Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Tanya Bidan,- Brokoli merupakan salah satu sayuran yang termasuk dalam keluarga kubis-kubisan. Brokoli memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena memiliki berbagai kandungan gizi dan nutrisi didalamnya. Dan kandungan gizi dalam brokoli diantaranya asam folat, asam lemak omega 3, vitamin, kalsium , mineral, beta karoten,  zat besi dan serat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran brokoli saat hamil. Karena ada beberapa manfaat brokoli untuk kesehatan ibu hamil.



Beberapa Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat brokoli untuk kesehatan ibu hamil adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan, sehingga ibu hamil tidak mudah sakit juga tidak mudah terkena virus. Karena sayuran brokoli memiliki kandungan beta karoten yang berfungsi mampu mempertebal atau memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mempersulit masuknya penyakit.

Mencegah anemia

Anemia adalah salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami oleh ibu hamil. Nah, untuk mencegah anemia saat hamil maka konsumsilah makanan yang kaya akan zat besi seperti brokoli. Sehingga sangat dianjurkan pada saat hamil untuk mengkonsumsi brokoli. Tidak hanya dapat mencegah anemia, tapi juga dapat mengatasi sembelit.

Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan serat dalam sayuran brokoli dapat bermanfaat melancarkan sistem pencernaan. Selain itu juga, kandungan serat didalamnya berfungsi dapat menjaga kesehatan usus, mencegah diabetes dan menurunkan kadar kolesterol.

Mengontrol tekanan darah

Brokoli juga memiliki manfaat dapat mengatur tekanan darah dan membuatnya stabil. Brokoli juga sangat baik dikonsumsi untuk ibu hamil yang sedang mengidap tekanan darah tinggi.

Sumber vitamin K dan Kalsium

Brokoli memiliki kandungan vitamin K dan kalsium yang berfungsi sebagai tempat menyimpan energi disaat hamil dan pada saat menyusui. Selain vitamin K dalam brokoli juga berguna bagi si jabang bayi untuk merangsang pertumbuhan tulang dan gigi dan melindungi sistem sarafnya.

Baik untuk kesehatan kulit

Brokoli juga bermanfaat sangat baik untuk kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan brokoli kaya akan vitamin dan mineral bermanfaat mampu mencerahkan kulit selama masa kehamilan.

Itulah beberapa manfaat brokoli untuk untuk kesehatan ibu hamil. Namun, cara memasak brokoli pun harus benar dan tepat agar memperoleh manfaat dan khasiat dari brokoli. Cara memasak brokoli yang benar adalah dengan cara di kukus, masukan dalam sop dan bisa juga di jus. Dengan begitu kandungan gizi dalam brokoli pun tidak akan hilang dan andapun akan mendapatkan manfaat dari sayuran brokoli.

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Ibu Hamil

By Rizka Ardiana - Kesehatan Kamis, 23 Juni 2016 12:45:47

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Berhubungan Seks

    1 Balasan

    Kesehatan

    Selamat Siang Dok, Saya mau bertanya, saat ini saya sedang menunda kehamilan. Saya sering kali melakukan hubungan intim bahkan hingga 3 sampai 4 kali seharinya. Namun karena saya menunda kehamilan,…

  • Sakit dan perih

    1 Balasan

    Kesehatan

    Siang Dok. Saya mau konsultasi. Kenapa ya perut saya sering kali merasakan sakit dan juga perih terutama saat di malam hari terutama di bagian atas pusar. Selain itu, saya juga…

  • Rahang Sakit

    1 Balasan

    Kesehatan

    Dok saya mau bertanya, kenapa ya ko rahang saya terasa sangat sakit sekali ketika membuka mulut atau menguap? Hal ini sudah saya rasakan lumayan cukup lama

  • Lemas

    1 Balasan

    Kesehatan

    Pagi Dok. Saat ini saya sering kali merasakan berbagai jenis masalah seperti dada yang sakit, lemas, sakit pada bagian tangan, berkeringat berlebih, panas dingin, gemeteran dan sakit dada sebelah kiri.…

  • Sakit Pada Bibir Kemaluan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Selamat siang Dok, Saya mau bertanya. Akhir akhir ini saya sering kali merasakan rasa nyeri dan perih pada bagian bibir kemaluan, namun tidak di barengi dengan perih. Kira kira ini…


Kesehatan
Waspada 11 Penyakit Yang Menyerang Organ Intim Wanita

Selain menjaga kesehatan organ intim,…

Kesehatan
Gangguan Kesehatan Mental Ini Sering Terjadi Pada Wanita

gangguan mental pada wanita sangat…

Kesehatan
Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Kehamilan

Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk…

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top