Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Waspadai Inilah Faktor Penyebab Kecacatan Pada Bayi

Bidannya Kita - Masa kehamilan dimana merupakan masa yang sangat membahagiakan bagi setiap pasangan suami dan istri, terlebih bagi pasangan yang baru pertama kali mempunyai anak. Memelihara dan menjaga kesehatan selama masa kehamilan merupakan salah satu hal yang wajib ibu hamil perhatikan. Hal ini dikarenakan kesehatan ibu hamil akan berdampak pada perkemabngan bayi dalam kandungan.

Setiap pasangan suami istri pastinya menginginkan kelahiran bayi yang sehat tanpa memliki kelainaan apapun. Maka dari itu menjaga kesehatan selama masa kehamilan menjadi prioritas utama bagi ibu hamil. Salah satu cara menjaga kesehatan ibu hamil bisa ditempuh mulai dari mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, dengan mengkonsumsi makanan yang sehat maka kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil akan tercukupi. Dan tidak lupa untuk menerapkan pola hidup yang sehat, seperti sering melakukan olahraga khusus bagi wanita hamil.

Faktor Penyebab Kecacatan Pada Bayi



Lantas apa sebenarnya yang menjadi faktor penyebab bayi terlahir cacat, dan Inilah Faktor Penyebab Kecacatan Pada Bayi.

  1. Kekurangan Asam Folat
    Salah satu nutrisi yang akan berperan aktif dalam perkembangan janin dalam kandungan adalah asam folat. Ibu hamil yang kekurangan asam folat akan menyebabkan bayi terlahir cacat, kekurangan berat badan atau mengalami kelahiran prematur. Asam folat sendiri berfungsi untuk membantu dalam menutupi tabung saraf dan juga sumsung tulang belakang. Dan bila kebutuhan akan asam folat ini tidak tercukupi, maka akan mengakibatkan kelainan seperti spina bifida atau kelainan yang terjadi pada tulang belakang, dan juga anencephaly yakni otak yang tidak terbentuk. Maka dari itu ibu hamil harus bisa mencukupi kebutuhan akan asam folat selama masa kehamilan. Asam folat bisa kita peroleh dari makanan misalnya kacang kacangan, buah buahan seperti alpukat dan sayuran seperti brokoli.

  2. Pengaruh Asap Rokok
    Salah satu faktor yang menyebabkan bayi terlahir dengan cacat selanjutnya yaitu disebabkan oleh pengaruh dari asap rokok. Ibu hamil yang memliki kebiasan merokok atau sering terpapar asap rokok atau yang disebut juga dengan perokok pasif, akan sangat beresiko untuk melahirkan bayi yang terlahir cacat. Hal ini dikarenakan roko yang mengandung zat yang berbahaya seperti nikotin dan juga tar yang bisa mengakibatkan perkembangan janin menjadi terhambat. Paparan asap rokok ini akan menimbulkan janin yang terlahir dengan IQ yang rendah, berat badan yang tidak normal, perkembangan otak yang tidak sempurna , keterbelakangan mental, mengalami kerusakan organ dalam, bayi yang kemungkinan akan terlahir prematur bahkan bisa mengakibatkan kematian pada janin. Maka dari itu ibu hamil dilarang untuk merokok ataupun juga terpapar asap rokok dari orang disekitarnya.

  3. Minuman yang beralkohol atau Berkafein
    Minuman yang berkafein atau beralkohol jelas berbahaya bagi kesehatan, terlebih bila dikonsumsi oleh ibu hamil. Kebiasaan ibu hamil yang mengkonsumsi minuman beralkohol pada waktu hamil akan meningkatkan resiko bayi yang terlahir cacat. Minuman yang mengandung alkohol juga akan menimbulkan kerusakan pada organ janin serta akan menghambat perkembangan janin. Selain itu kefein ternyata bisa menyebabkan bayi lahir cacat, perkembangan otak bayi menjadi tidak sempurna sehingga bayi akan terlahir dengan IQ yang rendah dan bayi hiperaktif

  4. Kebiasaan Mengkonsumsi Junk Food
    Bagi wanita yang sedang hamil, sebaiknya meghentikan kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji. Hal ini dikarenakan makanan cepat saji tidak akan baik untuk kesehatan janin dalam kandungan. Junk food mengandung banyak lemak yang tinggi, dan juga cara memasak serta higinitas dari makanan cepat saji tidak terjadi dengan baik. Sehingga bisa membahayakan perkembangan dan juga kesehatan bayi. Dan kebiasaan ini juga secara tidak langsung akan mengakibatkan bayi terlahir cacat serta akan meningkatkan resiko bayi memiliki tingkat IQ yang sangat rendah.

  5. Kekurangan Vitamin D
    Selama masa kehamilan vitamin D sangat diperlukan untuk membantu dalam penyerapan kalsium kedalam tulang, sehingga akan menunjang pembentukan tulang pada bayi. Selain itu juga Vitamin D diperlukan oleh ibu hamil untuk mencegah kelainan pada otak bayi, serta untuk mendukung kemampuan bergerak pada bayi.

Itulah diantaranya faktor yang menyebabkan bayi terlahir cacat, jaga kondisi kesehatan selama masa kehamilan, konsumsilah makanan dan juga minuman yang baik untuk ibu hamil, serta tidak lupa menerapkan pola hidup sehat seperti ritun berolahraga, hal ini perlu untuk dilakukan demi menjaga janin dalam kandung untuk tidak terlahir dengan kelainan.

By Nita Tri Mustika - Kehamilan Senin, 11 Juli 2016 08:31:21

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Mempertanyakan apakah keguguran apa tidak

    0 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    Assalamualaikum dok saya mau tanya,saya mengalami keluar gumpalan darah dan rasa sakit pada bagian bawah perut apakah saya mengalami keguguran atau tidak

  • Cepat hamil selepas kb

    1 Balasan

    Kehamilan

    Salamualikum Dok saya lepas kb bulan 2 sekarang bulan 9 mengapa saya tak kunjung hamil

  • Cepat hamil selepas kb

    1 Balasan

    Kehamilan

    Salamualikum Dok saya lepas kb bulan 2 sekarang bulan 9 mengapa saya tak kunjung hamil

  • Menstruasi yang tidak teratur

    0 Balasan

    Kehamilan

    Selamat pagi bu bidan, aku mau tanya, siklus haid aku setiap bulannya selalu terlambat maksimal setelah meikah april tahun ini telat 1 minggu. hal demikian kenapa terjadi ya bu bidan,…

  • Keputihan selama kehamilan berbahayakah

    0 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    Halo dok.. Sy tuti, skrg sy sdg hamil dg uk 24w. S mengalami keputihan selama kehamilan. Apakah itu wajar? Awalnya keputihan normal berwarna putih sperti lendir, tp masuk trimester 2…


Kehamilan
Kehamilan
Ibu Hamil Wajib Mengetahui Penyebab Janin Tidak Tumbuh Normal

Ibu Hamil Wajib Mengetahui Penyebab…

Kehamilan
Posisi Duduk Yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil Muda dan Tua

Posisi duduk berbahaya bagi ibu…

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top