Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Dampak dan Cara Mencegah Depresi pada Ibu Hamil

Depresi merupakan salah satu gangguan kesehatan mental yang dapat dialami oleh siapa saja, tidak terkecuali oleh ibu hamil. Perasaan sedih, mengalami perasaan sendiri tidak ada teman untuk berbagi ketika usia kehamilannya semakin tua, atau bahkan rasa jenuh yang kerap dirasakan oleh ibu hamil dapat memicu timbulnya depresi. Maka dari itu, curhatbidan.com akan memberikan informasi seputar dampak dan cara mencegah depresi pada ibu hamil yang diharapkan bisa membantu para ibu hamil agar terhindari dari bahaya depresi pada kehamilan.

Mengetahui Dampak dan Cara Mencegah Depresi pada Ibu Hamil

 


Peluang ibu hamil mengalami depresi sekitar 10%, mulai dari tingkat ringa hingga parah dengan berbagai penyebab. Terutama bagi mereka yang berkepribadian kurang matang, pernah mengalami infertilitas dan kini tiba-tiba hamil setelah menunggu sekian lama, juga mereka yang berulang kami mengalami keguguran. Semua hal tersebut dapat membuat para ibu hamil merasakan khawatir yang berlebihan, seperti takut kembali mengalami keguguran atau anaknya cacat.

Dampak Depresi pada Ibu Hamil

Kecemasan yang dialami oleh ibu hamil akan menjadi pemicu depresi. Menurut penelitian yang dilakukan di Inggris menyebutkan bahwa ibu yang mengalami depresi saat hamil dapat memengaruhi janin yang ada didalam kandungan. Depresi dapat membuat perubahan plasenta yang memgaruhi pembentukan bayi.

Depresi yang terjadi pada ibu hamil biasanya dapat menyebabkan ibu tidak mau makan. Jika terus dibiarkan tanpa penanganan, maka ibu akan mengalami gangguan lambung. Karena, stress dapat membuat serotonin (bertugas merasngsang pengerutan otot polos, terutama otot pencernaan) jadi sangat rendah. Lebih dari itu, pertumbuhan janin juga bisa terhambat. Pasalnya, dampak ibu tidak mau makan, maka metabolisme ibu menjadi tidak maksimal, sehingga pasokan oksigen pada janin juga tidak maksimal.

Tidak hanya itu, depresi pada ibu hamil juga dapat menyebabkan janin mengalami gangguan dan risiko mengalami depresi saat dewasa. Walaupuan risiko depresi pada anak cukup kecil, namun kesehatan jiwa aank ketika dewasa harus dipertimbangkan.

Janin yang dikandung oleh ibu hamil yang mengalami depresi akan mengalami kasus yang saam ketika dewasa, hal tersebut disebabkan karena hormon yang diproduksi stress sehingga dapat memengaruhi perkembangan anak di dalam rahim. Maka dari itu, ibu hamil yang mengalami depresi saat hamil harus menjadapatkan menanganan dan pengobatan yang serius.

Jika depresi yang dialamiibu terjadi sebelum kehamilan, alangkah baiknya jika ibu melakukan pengobatan terlebih dahulu. Namun, jika ibu mengalami stress saat hamil, maka sangat penting untuk melakukan konsultasi dan pengobatan, sehingga tidak membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Cara Mencegah dan Menghindari Depresi pada Ibu Hamil

Ada banyak maslah kesehatan yang dapat timbul akibat depresi. Pasalnya perasaan depresi dapat membuat ibu menjadi kehilangan selera makan, sering menangis, merasa terbebani, kurang tidur, hingga menyebabkan hilangnya daya tahan tubuh.

