Aktivitas yang Perlu Dikurangi Selama Masa Kehamilan

Saat hamil anak pertama, kebanyak para wanita tidak mengetahui hal-hal dan aktivitas apa saja yang aman dilakukan saat hamil. Beberapa hal yang paling ditakuti oleh semua wanita yaitu tindakan yang dapat memberikan risiko pada janin dan ibu hamil. Maka dari itu, penting bagi calon ibu dan ayah mengetahui hal-hal yang harus dilakukan dan dikurangi selama kehamilan.

Saat menginjak awal kehamilan tentunya asupan nutrisi sangat perlu diperhatikan untuk menunjang tumbuh kembang janin dalam perut. Selain itu, ibu hamil juga perlu memperhatikan aktivitas yang harus dikurangi saat hamil untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Berikut ini dia daftar aktivitas yang harus dikurangi saat Anda hamil.

Aktivitas yang Perlu Dikurangi Selama Masa Kehamilan

Hindari mengangkat beban terlalu berat
Kegiatan ini menjadi salah satu hal yang perlu dikurangi atau bahkan dihindari selama hamil, khususnya bagi wanita yang memiliki kondisi medis seperti plasenta previa.

Hindari olahraga berat
Olahraga memang penting dilakukan disaat memasuki kehamilan, namun perlu diperhatikan pula jenis olahraga yang aman bagi ibu dan janin. Disarankan untuk tidak melakukan olahraga ekstrem yang dapat mengganggu kesehatan janin dan ibu. Cukup dengan berolahraga ringan yang dapat membantu Anda dalam menjaga keseimbangan atau tekanan pada perut atau punggung bawah secara alami.

Hindari membersihkan rumah dengan pembersih kimia
Bagi wanita hamil sebaiknya hindari penggunaan atau kontak langsung terhadap produk-produk pembersih rumah tangga yang mengandung bahan kimia seperti cairan pembersih lantai dan kamar mandi. Karena, hal tersebut dapat mengganggu tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Sebaiknya Anda gunakan alternatif lain untuk membersihkan rumah dengan tidak menggunakan bahan-bahan yang mengandung kimia, seperti cuka dan air atau baking soda.

Hindari penggunaan lotion berbahan kimia.
Hasil dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan lotion dan produk kecantikan dapat mempengaruhi kadar hormon. Sehingga para ahli menyarankan untuk memilih lotion yang mengandung bahan alami tanpa ada campuran bahan kimia seperti misalnya minyak zaitun, teh hijau, dan biji anggur.

Hindari berendam di air hangat terlalu lama
Air hangat memang dibutuhkan ibu hamil dalam merelaksasikan tubuh dan pikiran, namun bila dilakukan terlalu lama, hal tersebut justru malah memberikan dampak buruk bagi ibu dan janin. Karena, air dengan suhu yang terlalu panas dapat mempengaruhi kesehatan janin dalam kandungan ibu.

Batasi atau hindari mengonsumsi makanan kaleng
Hasil penelitian menunjukkan bahwa makanan kaleng dapat memberikan dampak negatif pada tumbuh kembang bayi. Meski hasil penelitian ini belum mencapai 100%, namun alangkah baiknya Anda untuk menghindari atau membatasi mengonsumsi jenis makanan kaleng saat hamil.

Sebaiknya, masaklah makanan dari bahan-bahan segar sehingga Anda pun terhindar dari bahan-bahan kimia seperti plastik atau pembungkus makanan yang dapat mengkontaminasi makanan Anda.

Imbangi aktivitas saat hamil dengan pola hidup yang terkontrol
Dengan adanya batasan aktivitas selama kehamilan bukan berarti menghambat ibu untuk tetap tampil bugar dan sehat. Justru disaat masa kehamilan inilah penting bagi ibu menjaga kesehatan tubuh untuk mempersiapkan fase persalinan.

Meski berolahraga menjadi salah satu aktivitas yang perlu dikurangi, namun bukan berarti Anda tidak boleh berolahraga, Anda disarankan untuk berolahraga ringan dalam waktu 5-30 menit setiap hari, misalnya jalan pagi dan hiruplah udara bersih dan segar untuk mensuplai oksigen yang cukup, selain itu, ibu juga bisa melakukan olahraga renang untuk merelaksasikan otot dan membuat punggung terasa nyaman.

Selain aktivitas diatas, yang perlu diperhatikan selama masa kehamilan juga yaitu mengontrol asupan nutrisi yang masuk ke tubuh dengan baik dan sesuai dengan selera. Konsumsilah makanan yang bersih, matang dan tersterilisasikan.

Nah itulah beberapa hal penting mengenai aktivitas selama masa kehamilan serta nutrisi dan pola hidup yang baik dilakukan selama masa kehamilan. Semoga info kehamilan ini dapat bermanfaat untuk Anda semua. Dan bagi Anda yang ingin bertanya, silahkan masuk ke form tanya bidan.

CategoriesUncategorized
Diskusi Dari: Obey Hungkul
Obey Hungkul

Maaf bu bidan saya mau tanya. istri saya hamil 5 bulan dan sering merasakan rasa sakit pada perut, apakah itu tanda gejala penyakit ataukah itu hanya reaksi sang bayi di dalam kandungan ?

Dijawab Oleh : Obey Hungkul
Diskusi Dari: zulfa
zulfa

Apa evidence base dari persiapan persalinan??

Dijawab Oleh : zulfa
Diskusi Dari: Ade Sulastri
Ade Sulastri

Siang dok, saya wanita yang baru saja berumur 25 tahun. Saat ini saya sering emrasakan hal hal yang saya rasa kurang wajar seperti sesak pada bagian nafas yang sangat sakit sekali saat saya sedang berbaring. Saya mau tanya ini kira kira masalah kesehatan apa ya dok?

Dijawab Oleh : Ade Sulastri
Diskusi Dari: Tuti
Tuti

Halo dok.. Sy tuti, skrg sy sdg hamil dg uk 24w. S mengalami keputihan selama kehamilan. Apakah itu wajar? Awalnya keputihan normal berwarna putih sperti lendir, tp masuk trimester 2 kehamilan menjadi sperti bubur berwarna putih.. Sy takut apakah membahyakan janin sy?
Trims yaa

Dijawab Oleh : Tuti
Diskusi Dari: Aisyah Putri Setiawan
Aisyah Putri Setiawan

Siang dok, saya baru saja menikah 1 minggu lalu. Sebelum menikah, memang saya memiliki masalah dengan seputar kesehatan keputihan yang sedikit berwarna hijau dengan jumlah yang memang cukup lumayan banyak. Namun, setelah saya menikah, sering kali saya merasakan rasa gatal setelah melakukan hubungan intim, dan bahkan pada pertama kalinya berhubungan keputihan ini semakin banyak dan bahkan membuat saya risih dan takut suami berpaling. Saya mau bertanya, apaklah hal ini merupakan salah satu hal yang normal pada awal berhubungan seks atau bahkan ini berbahaya? Terus bagai mana cara mengatasi masalah kesehatan yang satu ini agar keputihan hilang dari bagian vagina ini.

Dijawab Oleh : Aisyah Putri Setiawan