Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Berikut Ini Bahaya Dehidrasi Berat Pada Masa Kehamilan

Curhat Bidan - Ibu yang sedang hamil sangat membutuhkan cairan yang lebih banyak. Karena bukan untuk dirinya saja, tentunya janin yang dikandungnya pun membutuhkan cairan yang cukup. Itu sebabnya ibu yang sedang hamil tidak boleh sampai mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Karena, apabila pada masa kehamilan ibu mengalami kekurangan cairan bisa berdampak buruk bagi ibu maupun janin yang dikandungnya.

Kenapa Bunda mesti mencukupi asupan cairan selama kehamilan? Karena, air dapat memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan entah itu untuk janin maupun untuk si ibu. Berikut dibawah ini manfaat air selama masa kehamilan:

  • Untuk membantu kelancaran ASI
  • Membentuk plasenta yang berfungsi mengantarkan gizi pada janin supaya bisa tumbuh sehat dan memperoleh sel darah yang ideal

Apabila kebutuhan cairan tubuh Anda tidak terpenuhi, maka tidak menutup kemungkinan Anda akan mengalami dehidrasi selama kehamilan. Dan harus Anda ketahui, dehidrasi yang terjadi bisa mengakibatkan komplikasi serius bahkan kasus yang terparah adalah kematian.

Bahaya Dehidrasi Berat Pada Masa Kehamilan


Saat ini penting untuk Anda mengetahui apa saja bahaya dehidrasi berat pada masa kehamilan, diantaranya yaitu:

Menyebabkan air ketuban yang sedikit
Kondisi ini bisa menggambarkan kesehatan janin yang kurang baik. Karena, air ketuban diperlukan untuk memberikan ruang gerak serta bantalan untuk melindungi janin selama di dalam kandungan. Air ketuban yang sedikit dapat mempengaruhi pertumbuhan janin di dalam kandungan bahkan keguguran atau kematian janin dalam kandungan.

Persalinan prematur
Dehidrasi berat juga bisa menyebabkan kontraksi Braxton-Hicks yang merupakan kontraksi rahim yang biasanya berlangsung selama 1-2 menit. Biasanya, kontraksi ini terjadi pada trimester ke 3 atau bisa juga pada trimester ke 2.

Jika, Bunda mengalami kontraksi ini secara berulang-ulang, maka Anda kemungkinan mengalami dehidrasi. Maka dari itu, Bunda perlu memperhatikan asupan cairan lebih optimal karena dehidrasi pada trimester ke 3 bisa menyebabkan kontraksi yang memicu persalinan prematur.

Memicu komplikasi yang serius
Dengan terjadinya dehidrasi berat selama masa kehamilan dapat memicu berbagai masalah seperti produksi ASI yang sedikit, bayi mengalami cacat lahir, atau bayi mengalami cacat pada sistem saraf.

Kematian pada bayi atau ibu
Hal ini bisa terjadi pada siapa saja yang mengalami dehidrasi berat selamat kehamilan.

Itulah beberapa dampak buruk dehidrasi selama kehamilan. Tentunya Anda tidak ingin bukan mengalami masalah-masalah atau gangguan kesehatan selama kehamilan? Maka dari itu, pastikan untuk Anda mencukupi asupan cairan dan gizi untuk Anda dan janin Anda. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

By Aryanto - Kehamilan Senin, 13 Juni 2016 09:02:48

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Kehamilan

    1 Balasan

    Kehamilan

    Selamat mlm... Saya kisnani..sekarang saya hamil jalan 4 bulan...kemaren keluar dri vagina gumpalan seperti keju, besarnya seperti kuku dan tekstuenya keras...apakah itu pertanda ada gangguan dijanin saya... Terimakasih..

  • Vagina terasa sangat berat, keluar flek

    1 Balasan

    Kehamilan

    Selamat pagi. Saat ini sy sedang memasuki usia kehamilan ke 38. 3 hari yg lalu sy diperiksa dalam oleh dokter kandungan saya dengan memasukkan kedua jarinya ke dlm vagina saya.…

  • Kehamilan

    1 Balasan

    Kehamilan

    Malam bu bidan, saya via 23 thn. Tadi sore usg uk 8 minggu. Kantung janin sudah ada tapi janin belum ada masih gumpalan darah. Kenapa itu yaa bu bidan

  • Kehamilan

    1 Balasan

    Kehamilan

    Saya sudah telat 17 hari, pas di hari ke 11 saya coba di tes tapi hasil nya negative, saya blm cek lagi takutknya negative, pertanyaannya mungkinkah saya hamil dok, terimakasih

  • Kehamilan

    1 Balasan

    Kehamilan

    Usia sy saat ini 36 tahun. Dan berencana utk program kehamilan. Apakah beresiko dgn usia sy sekarang? Dua kali kehamilan tidak ada masalah. Terima kasih


Kehamilan
Hubungan Seksual yang Aman saat Kehamilan

Hubungan seks suami istri tidak…

Kehamilan
Kehamilan
Bahaya Kehamilan Ektopik yang Harus Diketahui Wanita

Kehamilan ektopik adalah kehamilan yang…

Tanya Bidan
Top