

    – Partiel Mole, Jenis hamil anggur ini merupakan kebalikan dari Complete Mole. Memang pada awalnya benar-benar mengandung dan janin di dalam tubuhnya ada. Tetapi lama kelamaan hamil tersebut brubah menjadi hamil anggur karena perkembangan janin yang menjadi abnormal, sehingga janin akan berhenti berkembang karena mengalami kecacatan.

  • Faktor Risiko
    Bunda yang mengalami hamil anggur dan hamil diluar kandungan memiliki faktor risiko yang berbeda. Hamil diluar kandungan bisa menyerang bunda yang memiliki masalah dengan kesehatan reproduksinya, misalkan radang panggul, PMS, IMS dll.

    Sedangkan faktor risiko bunda yang mengalami hamil anggur bisa menyerang wanita pada usia kurang dari 20 tahun dan lebih dari uia 34 tahun. Persamaan faktor risiko dari hamil anggur dan hami di luar kandungan yaitu Bunda yang sama-sama memiliki riwayat hamil anggur dan hamil ektopik sebelumnya bisa rentan terkena kehamilan abnormal itu kembali.

  • Cara Mengatasinya
    Mengatasi hamil anggur dan hamil diluar kandunagn berbeda, untuk mengatasin hamil anggur menggunakan obat-obatan untuk meluruhkan janin yang tidak berkembang atau tumor yang ada di dalam kandungannya. Untuk hamil ektopik juga bisa menggunakan obat-obatan. Obat yang diberikanpun berbeda, dan mengatasi hamil anggur yang sudah parah dan kehamilan ektopik caranya pun berbeda. Apabila hamil anggur mengatasinya dengan kuret, sedangkan  hamil ektopik atau hamil diluar kandungan menggunakan tindakan pembedahan atau operasi.

Perbedaan hamil anggur dan hamil diluar kandungan sering tidak diperhatikan, karena banyak yang menganggap hamil anggur dan hamil diluar kandungan sama. Hamil anggur dan juga hamil diluar kandungan janganlah disepelekan karena bisa menimbulkan kesehatan yang serius bagi yang mengalami hamil tersebut.

CategoriesUncategorized
Diskusi Dari: Meysa
Meysa

Bu bidan saya mau bertanya, saya sekarang sedang mengandung, usia kandungan saya baru menginjak 3 bulan, tapi kenapa akhir akhir ini saya susah tidur. Kalau saya minum obat tidur apakah tidak apa ?

Dijawab Oleh : Meysa
Diskusi Dari: Riza
Riza

Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. [email protected]

Dijawab Oleh : Riza
Diskusi Dari: Shelly Aulia
Shelly Aulia

Siang dok. Saya Shelly. Anak saya yang berusia 1 bulan terkena pilek tapi tidak panas. Ada batuk sedikit jika sedang menyusui saja. Bagaimana cara menanganinya ? Apa perlu saya periksakan ke dokter ?

Dijawab Oleh : Shelly Aulia
Diskusi Dari: Hendra Hermawan
Hendra Hermawan

Assalamualaikum Bu Bidan, saya Hendra Hermawan saya tadi selesai baca artikel tentang kesuburan pria dan disana katanya kalau sering makan terong bakal bikin penis kita jadi lemas itu gimana bu bidan ?

Dijawab Oleh : Hendra Hermawan

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya mengatasi kegemukan anak di usia sekolah dasar tanpa mengurangi asupan gizi yang ia perlukan di usianya saat ini ? Mohon dijawab segera yah bu. Terimakasih

Dijawab Oleh : Cantika Dwi Rangga Sasmita