×

5 Penyebab Bayi Sering Menangis Dan Gelisah

Bagikan Artikel :

5 penyebab bayi sering menangis dan gelisah -, Bayi yang sering menangis dan gelisah merupakan salah satu sikap bayi yang sering kali membuat Anda sebagai orang tua kebingungan dengan apa yang harus di lakukan. Mengingat bahasa bayi yang belum begitu anda kenali, sehingga memerlukan kepekaan untuk memahami kondisi tersebut. Meskipun begitu, banyak dari orang tua, terlebih mereka yang baru memiliki anak, belum begitu mengerti dengan kondisi bayi yang tiba-tiba menangis dan rewel. Bahkan para orang tuapun terkadang kehabisan cara untuk membuat sang bayi tidak rewel dan gelisah.

Inilah 5 Penyebab Bayi Sering Menangis Dan Gelisah

Banyak faktor yang dapat memicu kondisi bayi sering kali menangis dan gelisah. Mulai dari faktor ringan hingga gangguan pada kondisi bayi. Sikap bayi tersebut, merupakan salah satu cara bayi untuk menerjemahkan keinginan ataupun ketidaknyamanannya sehingga andapun dapat memenuhinya. Maka dari itu, anda patut mengenali 5 penyebab bayi sering menangis dan gelisah seperti yang akan kami informasikan berikut ini.

1.Lapar
Pemicu bayi sering kali rewel dan gelisah yang pertama adalah kondisi lapar. Meskipun demikian, kondisi ini akan di ikuti dengan tanda-tanda lainnya sebelum ia menangis, seperti bayi terlihat gelisah dan sering membuka serta menutup kembali mulutnya. Di samping itu, bayi juga sering kali menghisap mulutnya dimana kondisi lapar yang bayi anda rasakan telah klimaks. Tak hanya itu, sang bayipun akan memutarkan kepalanya, saat anda meletakan jari tangan di atas bibirnya. Solusi tepat yang dapat anda lakukan adalah memberikannya ASI ataupun makanan pendamping ASI apabila bayi telah berumur 6 bulan ke atas.

2. Terlalu lelah
Bayi akan merasakan kelelahan, setelah seharian bermain dengan anda. Dan salah satu tandanya adalah bayi menangis dan gelisah. Selain itu, bayi juga sering mengusap matanya dan menguap, yang di sertai rewel dan mata yang tertutup. Untuk itu, anda dapat membawanya ke tempat tidur yang di sertai dengan iringan musik, sehingga membuat bayi anda tidur.

3. Perubahan suhu tubuh
Perubahan suhu tubuh yang cepat bergantipun sering kali memerlukan adapatasi bagi bayi anda, sehingga bayi andapun rewel dan gelisah. Kondisi terlalu panas sering kali membuatnya tidak nyaman. Solusi tepat yang harus anda lakukan diantaranya memberikan ventilasi yang cukup, serta melepaskan selimut atau mengganti pakaiannya menjadi berbahan katun yang sangat mudah untuk menyerap keringat. Sebalikanya, jika bayi rewel dengan keadaan menggigil, dan kulit bayi nampak merah ataupun putih, anda dapat memberikan penghangat dengan lampu biasa atau memberikannya selimut.

4. Tumbuh Gigi
Kondisi lainnya yang menyebabkan bayi anda sering kali gelisah dan rewel adalah ketika tumbuh gigi. Kondisi tersebut di sebabkan karena saat bayi tumbuh gigi, sering kali membuat suhu tubuhnya berubah, yang di sertai dengan gusi gigi yang bengkak dan nafsu makannyapun berkurang. Pda kondisi tersebut, ada baiknya anda memberikan mainan gigit yang aman untuk mengrangi rasa gatal pada gusinya.

5 Gangguan kesehatan
Penyebab bayi sering menagis dan gelisah yang terakhir adalah karena ada gangguan kesehetan pada tubuh sang bayi. Yang diantaranya seperti perut kembung, pilek dan juga demam. Masing-masing bayi memiliki ciri tersendiri apabila mereka sedang mengalami keluhan tersebut. Namun Kondisi ini seringkali di sertai dengan kondisi bayi yang cepat lelah, suhu tubuh yang tinggi, serta menangis kesakitan.

Dengan mengenali 5 penyebab bayi sering menangis dan gelisah, anda dapat mengenali ciri kondisi yang menyebabakan bayi anda menangis dan gelisah, serta dengan mudah menemukan solusi untuk membuatnya tidak menangis serta gelisah kembali. Jika terus menangis buatlah suasana menjadi  lebih nyaman, dan berikan pertolongan pertama apabila bayi anda mengalami gangguan kesehatan.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 7, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Batuk dan sesak

  • Oleh : Risky nur
  • 6 tahun, 2 bulan yang lalu

    Malem dok, say hamil berusia 1bulan, saya ada asma, tapi semua tes lebih dan ronsen nya bagus semua, tidak menandakan penyakit paru-paru, saat asma mau kambuh pasti selalu batuk terlebih dahulu, pertanyaan saya bahayakah untuk janin saya dok

    apakah boleh ibu hamil pakai inhaler?

  • Oleh : Day
  • 5 tahun, 8 bulan yang lalu

    apakah tidak apa apa jika ibu hamil penderita asma menggunakan inhaler? apa pengaruhnya pada bayi di dalam kandungan?

    Bagaimana cara mengatasi mata lelah?

  • Oleh : Sheila Marwah
  • 7 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya gimaana sih cara mengatasi mata lelah karena sering di depan komputer? apa perlu saya memakai kacamata? tolong di jawab yah bu bidan, terimakasih:)

  • Oleh : Sheila Marwah
  • Haid tidak teratur

  • Oleh : Ria Nuarita
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat mlm dok . Nama sya Ria . Sya sudh brklwrga dan mmpunyai seorng ank. 1 thun lalu sya mngalami k guguran dan curet . Sya slalu cb promil tapi hsil ny slalu kurng memuaskn . Sudh 3 buln ini menstruasi sya tidak tratur . 3 bln lalu sya tlat haid 3 minggu sya cb tespek hsil ny negatif, lalu bsok ny haid. 2bln lalu sya jg tlat haid 15hri dan cb lg tespek hsil ny negatif jg, bsok ny haid . Dan skrng ini sya sudh tlat haid 3 minggu dok, smpe skrng pun sya blm haid. Sya cb tespek bbrp x hsil ny slalu negatif…. tapi akhir” ini sya suka ngrsa mual, pusing, gmpng cpe, ngntuk brlbihn, payudara mulai skit.
    Yg sya mau tnyakn adlh. Knp slma bbrp buln ini bsa sprty ini?? Mohn bantuan ny dok untk mnjawb …
    Trimakasih …

    Belum Haid Setelah Melakukan Kuret

  • Oleh : emilia
  • 7 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya merasa khawatir dan tidak tau kenapa akhir akhir ini haid saya tak kunjung datang juga. Semenjak saya melakukan kuret terhitung sekitar 5 bulan saya belum haid. Apakah tidak berbahya bu bidan ? Mohon penjelasananya

    Tanya Bidan