Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Posisi Tidur yang Baik Dan Benar Selama Hamil

Tanya Bidan - Saat mengalami kehamilan pada trisemester awal, mungkin ibu hamil bisa tidur dengan posisi bagaimanapun yang menurunya bisa memberikan rasa nyaman, karena perut belum terlalu membesar. Namun ibu hamil mulai akan merasa cemas ketika memasuki trisemester kedua. Tapi sebenarnya ibu hamil tidak perlu untuk khawatir. Karena tubuh sang ibu hamil dicipkatakan dengan begitu banyak keunikan sehingga bisa memberikan perlindungan.

Perlu untuk diperhatikan juga posisi tidur ibu hamil janganlah disepelekan. Janin dalam perut yang membesar akan membuat posisi tidur ibu hamil menjai serba salah. Terlebih lagi ibu hamil akan mengalami kesulitan untuk bergerak mengubah posisi tidur. Dan posisi tidur yang salah pada ibu hamil akan memicu berbagai masalah kesehatan, seperti adanya pembengkakan kaki, mendengkur, nyeri otot, penurunan tekanan darah, atau justru akan meningkatkan tekanan darah. Dan berikut ini ada beberapa informasi menganai Posisi Tidur yang Baik Dan Benar Selama Hamil.

Posisi Tidur yang Baik Dan Benar Selama Hamil


  1. Menghindari Posisi Tidur Terlentang
    Pada saat memasuki usia kehamilan trisemester kedua, terutama setelah bulan kelima ibu hamil sebaiknya tidak dianjurkan untuk tidur dengan posisi terlentang. Tekanan pada pembuluh darah utama dan juga vena inferior, kemungkinan bisa meningkat apabila ibu hamil tidur dengan posisi yang terlentang. Adanya tekanan ini akan menghambat peredaran darah ke tubuh ibu termasuk juga ke janin.

    Tekanan yang terjadi pada Vena cava inferior bisa menimbulkan pembengkakak pada bagian tubuh atau edema. Vena cava inferior ini sendiri merupakan pembuluh balik besar yang terletak dibelakang perut bagian bawah, yang berfungsi membawa darah kotor dari tubuh ke bagian bawah jantung.

  2. Tidurlah dengan Posisi Menyamping ke Kiri
    Menurut sebagian para ahli mereka sepakat menganjurkan pada ibu hamil untuk tidur dengan posisi menyamping ke kiri. Hal ini bertujuan memperlancar sirkulasi darah, baik yang menuju pada jantung, janin, rahim, dan juga ginjal. Dan posisi tidur yang menyamping ke kriri akan membuat bagian abdomen atau perut merasa lebih nyaman dan tidak akan menekan organ hati yang terletak disebagaian kanan.

    Selain itu posisi tidur ini juga akan mengurangi pembengkakak pada pergelanan kaki dan tangan. Karena posisi ini membantu ginjal untuk bekerja lebih kuasa dalam membersihkan zat sisa dan cairan dari dalam tubuh. Apabila ginjal menahan caiaran dan zat sisa, ibu hamil akan mengalami edema.

  3. Gunakan Bantal
    Gunakan bantal untuk membantu posisi tidur anda menjadi lebih nyaman. Bila ibu hamil terasa sesak napas atau bernapas pendek, maka letakkanlah bantal dibawah sisi samping tubuh untuk bisa menaikan posisi dada. Kemudian apabila ibu hamil merasa sakit pada ulu hati, letakkanlah beberapa bantal dibagian kepala agar posisi badan bagian atas menjadi lebih tinggi.

    Dan ibu hamil juga bisa tidur dengan posisi setengah duduk, supaya bisa membantu asam lambung tidak naik. Sementara itu supaya posisi tidur tetap terjaga dengan posisi menyamping ke kiri, maka anda dapat gunakan bantal dibagian perut dan punggung dengan cara diganjalkan. Apabila ada bantal khusus ibu hamil makan gunakanlah supaya tidur terasa lebih nyaman.

Mengalami akan sulitnya untuk tidur nyenyak selama proses kehamilan memang menjadi hal yang wajar. Karena berbagai macam akan gangguan seperti seringnya terbangun dimalam hari akibat sering buang air kecil, merasa sesak nafas, jantung terasa berdebar dan meningkatnya akan detak jantung, sakit punggung dan kram pada kaki, konstipasi dan rasa sakit pada ulu hati. Namun apabila anda menemukan posisi tidur yang baik dan benar selama hamil, maka setidaknya akan membantu tidur anda menjadi lebih nyenyak dan nyaman.

By Nita Tri Mustika - Kehamilan Senin, 20 Juni 2016 08:13:34

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Faktor yang berpengaruh agar memiliki bayi kembar

    1 Balasan

    Kehamilan

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya apa saja faktor yang dapat berpengaruh agar memiliki bayi kembar pada keluarga yang tidak mempunyai riwayat anak kembar. Mohon penjelasannya

  • Kuret Akibat Keguguran

    1 Balasan

    Kehamilan

    Siang Dok. Saya wanita berusia 27 Tahun. Kemarin saya melakukan kuret di Rumasakit. Tetapi kenapa ya, ko setelah kuret ini saya merasakan meriang dan demam walau demam tidak begitu tinggi.…

  • hamil pasca operasi kehamilan ektopik

    0 Balasan

    Kehamilan

    Selamat sore buk,, saya mau tanya seputar kehamilan pasca operasi kehamilan ektopik di saluran tuba....pada bulan maret saya mengalami kehamilan ektopik,umur janin sudah 2 bulan,kemudian dokter menyarankan agar saya melakukan…

  • Penanganan herpes zoster

    1 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    Selamat malam Bu bidan mau saya Santi Nuranti ibu satu anak usia 23thn,Bu saya sedang hamil 18week dan terdistraksi terkena herpes,awalnya flu dan Kuti pada lengan memerah dan perih lama…

  • puasa dan berat badan janin

    0 Balasan

    Kehamilan

    selamat siang, saya mau tanya sekarang saya memasuki umur kehamilan 30w berdasar hasil USG terakhir berat badan janin saya 1,04 kg apa berat tersebut kurang? dan jika saya berpuasa ramadhan…


Kehamilan
Kebiasaan Makan yang Baik Ibu Hamil Agar Persalinan Lancar

Kebiasaan makan saat hamil ternyata…

Kehamilan
Inilah Penyebab Adanya Rasa Nyeri Pada Saat Persalinan

Inilah Penyebab Adanya Rasa Nyeri…

Kehamilan
Gejala Kehamilan Bermasalah Dan Tidak Sehat

Gejala kehamilan bermasalah dan tidak…

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top