Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Kenali Tanda Awal Gejala Demam Berdarah Pada Anak Anda

Di saat musim penghujan terutama di Indonesia yang merupakan negara dengan daerah yang beriklim tropis merupakan salah satu tempat yang dapat menjadi sarang untuk berkembangbiaknya nyamuk, terutama nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit demam berdarah.

Penyakit demam berdarah dikenal dengan penyakit mematikan apabila tidak segera di tangani, dan bagi anak-anak tentunya hal ini bisa menjadi sangat mudah untuk terserang penyakit demam berdarah. Nah sebagai orang tua ada baiknya untuk berusaha mencegah anak juga anggota keluarga dapat terhinda dari penykit seperti ini. Tindakan sigap memang sangat diperlukan agar penyakit tersebut tdak terjadi di keluarga anda.

Demam berdarah merupakan penyakit akut yang ditandaidengan gejala demam akut, menifestasi pendarahan bahkan bisa samapi menyebabkan kematian. Gejala demam penyakit demam berdarah ini biasanya  terjadi dalam waktu 2-7 hari yang disertai dengan nyeri ulu hati, nyeri otot dan sendi.

Penderita demam berdarah akan mengalami gejala mual dan muntah juga mengalami sakit kepala, namun pada anak-anak akan terjadi pendarahan dengan di tandai ruam pada kulit serta gusi berdarah. Hal ini mengharuskan sikap yang sigap terhadap orang tua jika terjadi demam berdarah pada anak karena cepat sekali mengalami perburukan dengan gejala demam yang terjadi secara mendadak.

Sampai saat ini masih beluam terdapat obat khusus untuk penderita demam berdarah dengue. Apabila gejala terjadi pertolongan pertama dapat diberikan banyak cairan untuk mencegah dehidrasi dan perbanyak istirahat.

Untuk menghilangkan rasa sakit juga menurunkan panas demam adalah dengan memberikan obat yang khusus untuk menurunkan demam atau panas itu sendiri, selain dari pada itu sebagian haru ada yang dihindari karena dampak buruk yang bisa terjadi pada penderita demam berdarah terutama demam berdarah yang terjadi pada anak.

Demam berdarah yang terjadi pada anak dapat disembuhkan dalam waktu satu sampai dua minggu dengan tidak menyebabkan masalah tersisa. Apabila seorang anak memiliki gejala demam berdarah berat, atau gejalanya menjadi lebih buruk saat hari pertama atau kedua setelah demam hilang, maka harus segera di bawa ke dokter terdekat untuk di periksakan kondisinya. Hal ini dilakukan karena gejala tersebut yang harus segera membutuhkan penanganan medis, karena kondisi seperti ini dapat mengindikasi shock syndrome.

Untuk itu diperlukan kewaspadaan orang tua terhadap anak sangatlah penting. Jika gejala yang dialami itu terjadi secara tiba-tiba dengan gejala demam tinggi, ada baiknya orang tua langsung memeriksakan anaknya ke dokter secepat mungkin.

By Aryanto - Kesehatan Selasa, 24 Mei 2016 13:44:42

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Menstruasi yang terlalu lama

    1 Balasan

    kesehatan reproduksi

    Selamat sore, bidan saya mau tanya lagi, mengapa saya menstruasi terlalu lama. biasanya saya mens hanya 5-7 hari, namun sehabis menjalani treatment bekam saya menjadi mens terlalu lama bisa sampai…

  • telat haid

    1 Balasan

    Kesehatan

    kenapa ya saya telat haid 1 minggu, memang sih 5 bulan kebelakang haid saya sempat tidak teratur, suka mundur. tapi 3 bulan kebelakang sempat teratur dan sekarang tidak teratur lagi.…

  • Flek Cokelat

    2 Balasan

    Kesehatan

    Assalamu'alaikum Bidan saya mau tanya dalam istilah medis ada kata SADARI apa perlu kita mendatangi Bidan di kota kita dan dokter kandungan? bagaimana maksudnya?mohon dibalas.

  • Reproduksi

    1 Balasan

    Kesehatan

    Selamat sore.Dok kalau bulan ini melakukan hubungan lalu haid dan bulan depan tidak melakukan hubungan sama sekali apakah bisa hamil?

  • Memperlancar haid

    1 Balasan

    kesehatan reproduksi

    Saya mau bertanya bolehkah meminum jamu tradisonal untuk memperlancar haid dan mencegah kehamilan? karena datang bulan saya sering tidak teratur sehingga saya kesulitan untuk menghitung massa subur. dan benarkah nanas…


Kesehatan
11 Jenis Kanker Mematikan Yang Hanya Menyerang Wanita

Kanker merupakan salah satu jenis…

Kesehatan
Inilah Jenis Penyakit Berbahaya Yang Terjadi Pada Wanita

Wanita dan pria memang sama-sama…

Kesehatan
Selalu Memerhatikan Bentuk Tubuh? Hati-hati Gejala Anoreksia

Munculnya penilaian bahwa standar tubuh…

Tanya Bidan
Top