Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Nutrisi yang Harus Dipenuhi Ibu Hamil Pada Trimester 1

Tanya bidan - Pada masa kehamilan, bunda diharuskan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi yang baik untuk ibu maupun janin. Karena, gizi dan nutrisi merupakan hal penting yang harus dipenuhi selama kehamilan. Apabila, ibu hamil kekurangan gizi dan nutrisi maka tidak menutup kemungkinan janin yang dikandungnya tidak sehat dan juga menyebabkan timbulnya berbagai komplikasi. Maka dari itu, sebaiknya bunda mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi selama kehamilan, apalagi pada trimester pertama.

Berdasarkan para ahli medis mengungkapkan bahwa, nutrisi merupakan zat energi yang dibutuhkan dalam mempertahankan kesehatan, menjaga pertumbuhan dan juga membuat organ bisa menjalankan tugasnya secara formal. Lalu nutrisi apa saja yang dibutuhkan ibu hamil pada trimester 1? Ini dia ulasan mengenai nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil pada trimesteri 1.

Nutrisi yang Harus Dipenuhi Ibu Hamil Pada Trimester 1


Kalsium dan zat besi
Anda bisa mendapatkan kedua nutrisi diatas dengan mengonsumsi bayam. Dengan mengonsumsi bayam, maka Anda dapat mendorong produksi darah lebih banyak sehingga dapat meningkatkan volume darah yang disalurkan ke rahim. Dengan mengonsumsi bayam, tubuh Anda pun akan terhindar dari kekurangan darah.

Selain itu, brokoli juga bagus untuk ibu hamil usia 2 bulan. Karena dapat mencukupi kebutuhan zat besi, asam folat, kalsium dan juga vitamin C sebagai antioksidan. Sehingga, kedua jenis sayuran ini sangat baik dikonsumsi saat hamil trimester 1.

Protein, vitamin dan serat
Salah satu sumber ketiga nutrisi tersebut yaitu Yoghurt. Kandungan vitamin D pada yoghurt bagus untuk menguatkan tulang dan gigi. Tidak hanya itu, kandungan seratnya pun mampu mengatasi masalah pencernaan seperti susah buang air besar yang sering dialami pada masa kehamilan.

Selain itu, telur juga memberikan nutrisi berupa kalsium dan vitamin serta protein yang tentunya dibutuhkan oleh ibu hamil. Maka dari itu, telur juga bisa bunda konsumsi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi kandungan Anda.

Protein, omega 3 dan vitamin E

Anda bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi kacang almond. Ketiga nutrisi ini sangat penting untuk memenuhi nutrisi kehamilan di trimester pertama seperti untuk meningkatkan perkembangan otak janin, dll.

Asam Folat, kalsium dan vitamin D

Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengonsumsi sayuran asparagus. Dalam 5 asparagus mengandung 100 mikrogram asam folat yang penting bagi ibu hamil di masa awal kehamilan. Maka dari itu, sayuran ini sangat baik untuk kesehatan ibu dan janin.

Omega 3
Tentunya nutrisi ini bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi ikan salmon. Jenis ikan ini terbukti kaya akan omega 3 yang penting untuk perkembangan otak janin dan bagus untuk menutrisi ibu hamil pada trimester pertama.

Vitamin C
Vitamin C ini biasanya banyak terkandung pada buah-buahan seperti jeruk yang juga berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh. Buah berwarna kuning ini, tidak hanya kaya akan vitamin C tapi juga kaya akan asam folatnya yang berfungsi untuk mencegah bayi lahir cacat.

Itulah nutrisi-nutrisi penting yang harus dipenuhi selama masa kehamilan untuk menghindari beberapa hal yang bisa membahaya kondisi ibu dan janin. Penting sekali untuk ibu hamil memenuhi asupan nutrisi diatas selama kehamilan trimester 1. Semoga kehamilan Anda selalu diberikan kesehatan. Aamiin

By Ayu Anggraeni - Kehamilan Senin, 20 Juni 2016 08:12:58

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Faktor yang berpengaruh agar memiliki bayi kembar

    1 Balasan

    Kehamilan

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya apa saja faktor yang dapat berpengaruh agar memiliki bayi kembar pada keluarga yang tidak mempunyai riwayat anak kembar. Mohon penjelasannya

  • Kuret Akibat Keguguran

    1 Balasan

    Kehamilan

    Siang Dok. Saya wanita berusia 27 Tahun. Kemarin saya melakukan kuret di Rumasakit. Tetapi kenapa ya, ko setelah kuret ini saya merasakan meriang dan demam walau demam tidak begitu tinggi.…

  • hamil pasca operasi kehamilan ektopik

    0 Balasan

    Kehamilan

    Selamat sore buk,, saya mau tanya seputar kehamilan pasca operasi kehamilan ektopik di saluran tuba....pada bulan maret saya mengalami kehamilan ektopik,umur janin sudah 2 bulan,kemudian dokter menyarankan agar saya melakukan…

  • Penanganan herpes zoster

    1 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    Selamat malam Bu bidan mau saya Santi Nuranti ibu satu anak usia 23thn,Bu saya sedang hamil 18week dan terdistraksi terkena herpes,awalnya flu dan Kuti pada lengan memerah dan perih lama…

  • puasa dan berat badan janin

    0 Balasan

    Kehamilan

    selamat siang, saya mau tanya sekarang saya memasuki umur kehamilan 30w berdasar hasil USG terakhir berat badan janin saya 1,04 kg apa berat tersebut kurang? dan jika saya berpuasa ramadhan…


Kehamilan
Beberapa Hal yang Sebaiknya Dihindari Saat Hamil 8 Bulan

Demi menjaga kondisi kehamilan tetap…

Kehamilan
Cara Menggunakan Alat Test Kehamilan Yang Benar

Cara menggunakan alat test kehamilan…

Kehamilan
Ketahui Waktu Yang Tepat Untuk Lakukan USG Saat Hamil

Ketahui waktu yang tepat untuk…

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top