Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Nutrisi yang Harus Dipenuhi Ibu Hamil Pada Trimester 1

Tanya bidan - Pada masa kehamilan, bunda diharuskan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi yang baik untuk ibu maupun janin. Karena, gizi dan nutrisi merupakan hal penting yang harus dipenuhi selama kehamilan. Apabila, ibu hamil kekurangan gizi dan nutrisi maka tidak menutup kemungkinan janin yang dikandungnya tidak sehat dan juga menyebabkan timbulnya berbagai komplikasi. Maka dari itu, sebaiknya bunda mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi selama kehamilan, apalagi pada trimester pertama.

Berdasarkan para ahli medis mengungkapkan bahwa, nutrisi merupakan zat energi yang dibutuhkan dalam mempertahankan kesehatan, menjaga pertumbuhan dan juga membuat organ bisa menjalankan tugasnya secara formal. Lalu nutrisi apa saja yang dibutuhkan ibu hamil pada trimester 1? Ini dia ulasan mengenai nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil pada trimesteri 1.

Nutrisi yang Harus Dipenuhi Ibu Hamil Pada Trimester 1


Kalsium dan zat besi
Anda bisa mendapatkan kedua nutrisi diatas dengan mengonsumsi bayam. Dengan mengonsumsi bayam, maka Anda dapat mendorong produksi darah lebih banyak sehingga dapat meningkatkan volume darah yang disalurkan ke rahim. Dengan mengonsumsi bayam, tubuh Anda pun akan terhindar dari kekurangan darah.

Selain itu, brokoli juga bagus untuk ibu hamil usia 2 bulan. Karena dapat mencukupi kebutuhan zat besi, asam folat, kalsium dan juga vitamin C sebagai antioksidan. Sehingga, kedua jenis sayuran ini sangat baik dikonsumsi saat hamil trimester 1.

Protein, vitamin dan serat
Salah satu sumber ketiga nutrisi tersebut yaitu Yoghurt. Kandungan vitamin D pada yoghurt bagus untuk menguatkan tulang dan gigi. Tidak hanya itu, kandungan seratnya pun mampu mengatasi masalah pencernaan seperti susah buang air besar yang sering dialami pada masa kehamilan.

Selain itu, telur juga memberikan nutrisi berupa kalsium dan vitamin serta protein yang tentunya dibutuhkan oleh ibu hamil. Maka dari itu, telur juga bisa bunda konsumsi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi kandungan Anda.

Protein, omega 3 dan vitamin E

Anda bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi kacang almond. Ketiga nutrisi ini sangat penting untuk memenuhi nutrisi kehamilan di trimester pertama seperti untuk meningkatkan perkembangan otak janin, dll.

Asam Folat, kalsium dan vitamin D

Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengonsumsi sayuran asparagus. Dalam 5 asparagus mengandung 100 mikrogram asam folat yang penting bagi ibu hamil di masa awal kehamilan. Maka dari itu, sayuran ini sangat baik untuk kesehatan ibu dan janin.

Omega 3
Tentunya nutrisi ini bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi ikan salmon. Jenis ikan ini terbukti kaya akan omega 3 yang penting untuk perkembangan otak janin dan bagus untuk menutrisi ibu hamil pada trimester pertama.

Vitamin C
Vitamin C ini biasanya banyak terkandung pada buah-buahan seperti jeruk yang juga berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh. Buah berwarna kuning ini, tidak hanya kaya akan vitamin C tapi juga kaya akan asam folatnya yang berfungsi untuk mencegah bayi lahir cacat.

Itulah nutrisi-nutrisi penting yang harus dipenuhi selama masa kehamilan untuk menghindari beberapa hal yang bisa membahaya kondisi ibu dan janin. Penting sekali untuk ibu hamil memenuhi asupan nutrisi diatas selama kehamilan trimester 1. Semoga kehamilan Anda selalu diberikan kesehatan. Aamiin

By - Kehamilan Senin, 20 Juni 2016 08:12:58

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Kehamilan

    1 Balasan

    Kehamilan

    Selamat mlm... Saya kisnani..sekarang saya hamil jalan 4 bulan...kemaren keluar dri vagina gumpalan seperti keju, besarnya seperti kuku dan tekstuenya keras...apakah itu pertanda ada gangguan dijanin saya... Terimakasih..

  • Vagina terasa sangat berat, keluar flek

    1 Balasan

    Kehamilan

    Selamat pagi. Saat ini sy sedang memasuki usia kehamilan ke 38. 3 hari yg lalu sy diperiksa dalam oleh dokter kandungan saya dengan memasukkan kedua jarinya ke dlm vagina saya.…

  • Kehamilan

    1 Balasan

    Kehamilan

    Malam bu bidan, saya via 23 thn. Tadi sore usg uk 8 minggu. Kantung janin sudah ada tapi janin belum ada masih gumpalan darah. Kenapa itu yaa bu bidan

  • Kehamilan

    1 Balasan

    Kehamilan

    Saya sudah telat 17 hari, pas di hari ke 11 saya coba di tes tapi hasil nya negative, saya blm cek lagi takutknya negative, pertanyaannya mungkinkah saya hamil dok, terimakasih

  • Kehamilan

    1 Balasan

    Kehamilan

    Usia sy saat ini 36 tahun. Dan berencana utk program kehamilan. Apakah beresiko dgn usia sy sekarang? Dua kali kehamilan tidak ada masalah. Terima kasih


Kehamilan
Atur Jarak Kehamilan Untuk Menghindari Resiko Tinggi pada Ibu dan Bayi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jarak…

Kehamilan
Buah-buahan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Selama Hamil

Buah-buahan yang tidak boleh dimakan…

Kehamilan
Deteksi Letak Lintang pada Janin

Pada akhir kehamilan, letak dan…

Tanya Bidan
Top