Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Tanda - Tanda Wanita Sedang Mengalami Masa Subur

Bidan Online - Mengetahui masa subur wanita penting bagi pasangan yang sudah menikah terutama mereka yang ingin segera mendapatkan anak dan menunda kehamilan. Masa subur atau masa ovulasi merupakan suatu kondisi dimana sel telur wanita dilepaskan dari indung telurnya. Dalam keadaan seperti ini seorang wanita dianggap sedang dalam masa subur dan memiliki peluang yang sangat besar untuk terjadinya pembuahan.


Lalu bagaimana mengetahui kita sedang mengalami masa subur ?

Masih banyak wanita yang belum mengetahui dirinya sedang dalam masa subur atau tidak, terlebih wanita yang memiliki siklus menstruasinya tidak tentu. Disamping cara mengetahui masa subur wanita dengan menggunakan alat dan rumus perhitungan sebenarnya ada tanda - tanda wanita sedang mengalami masa subur yang bisa Anda rasakan seperti perubahan suhu tubuh hingga kekentalan lendir di daerah organ intim.

Biasanya masa subur wanita terjadi kurang lebih dalam kurun waktu 3 hari di mulai dari hari ke 12 sampai hari ke 15 dihitung dari hari pertama menstruasi. Berikut tanda - tanda wanita sedang mengalami masa subur :

  • Perubahan Suhu Tubuh

    Umumnya selama masa subur, suhu tubuh wanita mengalami peningkatan atau disebut dengan suhu basal. Suhu basal yang terjadi pada wanita biasanya berbeda - beda namun rata - rata terjadi peningkatan 0,2 derajat celsius.

    Untuk cara mengetahui masa subur dengan suhu tubuh, Anda haru mengukur suhu tubuh Anda dihari biasa dan disaat sebelum haid. Ketika suhu tubuh Anda mengalami peningkatan yang cukup tinggi dalam beberapa hari maka itu masa dimana Anda sedang mengalami masa subur.
  • Nyeri Payudara

    Ini merupakan salah satu perubahan fisik yang umum terjadi pada wanita yang sedang mengalami masa subur. Selama wanita sedang dalam tahap masa subur payudara akan terasa nyeri seperti gejala masa pra-menstruasi. Hanya beberapa wanita yang merasakan hal ini.
  • Lendir Serviks

    Merupakan lendir yang biasa dikeluarkan oleh serviks atau kanker rahim, lendir ini berfungsi sebagai anti infeksi atau pertahanan tubuh. Lendir ini akan semakin meningkat menajdi tebal, lebih jelas, putih dan licin selama masa subur wanita. Lendir serviks hanya keluar dalam jumlah yang sedikit atau tidak sama  sekali, seminggu sebelum dan sesudah masa menstruasi.

    Lendir serviks dihasilkan oleh kelenjar leher rahim wanita bersamaan dengan proses pematangan sel telur dalam indung telur. Fungsi lain dari lendir serviks ini yaitu mengubah kadar keasaman dalam vagina. Ini berarti bila tidak ada lendir serviks maka sperma hanya bertahan beberapa jam saja. Sedangkan jika ada lendir serviks dalam vagina maka sperma akan bertahan selama beberapa hari.

    Disaat kondisi seperti inilah Anda harus memperhatikan dengan jeli produksi lendir kesuburannya bisa ingin segera hamil. Dalam keadaan subur lendir itu memiliki sifat yang elastis maka jika Anda tarikpun tidak akan putus.

    Disaat seperti ini wanita biasanya akan lebih basah karena banyaknya jumlah lendir yang keluar dimasa subur maka Anda harus mengganti pakaian Anda jika sudah merasa tidak nyaman.
  • Perut Terasa Berat

    Biasanya wanita ketika sedang dalam masa haid akan merasa nyeri perut bagian bawah dan tidak nyaman, juga sebelum masa menstruasi beberapa wanita merasakan hal yang sama. Ini merupakan kondisi dimana Anda sedang mengalami masa subur.

Demikian informasi tentang tanda - tanda wanita yang sedang mengalami masa subur, semoga dapat bermanfaat.

By Euis Lisnawati - Masa subur Sabtu, 18 Juni 2016 10:33:02

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Kemoterapi Menyebabkan Infertilitas ?

    1 Balasan

    Masa subur

    Assalamualaikum, selamat pagi bu bidan ... Saya mau tanya perihal kemandulan pada pria, sebenarnya berapa lama sih seorang pria itu mengalami kemandulan setelah melakukan kemoterapi ? Apakah tumor di hidung…

  • Mengkonsumsi folavit bisa meningkatkan kesuburan ?

    1 Balasan

    Masa subur

    Halo bu bidan saya Resi Wulansari, selamat pagi bu . Bu saya saat ini sedang mengkonsumsi folavit dan sudah berjalan satu bulan. Saya searching di internet kalau folavit katanya bisa…

  • Sperma Keluar Saat Sedang Cemas

    1 Balasan

    Masa subur

    Halo Selamat Pagi Bu Bidan, saya Edhy Prayoga. Begini, saya sering mengalami kalau sperma saya itu keluar dengan sendirinya setiap saya sedang merasa cemas dan hal itu terjadi baik saat…

  • Kehamilan Setelah KB

    1 Balasan

    Masa subur

    Assalamualaikum bu bidan ... Nama saya Disti Hanifa, saya sudah menikah sekitar 4 bulan ini dan kemarin saya mengaja menggunakan KB jenis suntik 1 bulan sekali untuk menunda kehamilan dan…

  • Apakah masturbasi mempengaruhi kesuburan?

    1 Balasan

    Masa subur

    Selamat malam bu bidan saya mau tanya apakah onani atau masturbasi bisa mempengarhi kesuburan? Mohon jawabannya


Masa subur
Mengenal Lebih Dalam Penyakit Azoospermia Pada Pria

Mengenal Lebih Dalam Penyakit Azoospermia…

Masa subur
Beberapa Masalah Menstruasi Yang Mengganggu Kesuburan

Masalah menstruasi yang dapat mempengaruhi…

Masa subur
Perbedaan Antara Wanita Subur Dan Tidak Subur

Perbedaan Antara Wanita Subur Dan…

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top