Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Tanda Kehamilan Wanita yang Normal dan Sehat

Curhat Bidan,- Kehamilan merupakan hal yang sangat diinginkan oleh setiap wanita. Selama kehamilan hingga menjelang persalinan, menjaga kesehatan kehamilan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Kondisi ini erat kaitannya dengan menjaga berat badan ibu hamil, mendapatkan kondisi yang seimbang untuk asupan nutrisi dan olahraga yang teratur khusus untuk ibu hamil.

Mengetahui kehamilan yang sehat dapat diawali dengan mengetahui Tanda Kehamilan Wanita yang Normal dan Sehat, kondisi ibu dan janin selama trimester awal hingga akhir sesuai dengan usia kehamilan dan juga keluhan yang tidak membahayakan ibu dan janin.

Mengetahui 7 Tanda Kehamilan Wanita yang Normal dan Sehat

 



Berikut ini beberapa tanda awal kehamilan yang normal dan sehat yang harus Anda ketahui :

Tekanan Darah dan Gula Darah pada Ibu Hamil

Dua hal ini merupakan parameter yang penting dalam kehamilan yang sehat. Mungkin pada beberapa wanita terdapat sedikit peningkatakn tekanan darah ataupun peningkatan kadar gula, namun hal tersebut bisa dibilang normal. Namun, yang harus diwaspadai adalah perubahan yang drastis pada kedua kondisi tersebut. Pasalnya, kondisi ini dapat memicu preeklampsia yang bisa membuat ibu hamil harus melahirkan dini atau prematur.

Berat Badan Ibu Hamil

Dokter biasanya akan menyarankan untuk menaikkan berat badan 13 hingga 15 kg selama hamil. Namun, jika seorang ibu sudah mengalami kelebihan berat badan, dokter memiliki anjuran tersendiri pada masa kehamilan. Pemeriksaan berat badan secara rutin selama kehamilan sangatlah penting. Berat badan harus tetap stabil, artinya bertambah sesuai dengan usia kehamilan.

Kadar Hormon

Bagi wanita yang memiliki kadar hormon progesteron dan estrogen yang tidak stabil selama kehamilan, atau kedua hormon tersebut sangat rendah, maka dapat berisiko mengalami keguguran yang lebih tinggi. Pada masa kehamilan, hormon progesteron pada wanita dapat mencapai kadar 400 mg. Fungsi hormon ini adalah untuk menjaga ibu hamil dari siklus haid. Sementara itu, hormon estrogen juga memiliki peranan penting, yaitu untuk membentuk jaringan rahim agar dapat menampung janin dalam perut.

Rahim dan Plasenta

Selama berada didalam kandungan, janin sangat bergantung pada kesehatan rahim ibu hamil. Maka dari itu, plasenta yang juga melekat pada rahim harus terpenuhi, sehingga dapat menekan risiko terjadinya pelepasan plasenta yang mengarah pada keguguran.

Pergerakan Janin

Selain memeriksakan ukuran perut, pergerakan janin yang ada didalam kandungan juga biasanya diperiksa oleh dokter. Diantara usia kehamilan minggu ke 6 dan ke 10, biasanya seorang ibu akan merasakan adanya pergerakan janin. Pergerakan seperti ini dianggap sebagai ciri bayi sehat dan juga menerima oksigen cukup.

Pertumbuhan Janin

Selanjutnya adalah ibu hamil harus melakukan pemeriksaan kesehatan kehamilan dengan menggunakan alat kesehatan, salah satunya adalah USG. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tanda-tanda kekurangan oksigen dalam rahim yang dapat berakibat fatal pada janin, terlebih jika fungsi plasenta terganggu dan ibu mengalami masalah kesehatan.


Perut yang Membesar

Dokter idealnya akan mengukur perut ibu hamil untuk dapat memantau perkembangan janin yang ada didalam kandungan. Selain itu, dokter juga akan memastikan perkembangan kesehatan calon bayi di dalam perut ibu.

Nah, bunda itulah beberapa Tanda Kehamilan Wanita yang Normal dan Sehat. Jika Anda merasakan sesuatu yang diyakini dapat mengganggu kehamilan Anda, segera lakukan pemeriksaan ke bidan atau dokter kandungan Anda agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

By Aryanto - Kehamilan Kamis, 26 Mei 2016 11:03:57

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Faktor yang berpengaruh agar memiliki bayi kembar

    1 Balasan

    Kehamilan

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya apa saja faktor yang dapat berpengaruh agar memiliki bayi kembar pada keluarga yang tidak mempunyai riwayat anak kembar. Mohon penjelasannya

  • Kuret Akibat Keguguran

    1 Balasan

    Kehamilan

    Siang Dok. Saya wanita berusia 27 Tahun. Kemarin saya melakukan kuret di Rumasakit. Tetapi kenapa ya, ko setelah kuret ini saya merasakan meriang dan demam walau demam tidak begitu tinggi.…

  • hamil pasca operasi kehamilan ektopik

    0 Balasan

    Kehamilan

    Selamat sore buk,, saya mau tanya seputar kehamilan pasca operasi kehamilan ektopik di saluran tuba....pada bulan maret saya mengalami kehamilan ektopik,umur janin sudah 2 bulan,kemudian dokter menyarankan agar saya melakukan…

  • Penanganan herpes zoster

    1 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    Selamat malam Bu bidan mau saya Santi Nuranti ibu satu anak usia 23thn,Bu saya sedang hamil 18week dan terdistraksi terkena herpes,awalnya flu dan Kuti pada lengan memerah dan perih lama…

  • puasa dan berat badan janin

    0 Balasan

    Kehamilan

    selamat siang, saya mau tanya sekarang saya memasuki umur kehamilan 30w berdasar hasil USG terakhir berat badan janin saya 1,04 kg apa berat tersebut kurang? dan jika saya berpuasa ramadhan…


Kehamilan
Beberapa Hal yang Sebaiknya Dihindari Saat Hamil 8 Bulan

Demi menjaga kondisi kehamilan tetap…

Kehamilan
Cara Ibu Hamil Mengatasi Susah Tidur Di Trisemester Tiga

Wanita hamil sering mengalami berbagai…

Kehamilan
Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top