×

Tips Mencegah dan Mengatasi Bayi Rewel di Malam Hari

Bagikan Artikel :

Bunda yang baru saja menjadi seorang ibu, mungkin masih bingung bagaimana caranya agar si kecil tak selalu rewel di siang ataupun malam hari. Bunda sendiri sebenarnya harus tahu dan mengerti penyebab dari rewelnya si kecil. Apakah ia ngantuk, ingin menyusu, demam, atau, penyebab lainnya yang bisa terjadi.

Nah, dalam membantu masalah yang sedang bunda hadapi sekarang ini, Bidan Online akan memberikan beberapa tips mencegah dan mengatasi bayi rewel di malam hari yang bisa memberikannya tidur berkualitas dan nyenyak.

Tips Mencegah dan Mengatasi Bayi Rewel di Malam Hari



Menghindari kontak mata

Related Posts :

    Salah satu alasan bayi rewel adalah mengantuk. Dengan melakukan kontak dengannya, hal itu akan membuatnya tetap terjaga, sulit untuk tidur, dan rewel. Oleh karenaya, bunda harus menghindari kontak mata dengan si kecil ketika ia rewel, terutama saat tengah malam.

    Mengecek popok

    Jangan lupa untuk mengecek popok bayi sebelum tidur, karena popok yang dirasa kurang nyaman oleh si bayi, dapat membuatnya lebih mudah rewel. Popok bayi yang terlalu basahlah yang membuatnya tidak nyaman. Oleh sebab itu, cek dulu popok si kecil sebelum ia tidur, jangan sampai terlewatkan.

    Mandikan bayi sebelum tidur

    Bayi yang memiliki kulit lebih sensitif ini lebih cepat mengalami ruam atau bintik merah pada kulitnya. Hal ini diakibatkn oleh keringat yang terus keluar dari sang bayi, terutama ketika ia sedang tidur. Oleh karena itu, memandikan bayi sebelum tidur bisa dilakukan untuk menghindari iritasi kulit akibat keringat. Jika di malam hari, cukup dengan menyeka tubuhnya saja menggunakan kain atau tissu basah.

    Minum susu sebelum tidur

    Sudah menjadi kebiasaan banyak bayi atau anak-anak yang harus minum susu sebelum tidur. Bayi yang tidur dalam kondisi kenyang, biasanya akan bisa tidur lebih nyenyak, karena rewelannya akibat lapar tak akan terdengar. Ya, bayi biasanya akan terbangun jika ia sedang lapar ini bisa anda tangani dengan memberikannya ASI. Makanan sekaligus minuman yang paling sehat untuk bayi anda saat ini.

    Berikan teman untuk bayi

    Penyebab lain dari bayi yang selalu rewel adalah membutuhkan teman. Ia yang mungkin merasa kesepian, membutuhkan teman bermain. Bunda bisa memberikannya teman bermain seperti bonek lembut dan lucu. Ingat bun, jangan memberikannya mainan yang bisa melukainya.

    Berikan sentuhan hangat

    Sentuhan hangat yang bunda berikan pada si kecil akan membuatnya merasa lebih tenang, nyaman, dan tak rewel lagi. Bunda bisa memberikan tepukan kecil pada pantat bayi beberapa kali. Cara seperti ini juga bisa membuat bayi tidur lebih nyenyak dan tak mudah terbangun di tengah malam.

    Aromaterapi

    Seperti halnya bunda, bayi pun kemungkinan tak akan nyaman berada di ruangan yang memiliki bau kurang sedap. Untuk mengantisipasinya, bunda bisa memasang aromaterapi dengan wangi yang menyegarkan dan menenangkan untuk membuat tubuh lebih rileks dan tidur dengan nyenyak.

    Mengatur jam tidur bayi

    Jam tidur yang kurang tepat bisa menjadi penyebab bayi yang sering terbangun di tengah malam dan membuatnya rewel. Untuk itu, anda sebaiknya mengatur jam tidur si kecil. Ajak ia bermain terlebih dahulu sebelum waktu tidur tiba. Hal ini bisa membuatnya mengantuk dan tidurnya bisa lebih nyenyak.

    Bayi yang demam atau sedang sakit, biasanya akan lebih rewel meskipun bunda telah melakukan berbagai cara. Untuk itu, bunda harus segera membawa bayi ke dokter untuk diketahui apa sebenarnya yang terjadi padanya. Bayi yang demam, flu, batuk, biasanya memiliki tingkat rewel yang lebih tinggi di bandingkan dengan bayi pada umumnya.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 28, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Ejakulasi terlalu cepat

  • Oleh : Aldi Ferdian
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Bu, aku mau tanya. Umur saya 22 tahun. Bu, saya merasa kalau saya mengalami ejakulasi dini. Saya merasa kalau saya mengalami ini karena sering melakukan onani. Ingin rasanya berhenti, tapi sangat sulit.

    Baru onani sebentar, saya sudah ejakulasi dengan cepat. Yang saya khawatirkan, bila nanti saya menikah, saya takut tidak bisa melakukan hubungan seks yang lama dengan pasangan saya. Dan juga setelah saya melakukan onani, saya merasa sangat lemas sekali. Seperti ingin pingsan.

    Apakah menurut ibu, saya mengalami gangguan yang parah?

    Tanggal tepat masa subur

  • Oleh : Novita dwi
  • 6 tahun yang lalu

    Halow, saya mau tanya masalah masa subur
    Bln desember 2017 haid tgl 15
    Bulan januari 2018 haid tgl 8
    Tgl 21 januari 2018 menikah
    Bulan februari 2018 haid tgl 3
    Bulan maret 2018 haid tgl 1

    Yang saya mau tanyakan tgl brp saya tepat masa subur kalo dilihat siklus haid saya di atas..?
    Saya coba pakai alat ovutest tgl 13 maret 2018 jam 13.00 dan jam 19.00 garisnya 2 merah..
    Apakah itu menandakan saya dalam masa subur ?
    Mohon di jawab terimakasih..

    Benjol diarea vagina

  • Oleh : Nurul Hafizo
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Halo dok saya mau tanya soal benjolan di area vagina, katanya benjolan banyak dan gatal disekitar area vagina itu disebabkan oleh seks tapi disini saya masih remaja tidak pernah melakukan seks, jadi itu kenapa ya dok

  • Oleh : Nurul Hafizo
  • Bagaimana cara mengetahui usia kehamilan

  • Oleh : Mely Agustina
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Hai Buk Bidan. Saya Mely mau bertnya. Ini kehamilan pertama saya. Jadi saya mau tahu usia kehamilan saya sudah berapa bulan atau berpa minggu.
    HPHT sya tanggal 13-09-2021. Semoga bu bidan bersedia menjawab pertanyaan saya. Terimakasih

  • Oleh : Mely Agustina
  • Pijat Bayi

  • Oleh : alberta6265
  • 6 tahun, 10 bulan yang lalu

    Siang bu bidan. Saya mau tanya, bayi saya usia 6 bulan apa sudah boleh dipijat ? Bagaimana langkah-langkah memijat bayi yang benar ?

    Tanya Bidan