Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Cara Menghitung Masa Subur Wanita setelah Haid

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid - Masa subur seorang wanita setelah haid merupakan fase atau masa yang cukup penting bagi sepasang suami istri, karena jika mereka melakukan hubungan suami istri disaat masa subur dan menginginkan seorang anak, bisa berpeluang besar hamil.


Tips dan Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid


Pada dasarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghitung kapan seorang wanita mengalami masa subur, salah satu cara mudah dengan menggunakan kalkulator masa subur. Bisa Anda dapatkan pada aplikasi gadget atau secara online, tapi menentukan masa subur dengan cara manual juga tidak kalah mudah dan rumus yang dipakai tidak begitu sulit.

Catat Siklusnya

Adanya presepsi bahwa masa puncak suburnya wanita adalah hari ke-14 dalam masa haidnya itu merupakan fakta yang salah tapi untuk wanita yang memiliki siklus reguler dan tidak terhenti selama 28 hari maka itu pernyataan yang benar. Karena sebenarnya masa masa subur wanita buka 14 hari setelahnya melainkan sebelumnya, jadi jika tanggal menstruasi Anda teratur bisa menghitung masa subur Anda dengan cara mengurangi tanggal tersebut sebanyak 2 minggu dan tanggal seharusnya Anda menstruasi.

Temperatur Tubuh

Cara lain menentukan masa subur wanita ialah mencatat temperatur basal body temperature (BBT) yaitu temperatur tubuh dipagi hari sebelum melakukan aktifitas apapun. Sekitar 35-37 derajat celcius suhu normal wanita yang tidak berevolusi. Tapi jika masa subur wanita meningkat setengah derajat dan menetap pada angkat tersebut sebelum dan sesudah haid.

Monitor Kesuburan

Apabila siklus menstruasi Anda tidak rutin, bisa menanyakan alat pengecek kesuburan kepada dokter kandungan. Biasanya jika menggunakan alat seperti ini menilai masa subur wanita melalui air urine dan hormon lutein.

Cek Lendir Serviks

Cukup dengan melihat cairan serviks atau cervical mucus yang keluar dari rahim Anda tanpa menggunakan alat apapun, umumnya cairan seperti ini menempel pada celana dalam atau tisu toilet yang Anda gunakan setelah membersihkan atau mengeringkan vagina. Anda sedang masa subur wanita ketika cairan itu mulai terlihat licin dan elastis mirip dengan putih telur yang mentah.

Masa subur wanita dengan siklus teratur :

  • 14 hari sebelum haid atau menstruasi
  • Masa subur wanita dengan siklus menstruasi 30 hari ialah hari ke-16 caranya 30 hari - 14 hari = 16
  • Masa subur wanita dengan siklus menstruasi 27 hari ialah hari ke-13 caranya 17 hari - 14 hari = 13

Itulah informasi mengenai Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid semoga bermanfaat .



By Aryanto - Masa subur Sabtu, 28 Mei 2016 10:36:27

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Tanggal tepat masa subur

    2 Balasan

    Masa subur

    Halow, saya mau tanya masalah masa subur Bln desember 2017 haid tgl 15 Bulan januari 2018 haid tgl 8 Tgl 21 januari 2018 menikah Bulan februari 2018 haid tgl 3…

  • Masa subur

    1 Balasan

    Masa subur

    Masa nifas saya selesai tgl 4nov.2017..Masa subur saya kira2 tgl BRP yah..

  • masa subur

    1 Balasan

    Masa subur

    Saya dapat menstruasi tanggal 23 agustus. Tanggal berapakah masa paling subur saya dan makanan apa yg harus saya konsumsi selama masa subur? Terimakasih

  • Promil

    0 Balasan

    Masa subur

    Assalamualaikum bu bidan. Sy nikah udah 5bulan tapi blom d kasih" momongan apa karna sy setiap abis hubungan sama suami lalu bak sperma ikit kluar ?? Itu Normal ataw gg…

  • Kemoterapi Menyebabkan Infertilitas ?

    1 Balasan

    Masa subur

    Assalamualaikum, selamat pagi bu bidan ... Saya mau tanya perihal kemandulan pada pria, sebenarnya berapa lama sih seorang pria itu mengalami kemandulan setelah melakukan kemoterapi ? Apakah tumor di hidung…


Masa subur
Ketahui Pengaruh Kuret Terhadap Kesuburan Wanita

Ketahui Pengaruh Kuret Terhadap Kesuburan…

Masa subur
Beberapa Faktor Pemicu Kemandulan Atau Infertilitas Pada Wanita

Beberapa faktor penyebab ketidaksuburan pada…

Masa subur
Tanya Bidan
Top