Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Trik Membuat Anak Patuh pada Kedua Orang Tua

Sebagai orang tua, bunda atau ayah pastinya ingin memiliki sosok anak yang patuh dan senang membantu orang tua. Terlebih ketika mereka nampak sudah mulai mengerti pekerjaan anda dan mungkin dikatakan sudah matang untuk membantu pekerjaan rumah, paling tidak membelikan beberapa bumbu dapur ke warung terdekat atau menyapu rumah. Akan tetapi, rasanya tak mudah memberikan arahan pada si kecil untuk bisa membantu anda yang benar-benar tengah kerepotan dan membutuhkan bantuan dari sang anak.

Nah, untuk itulah disini bidan online akan memberikan beberapa cara dengan trik membuat anak patuh pada kedua orang tua. Patuh, bukan hanya pada perintah dalam membutuhkan bantuan, namun juga patuh terhadap larangan yang bunda atau ayah berikan pada si kecil. Yuk simak selengkapnya disini !

Trik Membuat Anak Patuh pada Kedua Orang Tua



Panggil nama mereka yang benar
 
Saat bunda atau ayah membutuhkan bantuan dari anak, jangan berteriak keras saat memanggil mereka. Tapi, panggil nama bayi atau nama anak seperti yang seharusnya atau sebaiknya anda lah yang menghampirinya terlebih dahulu, kemudian bicarakan mengenai kebutuhan anda saat itu agar ia bisa mengerti apa yang sedang anda butuhkan saat itu.

Membentuk hubungan yang dekat dengan anak

Orang tua yang memiliki hubungan dekat dengan anak biasanya akan semakin mudah untuk diberikan arahan agar ia bisa patuh pada perintah dan larangan yang dibuat.

Konsisten pada aturan

Anda harus memberikan aturan yang jelas dan kosisten, jangan sampai membuat anda memiliki celah untuk melanggarnya. Contohnya anak harus tidur jam 21.00, pastikan di hari selanjutnya anak tidur di jam yang sama. Konsistensi yang anda terapkan akan membuat anak bisa disiplin setiap saat.

Orang tua harus peka terhadap kebutuhan anak

Jika bunda atau ayah ingin anaknya peka terhadap apa yang anda sampaikan, anda sendirilah yang pertama kali harus peka terhadap kebutuhan anak. Jika kebutuhan anak telah terpenuhi, anak akan belajar bagaimana ia juga peka terhadap apapun yang orang tuanya butuhkan. Baik itu hanya sekedar patuh pada perintah dan larangan, maupun patuh dengan cara membantu anda saat sedang kerepotan.

Menegur anak dengan halus

Ketika anak melakukan kesalahan, jangan menegurnya terlalu kasar bahkan mencaci makinya. Anda seharunya memberikan teguran yang halus, namun bukan berarti hal ini dilakukan karena anda memanjakannya. Yakinkan anak jika kesalahannya tersebut akan beimbas pada dirinya sendiri, Anda juga harus memerhatikan sekeliling anak jika akan menegurnya, jangan sampai menegurnya di depan teman-teman mereka, karena hal tersebut akan membuatnya malu dan justru berbalik membenci perintah anda.

Dengarkan penjelasan anak

Sebagai orang tua yang baik, anda juga harus bisa mendengarkan penjelasan anak ketika dirasa ia membuat kesalahan atau ketika ia malas diperintah. Pahami apakah anak merasa lelah di sekolah atau mungkin ia sedang sakit sehingga tak bisa membantu anda dan sulit mencerna apa yang anda perintahkan saat itu.

Berikan kepercayaan pada anak

Walaupun mereka melakukan kesalahan, anda harus memberikan kepercayaan pada mereka bahwa mereka bisa memperbaiki kesalahannya tersebut. Jangan pernah mengatakan bahwa mereka tak bisa berubah, justru perkataan dan ketidakpercayaan anda tersebutlah yang bisa membentuk anak tak bisa memperbaiki dirinya sendiri.

Jangan ragu untuk minta maaf

Jika anda sendiri yang membuat kesalahan seperti memarahinya terlalu keras, jangan ragu untuk minta maaf. Hal ini justru akan menumbuhkan rasa ingin memperbaiki diri pada anak. Anda juga bisa memberikan pelukan dan ciuman untuk memberikan kehangatan pada anak agar ke depannya ia bisa menjadi pribadi yang lebih patuh dan disiplin.

Itulah beberapa tips yang bisa anda perhatikan dan pahami dengan benar agar anak bisa patuh pada orang tua. Anda juga bisa membentuk anak yang disiplin, tidak rewel atau cengeng, dan menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

By Novita Ratnasari - Parenting Selasa, 19 Juli 2016 08:47:44

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Tips bagi ibu menyusui yang berpuasa

    1 Balasan

    Parenting

    Selamat pagi bu, saya mau konsultasi nih saat ini anak saya baru saja menginjak usia 6 bulan dan saya sudah berniat mau puasa. Apakah ada dampaknya jika saya puasa sama…

  • Membiasakan Anak Bersikap Sopan pada Orang Lain

    1 Balasan

    Parenting

    Pagi Bu Bidan saya mau tanya bagaimana cara mengajarkan anak untuk bisa sopan pada orang lain ? baik itu pada orang tua, teman sebayanya atau pada anak yang lebih kecil…

  • Makanan Pendamping ASI

    1 Balasan

    Parenting

    Selamat sore, saya mau tanya bu bidan. Apa yang bisa menjadi menu paling tepat sebagai makanan pengganti ASI untuk si kecil ? Mohon dijawab, Terimakasih

  • Kegemukan pada Anak

    1 Balasan

    Parenting

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya mengatasi kegemukan anak di usia sekolah dasar tanpa mengurangi asupan gizi yang ia perlukan di usianya saat ini ? Mohon dijawab…

  • Belum Haid Setelah Melakukan Kuret

    1 Balasan

    Parenting

    Selamat sore bu bidan, saya merasa khawatir dan tidak tau kenapa akhir akhir ini haid saya tak kunjung datang juga. Semenjak saya melakukan kuret terhitung sekitar 5 bulan saya belum…


Parenting
Tips Jitu Meningakatkan Daya Konsentrasi Anak Dalam Belajar

Tips jitu meningakatkan daya konsentrasi…

Parenting
Pilihan Makanan Sehat Untuk Anak Di Musim Hujan

Pilihan makanan sehat untuk anak…

Parenting
Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top