Amankah Melakukan Pijatan Selama Masa Kehamilan

Memasuki kandungan yang semakin besar, tidak jarang para ibu hamil mengeluhkan badannya pegal-pegal dan ingin rasanya melakukan pijatan relaksasi. Namun, banyak sekali para ibu yang bertanya, amankah ibu hamil melakukan pijat? Untuk mendapatkan jawabannya, simak info kehamilan berikut ini.

Amankah Ibu Hamil Melakukan Pijat?

Pijat atau massage adalah salah satu media pengobatan yang bermanfaat untuk memperbaiki kesehatan tubuh secara menyeluruh, mengurangi rasa stress dan membebaskan kekuan dan ketegangan otot. Penyelidikan dan riset modern membuktikan ilmu pengobatan dengan pijatan sebelum melahirkan bisa menjadi treartment atau cara yang sangat baik terhadap perawatan sebelum ibu melahirkan dan diberikan dengan cara yang benar.

Hasil dari sebuah study penelitian menunjukkan bahwa massage therapy yang dilaksanakan selama kehamilan dapat mengurangi kegelisahan, mengurangi gejala-gejala depresi, membebaskan nyeri otot dan nyeri sendi, serta meningkatkan kesehatan bayi baru lahir.

Selain itu, hasil study peneliti yang dilakukan 10 tahun yang lalu menunjukkan bahwa,”kadar hormon berhubungan dengan relaksasi dan stress, yang mendorong perbaikan kesehatan cardiovasculer, ketika massage therapy diperkenalkan untuk perawatan prenatal. Hormon-hormon seperti norepinefrin dan kortisol (hormon stress) dikurangi dan level dopamine dan serotonin ditingkatkan pada wanita-wanita yang dilakukan pijatan setiap dua minggu selama hanya lima minggu. Perubahan level hormon mengurangi kesulitan-kesulitan selama kelahiran dan memperkecil kesulitan-kesulitan bayi yang baru lahir, seperti berat atau beban kelahiran yang rendah.”

Kapan Ibu Hamil Boleh Melakukan Pijatan?

  • Pijatan direkomendasikan selama prenatal massage karena ibu hamil banyak menunjukkan kegelisahan yang umum berhubungan dengan sistem skeletal dan perubahan sistem sirkulasi karena adanya perubahan hormon selama kehamilan.
  • Pijatan boleh dilakukan bagi bunda yang tidak memiliki masalah kehamilan, seperti janin terlilit tali pusat atau posisi janin yang tidak tepat.
  • Pijatan boleh dilakukan pada usia kandungan menginjak 5 bulan keatas, hal ini dikarenakan untuk menghindari hal-hal yang tidak inginkan.
  • Melakukan pijatan sebaiknya dilakukan oleh orang yang sudah profesional dan ahli dibidang tersebut.
  • Hindari pemijatan pada area pinggul, perut, dan pinggang. Wanita hamil boleh dipijat pada area tangan, kaki, punggung serta leher.

Itulah beberapa cara pemijatan yang boleh dilakukan. Dan waspadalah, jika pemijatan salah dilakukan, justru akan berimbas pada kesehatan bayi yang dikandungnya. Maka dari itu, sebaiknya mengetahui syarat-syarat pemijatan yang baik dan aman dilakukan saat masa kehamilan. Semoga sajian ini bermanfaat, dan bila Ada yang ingin ditanyakan. Silahkan masuk kehalaman tanya bidan, kami siap memberikan jawaban.

CategoriesUncategorized
Diskusi Dari: Astria
Astria

Selamat siang bu bidan, saat ini saya sedang hamil 4 bulan dan saya memang termasuk orang yang tidak suka makan sayur bahkan bisa di katakan sebelum hamilpun saya tidak pernah makan sayur. Nah berhubung sekarang saya lagi hamil saya agak khawatir nih takutnya nutrisi saya dan janin tidak tercukupi karena tidak mengkonsumsi sayuran. Apakah ada makanan pengganti sayur untuk ibu hamil yang tidak suka makan sayur?

Dijawab Oleh : Astria
Diskusi Dari: Aisyah Putri Setiawan
Aisyah Putri Setiawan

Selamat siang dok. Saat ini saya sedang mengandung menuju 9 bulan. Saya berharap sekali bisa melakukan persalinan dengan cara yang normal. Mau tanya, bagai mana tips agar kita melakukan persalinan dengan normal? Mohon penjelasannya dok.

Dijawab Oleh : Aisyah Putri Setiawan
Diskusi Dari: Mila Amelia
Mila Amelia

Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

Dijawab Oleh : Mila Amelia
Diskusi Dari: sadeta
sadeta

selamat pagi bu bidan, saya mau tanya tentang penyebab dan cara menghilangkan gatal yang berlebihan saat hamil itu bagaimana yah ? gatal yang timbul itu terlalu mengganggu dan saya merasa lebih nyaman pada saat gatal itu langsung di garuk tapi kalo kelamaan di garuk badan saya gampang terluka. itu saja bu, ditunggu jawabannya.

Dijawab Oleh : sadeta
Diskusi Dari: Intan Permatasari
Intan Permatasari

Selamat pagi, saya sedang hamil usia kandungan 27 minggu, dengan usia kandungan saya yang masih muda saya menghawatirkan terjadinya pendarahan. yang ingin saya tanyakan apa penyebab terjadinya pendarahan ? Terimakasih

Dijawab Oleh : Intan Permatasari