Maka dari itu, langkah pencegahan untuk menghindari depresi pada ibu hamil perlu untuk dilakukan. Dan berikut ini beberapa cara mencegah dan menghindari depresi pada ibu hamil :



  • Hindari Stress

    Menghindari stress saat hamil merupakan langkah awal untuk mencegah terjadinya depresi pada ibu hamil. Untuk menghindari stress, ibu bisa berdiskusi dengan teman atau keluarga untuk menenangkan diri Anda. Dalam hal ini, peranan suami sangat diperlukan untuk mendampingi Anda dan membuat Anda merasa nyaman.

  • Istirahat

    Disela aktivitas dan kesibukan yang padat, cobalah untuk selalu mencukupi waktu istirahatn Ada, seperti melakuakn perawatan atau menonton. Atau Anda juga bisa berkumpul bersama teman dan bertukar informasi mengenai kehamilan juga bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda.

  • Atur Pola Makan dan Olahraga

    Ibu hamil seringkali mengalami gangguan pada pola makannya. Salah satu penyebabnya adalah perasaan mual dan perubahan kondisi fisik. Untuk mengatasinya, Anda dapat memperbanyak minum air putih dan memberikan kebaikan pada fisik dengan berolahraga. Anda bisa menggunakan waktu luang Anda untuk sekedar berjalan-jalan di sekitar komplek perumahan Anda.

  • Yoga

    Yoga dapat melatih diri Anda untuk bisa menenangkan pikiran. Yoga khusus ibu hamil dapat membantu mempersiapkan diri Anda menjelang persalinan. Melalui yoga, Anda juga diajarkan untuk mengatur pemikiran dan pengaturan sirkulasi darah.

Nah, dengan mengetahui dampak dan cara mencegah depresi pada ibu hamil, kini Anda tentu bisa terhindari dari depresi yang dapat berbahaya bagi ibu hamil maupun janin. Mejaga kondisi kehamilan, baik secara fisik ataupun mental juga dapat membantu menjaga kesehatan dan perkembangan janin yang ada didalam kandungan. Sehingga, bayi akan lahir dengan sehat dan persalinan pun dapat berjalan dengan lancar.

By Sri Maryati - Gangguan Kehamilan Rabu, 15 Juni 2016 09:04:05

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Mempertanyakan apakah keguguran apa tidak

    0 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    Assalamualaikum dok saya mau tanya,saya mengalami keluar gumpalan darah dan rasa sakit pada bagian bawah perut apakah saya mengalami keguguran atau tidak

  • Keputihan selama kehamilan berbahayakah

    0 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    Halo dok.. Sy tuti, skrg sy sdg hamil dg uk 24w. S mengalami keputihan selama kehamilan. Apakah itu wajar? Awalnya keputihan normal berwarna putih sperti lendir, tp masuk trimester 2…

  • Penanganan herpes zoster

    1 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    Selamat malam Bu bidan mau saya Santi Nuranti ibu satu anak usia 23thn,Bu saya sedang hamil 18week dan terdistraksi terkena herpes,awalnya flu dan Kuti pada lengan memerah dan perih lama…

  • Keguguran

    1 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    Pagi Dok. Kemarin saya kan keguguran, namun sampai saat ini saya belum memeriksakan nya dikarenakan banyak halangan, dan rencananya besok saya baru akan periksa. Dari kemarin sampai sekarang saya pendarahan…

  • gatal gatal saat hamil

    1 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    selamat pagi bu bidan, saya mau tanya tentang penyebab dan cara menghilangkan gatal yang berlebihan saat hamil itu bagaimana yah ? gatal yang timbul itu terlalu mengganggu dan saya merasa…


Gangguan Kehamilan
Bahaya Kaki Bengkak Saat Hamil dan Mengatasinya

Kebahagiaan saat hamil mungkin ditanggapi…

Gangguan Kehamilan
Penyebab Dan Cara Mengatasi Varises Pada Wanita Hamil

Wanita hamil yang mengalami Varises…

Gangguan Kehamilan
Akibat Dari Kekurangan Asam Folat Pada Ibu Hamil Dan Janin

Ibu Hamil perlu mengetahui tentang…

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top