Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Kenali Jenis-jenis Hipertensi Pada Kehamilan Serta Bahayanya

Selama ini kita mengenal Hipertensi, atau tekanan darah tinggi sebagai salah satu penyakit yang biasa terjadi pada orang-orang lanjut usia, orang-orang sengan masalah kesehatan seperti obesitas atau sebagai penyakit keturunan. Sebenarnya, penyakit ini juga bisa terjadi pada wanita hamil, bahkan bisa terjadi ketika sebelumnya Anda tidak pernah sekalipun mengidap Hipertensi sebelumnya. Untuk itu sebaiknya kita mengetahui bagaimana Hipertensi bisa terjadi pada masa kehamilan, serta Kenali Jenis-jenis Hipertensi Pada Kehamilan Serta Bahayanya, secara lengkap pada situs Bidan Online berikut ini.

Gangguan Hipertensi Pada Wanita Hamil.




Ternyata, kehamilan dengan Hipertensi sekarang ini sudah menjadi kondisi umum. Dalam kasusnya, wanita hamil yang menderita Hipertensi mengalami angka cukup tinggi, yaitu sekitar 20%, yang artinya Hipertensi dapat terjadi pada 1 dalam 5 kehamilan.

Jika dibiarkan, kondisi tersebut dapat menyebabkan gangguan kehamilan pada janin, bahkan sampai ketika bayi lahir nantinya. Dalam sebagian kasus ditemukan, ibu hamil yang memiliki Hipertensi akan sangat beresiko, hingga mengancam jiwa.

Berikut adalah bahaya penyakti Hipertensi pada kehamilan bunda.

  • Mengalami kondisi yang disebut dengan Placental abruption yaitu ketika plasenta terpisah dari rahim sebelum waktunya.
  • Mengalami Sindrom HELLP, yang merupakan kondisi dengan hati yang abnormal dan fungsi trombosit.
  • Mengalami Edema paru, kelebihan cairan di paru-paru.
  • Eklampsia (kejang selama kehamilan), serta
  • Mengalami gagal ginjal atau hati, stroke, dan bahkan kematian.

Sedangkan efeknya yang terjadi pada janin / bayi yang telah lahir, diantaranya :

  • Mengalami kelahiran secara prematur.
  • Janin tidak memiliki berat badan yang tepat.
  • Cedera pada otak (meskipun sangat tipis kemungkinannya), dan
    Kematian.

Efek-efek yang disebutkan diatas mungkin cukup terlihat menakutkan, namun hal tersebut sangat penting untuk Anda ketahui agar tidak menunda-nunda waktu pemeriksaan dengan dokter, terutama pada ibu hamil dengan Hipertensi. Hal ini bertujuan baik untuk mencegah, mendiagnosa lebih dini, mengelola bagaimana Hipertensi dengan baik selama kehamilan dan dapat mengobati masalah potensial yang mungkin terjadi.

Dalam pemeriksaan tensi darah, Hipertensi pada ibu hamil ditandai dengan tekanan sistolik pada angka diatas 140, dan tekanan diastolik dengan angka yang lebih kecil, diatas 90mmHg.


Ada 4 jenis Hipertensi yang bisa terjadi selama masa kehamilan, diantaranya :


1. Hipertensi kronis.

Jenis Hipertensi kronis disini terjadi selama masa kehamilan dikarenakan sebelumnya ibu sudah mengidap penyakit tersebut.

2. Hipertensi Gestasional.

Hipertensi yang terjadi pada minggu ke-20 kehamilan, kemudian hilang pada 12 minggu pertama setelah melahirkan serta tidak mengalami peningkatan protein di dalam urin.

3. Preeklamsia (Pree).

Hipertensi yang terjadi pada minggu ke-20 kehamilan, menyelesaikan dengan 12 minggu setelah melahirkan disertai protein abnormal di dalam urin.

4. Hipertensi kronis dengan Preeklamsia.

Dari keseluruhan jenis Hipertensi saat kehamilan, Hipertensi kronis dengan Preeklamsia merupakan jenis Hipertensi yang memiliki resiko tertinggi terhadap efeknya yang lebih membahayakan meskipun dalam kasusnya termasuk jarang terjadi.

Penting untuk Anda ketahui, jika ibu hamil yang menderita Hipertensi tidak mendapatkan penanganan serius apapun, maka akan sangat beresiko terhadap kehamilan dan janin, hingga menyebabkan keguguran, cacat bayi saat lahir, bahkan mengancam keselamatan sang ibu. Untuk itu, jangan ditunda lagi, segera lakukan penanganan yang terbaik yang bisa Anda lakukan, sekecip apapun akan sangat berarti daripada tidak melakukannya sama sekali.

Itu saja Bunda, semoga dapat bermanfaat ya. Selalu nantikan artikel-artikel kami selanjutnya yang akan terbit setiap hari. :)

By Hani Handayani - Gangguan Kehamilan Rabu, 20 Juli 2016 07:58:38

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Penanganan herpes zoster

    1 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    Selamat malam Bu bidan mau saya Santi Nuranti ibu satu anak usia 23thn,Bu saya sedang hamil 18week dan terdistraksi terkena herpes,awalnya flu dan Kuti pada lengan memerah dan perih lama…

  • Keguguran

    1 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    Pagi Dok. Kemarin saya kan keguguran, namun sampai saat ini saya belum memeriksakan nya dikarenakan banyak halangan, dan rencananya besok saya baru akan periksa. Dari kemarin sampai sekarang saya pendarahan…

  • gatal gatal saat hamil

    1 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    selamat pagi bu bidan, saya mau tanya tentang penyebab dan cara menghilangkan gatal yang berlebihan saat hamil itu bagaimana yah ? gatal yang timbul itu terlalu mengganggu dan saya merasa…

  • usia kehamilan sudah hampir lebih dari 9 bulan tapi bayi belum lahir

    1 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    selamat siang ibu bidan, adik saya sedang mengandung dan sekarang kehamilannya sudah mau 10 bulan, tapi kok belum ada tanda-tanda melahirkan ya? menurut ibu saya, katanya adik saya ini mungkin…

  • Normalkan Merasakan Tegang Di Perut Dalam Kehamilan

    1 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    selamat siang ibu bidan, yang saya ingin tanyakan tentang kehamilan saya apakah normal perut terasa seperti kram, tegang dan sakit padahal kehamilan baru masuk trimester pertama dan ini pengalaman pertama…


Gangguan Kehamilan
Gangguan Kehamilan
Waspadai Terjadinya Ruptured Placenta Pada Ibu Hamil

Ruptured Placenta adalah plasenta berimplantasi…

Gangguan Kehamilan
Stres Pekerjaan Bisa Memicu Gangguan Kehamilan

Bagi ibu hamil yang termasuk…

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top