Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Pertolongan Pertama Untuk Mengatasi Sakit Gigi Pada Anak

Tak hanya menyerang dewasa, sakit gigipun sering kali di alami oleh anak-anak. Sakit gigi sendiri merupakan serangan rasa nyeri dan berdenyut pada gusi dan juga gigi, Rasa nyeri dan berdenyut tersebut membuat penderitanya merasakan rasa sakit yang luar biasa, sehingga dapat menghambat aktivitas sehari-hari menjadi terganggu.


Seringnya mengonsumsi makanan yang berperisa manis dengan kandungan gula yang tinggi di anggap menjadi faktor utama pemicu sakit gigi pada anak-anak. Sisa-sisa makanan manis yang tersisa pada sela-sela gigi lama kelamaan akan menumpuk dan membuat bakteri yang terdapat dalam sisa-sisa makanan tersebut menjadi berkembang biak pada gigi. Hal tersebut di karenakan bakteri dalam gigi akan mengubah zat gula menjadi zat asam yang dapat merusak email sebagai pelindung gigi. Yang pada akhirnya bakteri penghancur akan menjalar melalui saluaran hingga ke syaraf yang kemudian akan menimbulkan peradangan dan memicu sakit yang menusuk dan berdenyut pada gigi. Oleh karena itu, sebagai pencegahnnya para orang tua harus selalu teliti dan memperhatikan makanan ataupun jajanan yang di konsumsi oleh sang buah hati.

Selain dari pada makanan, faktor pemicu sakit gigi pada anakpun dapat di sebabkan akibat penyakit lainnya. Penyaebaba sakit gigi yang satu ini umumnya kurang di ketahui oleh orang tua. Penyakit yang dapat memicu sakit gigi di antaranya adalah sinusitis, angina, polip serta radang gusi. Sakit gigi yang di sebabkan oleh penyakit ini umumnya bersifat relatif. Pasalnya, sebagian anak hanya mengeluhkan rasa ngilu, akan tetapi sebagian besar lainnya merasakan sakit gigi yang begitu menyiksa yang di sertai dengan sakit kepala bahkan demam tinggi. Bila anak mengalami kondisi tersebut, orang tua sangat di sarankan untuk membawa sang buah hati ke dokter.

Namun adakalanya serangan tersebut terjadi pada kondisi yang tak terduga seperti pada malam hari umpamanya. Maka para orang tua harus bersikap bijak dalam menanganinya. Diantaranya adalah dengan memberikan pertolongan pertama untuk meredakan sakit gigi pada anak,  seperti yang akan tim bidan online uraikan pada kesempatan kali ini.

Pertolongan pertama untuk mengatasi sakit gigi pada anak

Dan berikut kami paparkan beberapa tips alami, yang dapat anda jadikan sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi sakit gigi pada anak, diantaranya adalah:

1. Memberikan pijatan es batu
Pertolongan pertama yang  dapat para orang tua lakukan untuk mengatasi sakit gigi pada anak adalah dengan memberikan pijatan es batu. Pemberian es batu dapat meredamkan sakit gigi yang di alami oleh anak. Pasalnya, jika es batu di letakan pada bagian tubuh, maka akan memberikan efek mati rasa sehingga rasa sakit gigi pada anakpun dapat di redam.

2. Menggunakan Bawang merah dan bawang putih
Selain dapat di jadikan sebagai bumbu dapur, ternyata bawang merah dan bawang putihpun dapat di jadikan pertolongan pertama untuk mengatasi sakit gigi pada si kecil. Karena  kedua bahan ini sangat mudah di jumpai di dapur, kedua bahan inipun terbilang bahan alami yang efektif dan murah untuk mengatasi sakit gigi. Caranya cukup dengan mengeprek bawang merah dan bawang putih, lalu meletakannya pada gigi yang mengalami rasa sakit. Kandungan yang terdapat di dalam bawang merah dan bawng putih sangat efektif untuk meredamkan sakit gigi yang di alami oleh anak anda.

3. Menggunakan garam
Selain menggunakan bawang putih, pertolongan pertama yang dapat anda lakukan untuk mengatasi sakit gigi pada anak ada dengan menggunakan garam. Kandungan yodium yang begitu tinggi di dalam garam, menjadi alasan utama mengapa garam dapat mengatasai sakit gigi. Caranyapun sangat mudah cukup dengan mengkumur-kumurkan air garam beberapa kali hingga sakit gigi yang anda alami mereda.

Nah, itulah beberapa pertolongan pertama yang dapat para orang tua lakukan unuk meredakan sakit gigi pada anak dalam kondisi yang tak terduga. Sebagai pencegahan, rarawatlah gigi si kecil dengan selalu mengajarkannya menggososk gigi secara teratur, dan batasi asupan makanan manis yang sangat mereka sukai. Semoga informasi yang kami sajikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk bunda sekalian.

By Nida Syarifah - Parenting Selasa, 26 Juli 2016 15:07:50

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Tips bagi ibu menyusui yang berpuasa

    1 Balasan

    Parenting

    Selamat pagi bu, saya mau konsultasi nih saat ini anak saya baru saja menginjak usia 6 bulan dan saya sudah berniat mau puasa. Apakah ada dampaknya jika saya puasa sama…

  • Membiasakan Anak Bersikap Sopan pada Orang Lain

    1 Balasan

    Parenting

    Pagi Bu Bidan saya mau tanya bagaimana cara mengajarkan anak untuk bisa sopan pada orang lain ? baik itu pada orang tua, teman sebayanya atau pada anak yang lebih kecil…

  • Makanan Pendamping ASI

    1 Balasan

    Parenting

    Selamat sore, saya mau tanya bu bidan. Apa yang bisa menjadi menu paling tepat sebagai makanan pengganti ASI untuk si kecil ? Mohon dijawab, Terimakasih

  • Kegemukan pada Anak

    1 Balasan

    Parenting

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya mengatasi kegemukan anak di usia sekolah dasar tanpa mengurangi asupan gizi yang ia perlukan di usianya saat ini ? Mohon dijawab…

  • Belum Haid Setelah Melakukan Kuret

    1 Balasan

    Parenting

    Selamat sore bu bidan, saya merasa khawatir dan tidak tau kenapa akhir akhir ini haid saya tak kunjung datang juga. Semenjak saya melakukan kuret terhitung sekitar 5 bulan saya belum…


Parenting
Tips Cara Menghadapi Anak yang Selalu Berkata Kasar

Bunda, jangan langsung memarahi anak…

Parenting
Tahapan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 0-15 Bulan

Tahapan perkembangan motorik kasar anak…

Parenting
Tips Cerdas Menghentikan Kebiasaan Menghisap Jari Pada Anak

Tips cerdas menghentikan kebiasaan menghisap…

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top