Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Melahirkan

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Melahirkan - Mengetahui Masa Subur Setelah Melahirkan adalah suatu hal yang penting, karena dengan mengetahui masa subur setelah melahirkan maka anda bisa memprediksi keadaan sistem reproduksi anda sudah kembali normal. Selanjutnya dengan mengetahui masa subur setelah melahirkan, maka anda bisa mengatur kembali program kehamilan anda berikutnya agar tidak hamil terlalu dini ketika anda masih memiliki bayi yang baru lahir. Dengan mengetahui masa subur setelah melahirkan, setidaknya anda dan pasangan anda bisa mengatur jarak kehamilan anda berikutnya, sehingga anda dan pasangan bisa mensiasati keadaan tersebut.


Setelah melahirkan, ibu membutuhkan waktu 42 hari atau 6 minggu untuk mengembalikan sistem reproduksi ke bentuk awal seperti saat sebelum hamil. Begitu pula dengan siklus menstruasinya, seorang ibu membutuhkan waktu paling cepat 42 hari untuk mengembalikan hormon didalam tubuhnya sama seperti saat sebelum hamil. Diluar itu, banyak juga wanita yang membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mendapatkan menstruasi pertama mereka setelah melahirkan. Umumnya 2-24 bulan tegantung makanan dan pola hidup ibu.

Kenapa Menstruasi Penting Setelah Melahirkan?

Karena dengan adanya menstruasi maka kita telah mengetahui bahwa hormon didalam tubuh wanita sudah kembali seperti semula, dan dengan adanya menstruasi maka kita juga mengetahui masa subur setelah melahirkan. Sehingga hal ini bisa digunakan sebagai metode untuk menambah keturunan sekaligus menunda kehamilan. Jika masa subur tidak diketahui maka sangat sulit untuk mengatur jika anda ingin segera hamil lagi atau pun menunda kehamilan. Karena bagaimana pun masa subur adalah hal yang terpenting didalam kehidupan suami istri.

Lalu Kapan Masa Subur Setelah Melahirkan?

Segera setelah melahirkan maka seorang ibu akan menyusui bayinya, ketika seorang bayi menyusui maka hisapan bayi menyebabkan perubahan hormonal yang menghambat terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur). Karena ovulasi terganggu maka siklus menstruasi pun terganggu. Namun ibu tidak usah khawatir, karena keadaan ini normal dialami oleh setiap ibu setelah melahirkan dalam waktu 2-24 bulan setelah melahirkan. Sehingga untuk menghitung masa subur setelah melahirkan memerlukan minimal waktu 3 bulan untuk menghitung rata-rata menstruasi, sehingga dapat pula ditentukan masa subur.

Contoh: Jika Menstruasi Tidak Teratur

Lakukan perhitungan rata-rata menstruasi setiap bulan dilakukan dalam kurun 3 bulan berturut-turut. Akan lebih baik jika dilakukan selama 6 bulan. Misal perhitungan dilakukan selama 3 bulan berturut-turut.

Februari siklus menstruasi terjadi dalam 28 hari, Maret 35 hari, April 28 hari. Maka rata-rata menstruasi anda adalah (28+32+28)/3 = 28 hari. Jadi, kemungkinan anda mendapatkan menstruasi bulan Mei dengan siklus 28 hari. Masa subur seperti biasa berada dihari ke 14 plus minus 2 dihitung dari haid pertama menstruasi terakhir.

Contoh menstruasi terakhir tanggal 10 April maka 28 hari kedepan anda akan mendapatkan menstruasi kembali berarti sekitar 8 Mei. Jika menstruasi teratur 28 hari maka perhitungan lebih mudah dilakukan yaitu hari ke 14 dihitung dari menstruasi pertama.

Misalnya menstruasi tanggal 1 Januari maka masa subur 14 Januari plus minus 2 yaitu sekitar 12 Januari-16 Januari.

Kebanyakan dokter mengatakan bahwa aman untuk melakukan hubungan suami istri enam minggu setelah melahirkan bayi anda. Jika anda ingin hamil segera setelah melahirkan, itu bisa saja terjadi setelah anda mengetahui masa subur setelah melahirkan, namun resikonya adalah bayi anda yang baru saja lahir akan mendapat perhatian yang sedikit berkurang karena anda sibuk merencanakan untuk kehamilan anda tersebut. Ada baiknya setelah anda mengetahui Masa Subur Setelah Melahirkan, anda bisa menunda sedikit waktu untuk merencanakan kehamilan berikutnya, setidaknya biarkan bayi anda berumur lebih dari satu tahun agar anda bisa lebih fokus untuk memberi perhatian kepada bayi anda tersebut.

Demikian pengetahuan tentang Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Melahirkan, semoga bisa membantu anda untuk mempertimbangkan apakah anda ingin mendapat kehamilan segera setelah melahirkan atau pun menunda untuk kehamilan anda setelah melahirkan. Semoga bermanfaat.

By Aryanto - Masa subur Senin, 30 Mei 2016 08:58:08

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Kemoterapi Menyebabkan Infertilitas ?

    1 Balasan

    Masa subur

    Assalamualaikum, selamat pagi bu bidan ... Saya mau tanya perihal kemandulan pada pria, sebenarnya berapa lama sih seorang pria itu mengalami kemandulan setelah melakukan kemoterapi ? Apakah tumor di hidung…

  • Mengkonsumsi folavit bisa meningkatkan kesuburan ?

    1 Balasan

    Masa subur

    Halo bu bidan saya Resi Wulansari, selamat pagi bu . Bu saya saat ini sedang mengkonsumsi folavit dan sudah berjalan satu bulan. Saya searching di internet kalau folavit katanya bisa…

  • Sperma Keluar Saat Sedang Cemas

    1 Balasan

    Masa subur

    Halo Selamat Pagi Bu Bidan, saya Edhy Prayoga. Begini, saya sering mengalami kalau sperma saya itu keluar dengan sendirinya setiap saya sedang merasa cemas dan hal itu terjadi baik saat…

  • Kehamilan Setelah KB

    1 Balasan

    Masa subur

    Assalamualaikum bu bidan ... Nama saya Disti Hanifa, saya sudah menikah sekitar 4 bulan ini dan kemarin saya mengaja menggunakan KB jenis suntik 1 bulan sekali untuk menunda kehamilan dan…

  • Apakah masturbasi mempengaruhi kesuburan?

    1 Balasan

    Masa subur

    Selamat malam bu bidan saya mau tanya apakah onani atau masturbasi bisa mempengarhi kesuburan? Mohon jawabannya


Masa subur
Mengenal Lebih Dalam Penyakit Azoospermia Pada Pria

Mengenal Lebih Dalam Penyakit Azoospermia…

Masa subur
Manfaat Tauge Mentah Untuk Kesuburan Pria dan Wanita

Manfaat tauge untuk meningkatkan kesuburan.…

Masa subur
Ketahui Manfaat Buah Kiwi Dari Diet Hingga Untuk Kesuburan

Manfaat buah kiwi untuk meningkatkan…

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top