Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Tips Dan Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Tanya Bidan,- Kesehatan reproduksi wanita ialah hal paling penting yang harus diperhatikan. Namun tidak semua wanita mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan reproduksi wanita. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui cara menjaga kesehatan reproduksi wanita. Tidak hanya cukup dengan mengetahuinya saja, tapi anda harus menjaga kesehatan reproduksi wanita supaya terhindar dari gangguan kesehatan reproduksi wanita seperti endometriosis, kanker pasa sistem reproduksi, menstruasi tidak teratur dan sebagainya. Berikut ini adalah tips dan cara menjaga kesehatan reproduksi wanita yang harus anda ketahui.


Beberapa Tips Dan Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Membersihkan area kewanitaan

Salah satu cara menjaga kesehatan reproduksi wanita adalah membersihkan area kewanitaan sesudah buang air kecil ataupun air besar dengan menggunakan air yang bersih.

Ganti celana 2 kali dalam sehari

Usahakan ganti celana dalam 2 kalai dalam sehari, terlebih bila celana dalam anda basah maka segera ganti celana dalamnya. Karena bila terus memakai celana dalam yang basah makadapat menyebabkan perkembangan dan pertumbuhan dalam organ reproduksi wanita.

Mengeringkan organ reproduksi

Bila sudah Buang air besar ataupun buang air kecil sebaiknya mengeringkan organ reproduksi anda , tapi jangan menggunakan tisyu karena zat pemutih dapat menempel pada organ reproduksi anda dan tentu sangat berbahaya. Sebaiknya gunakan handuk untuk mengerikannya.

Membasuh organ reproduksi wanita yang benar

Mungkin bagi sebagian orang masih salah saat membasuh kemaluannya, yang justru dapat menyebbakan gangguan masalah kesehatan kelamin. Nah, cara membasuh kemaluan yang benar adalah dari depan ke belakang.

Rajin mengganti pembalut saat menstruasi

Usahakan untuk mengganti pembalut saat menstruasi, terlebih bila darah mentruasi sudah penuh pada pembalut sebaiknya ganti pembalut anda. Karena jika tidak diganti, maka dapat menyebabkan iritasi, gatal dan timbul rasa panas pada kemaluan anda.

Selain itu juga, harus menjaga kesebersihan organ intim anda saat menstruasi, sebab jika tidak benar membersihkan organ intimnya , maka dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri pada organ intim anda.

Menjaga berat badan ideal

Bila anda memiliki berat badan yang ideal maka terhindar dari cairan vagina berlebihan. Oleh karena itu atur pola makan agar berat badan anda ideal.

Memeriksakan alat reproduksi wanita secara rutin pada dokter

Usahakan untuk memeriksakan alat reproduksi anda kepada dokter, sehingga andapun akan mengetahui masa subur dan apakah terkena penyakit kelamin atau tidak. Jadi sangat penting untuk memeriksakan alat reproduksi.

Demikian informasi mengenai tips dan cara menjaga kesehatan reproduksi wanita semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda. Jangan hanya peduli dengan penampilan luar saja , tapi juga harus peduli dengan penampilan dalam salah satunya anda harus menjaga kesehatan reproduksi wanita.

Tips Dan Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

By Rizka Ardiana - Kesehatan Kamis, 16 Juni 2016 12:25:57

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Menstruasi yang terlalu lama

    1 Balasan

    kesehatan reproduksi

    Selamat sore, bidan saya mau tanya lagi, mengapa saya menstruasi terlalu lama. biasanya saya mens hanya 5-7 hari, namun sehabis menjalani treatment bekam saya menjadi mens terlalu lama bisa sampai…

  • telat haid

    1 Balasan

    Kesehatan

    kenapa ya saya telat haid 1 minggu, memang sih 5 bulan kebelakang haid saya sempat tidak teratur, suka mundur. tapi 3 bulan kebelakang sempat teratur dan sekarang tidak teratur lagi.…

  • Flek Cokelat

    2 Balasan

    Kesehatan

    Assalamu'alaikum Bidan saya mau tanya dalam istilah medis ada kata SADARI apa perlu kita mendatangi Bidan di kota kita dan dokter kandungan? bagaimana maksudnya?mohon dibalas.

  • Reproduksi

    1 Balasan

    Kesehatan

    Selamat sore.Dok kalau bulan ini melakukan hubungan lalu haid dan bulan depan tidak melakukan hubungan sama sekali apakah bisa hamil?

  • Memperlancar haid

    1 Balasan

    kesehatan reproduksi

    Saya mau bertanya bolehkah meminum jamu tradisonal untuk memperlancar haid dan mencegah kehamilan? karena datang bulan saya sering tidak teratur sehingga saya kesulitan untuk menghitung massa subur. dan benarkah nanas…


Kesehatan
Permainan Yang Cocok Untuk Kesehatan Bayi Usia 0-12 Bulan

Bermain merupakan fasilitas belajar untuk…

Kesehatan
Benarkah Masalah Kesehatan Ini Memalukan Bagi Wanita?

Ada beberapa jenis gangguan kesehatan…

Kesehatan
Tingkatkan Frekuensi Berpelukan Untuk Menjaga Kesehatan

Berpelukan dapat memperkuat sistem kekebalan…

Tanya Bidan
Top