Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Manfaat Hipnosis Selama Persalinan Dan Kehamilan

Hallo para pembaca setia Curhat Bidan , seperti biasa jum’at kali ini juga kita akan menulis artikel yang berhubungan dengan persalinan. Nah judul dari tulisan ini sendiri ialah manfaat hipnosis selama persalinan dan kehamilan. Jika bunda belum mengetahui apa itu hypnosis, kita akan ulas secara sekilas mengenai hipnosis itu sendiri.

Apa Itu Hipnosis?

Hipnosis disebut juga hipnoterapi atau sugesti. Suatu kondisi dimana Anda telah meningkatkan focus dan konsentrasi. Hipnosis biasanya dilakukan dengan bantuan terapis menggunakan pengulangan verbal dan citra mental. Ketika Anda berada di bawah hipnosis, Anda biasanya merasa tenang dan santai, dan lebih terbuka untuk menerima saran.

Hipnosis dapat digunakan untuk membantu Anda mendapatkan kontrol atas perilaku yang tidak diinginkan atau untuk membantu Anda mengatasi kecemasan atau nyeri. Sangat penting untuk mengetahui bahwa meskipun Anda lebih terbuka untuk menerima saran selama hipnosis, Anda tidak akan kehilangan kontrol atas perilaku Anda.

Manfaat Hipnosis Selama Persalinan Dan Kehamilan



Hipnosis telah digunakan selama persalinan selama kurang lebih 100 tahun. Banyak studi penelitian telah dilakukan untuk mempelajari pengaruh hipnosis pada kehamilan dan persalinan. Hipnosis telah digunakan pada wanita selama persalinan untuk membantu mengurangi rasa sakit. Hipnosis dapat digunakan sebagai analgesik alami untuk tidak hanya mengurangi rasa sakit tapi mengurangi penggunaan obat penghilang rasa sakit. Selain manajemen nyeri, self-hypnosis telah digunakan untuk mengontrol pernapasan selama persalinan. Studi lain menunjukkan bahwa hipnosis memiliki manfaat psikologis bagi ibu dan bayi yang baru lahir.

Sebuah meta-analisis dari penelitian yang dilakukan dengan melibatkan hipnosis dengan wanita hamil yang dibandingkan dengan intervensi non-hypnosis, tidak ada perawatan, dan plasebo. Pengukuran utama dalam meta-analisis termasuk analgesia digunakan selama skor nyeri persalinan dan juga selama persalinan. Meta-analisis termasuk sekitar 8.395 perempuan yang telah menggunakan hipnosis selama kehamilan atau persalinan. Analisis menyimpulkan bahwa lebih sedikit perempuan yang diperlukan untuk menggunakan bentuk analgesia selama persalinan. Wanita yang menerima hipnosis melaporkan rasa nyeri selama proses persalinan berkurang dibandingkan pada kelompok kontrol.

Dalam studi lain, 60 wanita hamil ikut berpartisipasi. Para peserta dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan sugesti mereka; semua menerima pendidikan melahirkan dan tips tentang kontrol nyeri. Kedua kelompok kemudian dibagi dengan setengah menerima induksi hipnosis dan lainnya belajar bernapas dan latihan relaksasi selama persalinan. Wanita pada kelompok hypnosis dan pada kelompok sugestibilitas tinggi dilaporkan mendapat rasa sakit yang lebih ringan. Mereka yang menggunakan hipnosis dilaporkan menggunakan obat pereda nyeri lebih seikit dan memiliki tahapan lebih pendek saat melahirkan.

Meta-analisis lain melihat berbagai penelitian yang dilakukan dengan menggunakan hipnosis dengan wanita hamil, hasilnya menunjukkan bahwa hipnosis dapat mengurangi tingkat intervensi medis selama persalinan dan mengurangi risiko untuk sang ibu dan bayi yang baru lahir. Satu studi menunjukkan bahwa perempuan yang dilatih untuk menggunakan hipnosis selama persalinan sangat jarang mengalami depresi postpartum. Hypnosis dapat membantu mengelola depresi dan kecemasan yang berhubungan dengan kehamilan, persalinan, dan menjadi ibu baru. Hal ini menunjukkan bahwa hipnosis dapat memiliki banyak manfaat pada kedua perempuan dan bayi mereka yang baru lahir.

Satu studi menemukan bahwa perempuan di trimester kedua dan ketiga di kehamilan mereka lebih dibisikkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan menjadi lebih jauh dalam kehamilan mereka, sugesti mereka meningkat sesuai dengan skala Harvard hypnotizability. Ibu hamil juga dinilai lebih tinggi pada Skala Imajinasi Kreatif. Penelitian ini menunjukan hasil perempuan pada dua periode waktu, ketika mereka hamil dan tidak hamil. Penelitian menunjukkan bahwa jika wanita lebih dibisikkan selama kehamilan , ada lebih dari alasan untuk menggunakan hipnosis untuk kehamilan dan persalinan.

Selain mengetahui manfaat hypnosis selama persalinan, mungkin bunda juga akan tertarik mengetahui beberapa tips agar dapat melahirkan normal . Bunda bisa mencarinya di buku, majalah ataupun internet. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Bunda, dan kami do’akan agar bunda bisa melahirkan dengan lancar dan memiliki buah hati yang sehat.

By Herti Abi Mustofa - Persalinan Jum'at, 15 Juli 2016 10:23:22

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Cara Untuk Menghilangkan Luka Yang Hitam

    1 Balasan

    Persalinan

    Selamat pagi dok. Saya memiliki bekas luka yang memang cukup hitam dibagian kulit dan susah sekali untuk hilang. Saya mau bertanya, apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan masalah…

  • Alasan kenapa ibu bisa meninggal saat melahirkan

    1 Balasan

    Persalinan

    Sore bu, saya mau nanya nih. Saat ini saya mengandung usia kehamilan 8 bulan, menjelang melahirkan saya menjadi banyak ketakutan sekali. Takut terjadi apa-apa saat persalinan yang nantinya bisa meibuhayakan…

  • Jenis persalinan apa yang baik untuk saya?

    1 Balasan

    Persalinan

    Selamat siang, mohon sarannya ya bu bidan untuk jenis persalinan apa yang baik untuk saya nanti. Saat ini saya mengandung usia 5 bulan. Saya mempunyai riwayat penyakit asma, namun memang…

  • Amankah episiotomi saat persalinan?

    1 Balasan

    Persalinan

    Selamat sore bu bidan, saat ini saya sedang mengandung usia 8 bulan, dan setelah melakukan USG ternyata bayi saya mempunyai berat badan yang tergolong bayi besar. Kata dokter, saya lebih…

  • Wasir / Ambeien Saat Hamil

    1 Balasan

    Persalinan

    Selamat pagi, saat ini saya tengah mengandung usia 8 bulan. Beberapa hari yang lalu saya mengalami sembelit, yang berujung (mohon maaf) anus saya perih. Saya pikir itu akan sembuh dalam…


Persalinan
Persalinan
Persalinan
Mengenal Lebih Jauh Tentang Posisi Jongkok Saat Persalinan

Pada umumnya, perempuan melahirkan dengan…

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top