×

Bolehkah Makan Dan Minum Dalam Proses Persalinan

Bagikan Artikel :

Tanya Bidan | Kebanyakan wanita merasa lapar dan haus, terutama pada tahap awal persalinan. Sehingga tidak heran jika selalu ada pertanyaan “bolehkah makan dan minum dalam proses persalinan?”. Dan kabar baiknya adalah bahwa makan dan minum sebelum persalinan itu aman. Hal tersebut akan meyakinkan Anda bahwa memiliki camilan tidak akan merugikan Anda ataupun bayi Anda. Meskipun begitu, Anda perlu meminta kebijakan dari bidan atau rumah sakit mengenai makanan dan minuman yang Anda makan.

Akankah Makanan Dan Minum Membantu Saya Dalam Proses Persalinan?

Related Posts :

    Makan makanan kecil atau minum beberapa cairan dapat membantu Anda untuk merasa lebih nyaman dan untuk melewati persalinan Anda dengan lebih baik, terutama pada tahap awal ketika Anda mungkin merasa sangat lapar.

    Makan beberapa makanan menurut selera Anda sendiri dapat membuat Anda merasa lebih baik. Itu karena jika Anda belum makan atau minum dengan cukup, tubuh Anda mulai memecah toko lemak sendiri untuk mendapatkan energy yang dibutuhkan. Kondisi ini disebut ketosis.

    Ketosis merupakan respons tubuh yang Anda alami setiap aktivitas fisik yang berkepanjangan seperti melahirkan. Aktivitas yang mengharuskan Anda menggunakan lebih banyak energy. Ketosis juga dapat membuat Anda mengalami sakit kepala.

    Ketosis ringan dianggap normal dalam persalinan, tetapi jika Anda lapar dan kelelahan itu akan membuat Anda semakin lambat saat proses persalinan. Yang pada gilirannya dapat menyebabkan intervensi, seperti obat-obatan untuk mempercepat Anda bangkit lagi, atau bisa dikatakan kelahiran yang dibantu.

    Apa Yang Harus Saya Makan Selama Persalinan?

    Perlu di ingat bahwa makanan tinggi lemak akan menjadi berat di perut Anda dan bisa membuat Anda merasa sakit. Makanan yang mengandung gula mudah di makan dan menawarkan dorongan energy yang cepat, tetapi tidak akan bertahan lama.
    Karbohidrat lebih baik Anda makan selama persalinan karena mereka mudah dicerna dan memberikan energy secara perlahan. Hal ini akan membantu Anda melalui kontraksi.

    Beberapa pilihan yang baik adalah:

    Roti, Sandwich, Sereal, Spageti, Yogurt, Biskuit polos, Sup, Kerupuk, Dll. Anda bisa meminta saran ke bidan atau dokter kandungan.

    Tidak perlu terlalu banyak makan, tapi seringlah. Daripada harus 1 kali makan besar. Makanan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna selama persalinan, karena alirdan darah terkonsentrasi pada Rahim Anda daripada perut Anda. Ini berarti mungkin lebih baik jika Anda muntah setelah makan besar.

    Sebuah makanan kecil setiap jam saat Anda berada di awal persalinan akan menyimpan banyak energi untuk pekerjaan ke depan. Jadi cobalah untuk makan sesuatu sebelum Anda pergi ke rumah sakit atau sebelum Anda memanggil bidan Anda. Dan jika Anda tidak teratrik untuk makan pada awal persalinan, tablet dekstrosa dapat menawarkan sumber energi langsung.

    Apa Yang Harus Saya Minum Saat Persalinan?

    Ketika Anda berada dalam tahapan persalinan, mungkin Anda juga tidak memiliki napsu makan, sedangkan proses persalinan adalah pekerjaan yang mungkin membuat Anda haus, terlebih biasanya ruangan bersalin mempunyai suhu yang panas. Jadi pasti Anda ingin sesuatu untuk diminum.

    Pada titik ini, minuman isotonik adalah pilihan yang baik. Minuman isotoniklah yang direkomendasikan untuk bersalin, terlebih minuman ini cepat di serap dan memberikan energy untuk menghadapi tuntunan fisik yang akan datang.

    Jika tidak, Anda bisa mengkonsumsi air mineral baisa saja. Sedangkan minuman bersoda, seperti cola, mungkin bukan ide yang baik, karena dapat membuat Anda merasa sakit.

    Apakah Ada Saat-Saat Ketika Makan Saat Persalinan Bukan Ide Yang Baik?

    Beberapa bentuk nyeri dapat memperlambat gerakan makanan melalui lambung Anda. Jadi, mungkin lebih baik untuk berhenti makan dan membatasi asupan air juga. Tanyakan kepada dokter atau bidan jika Anda ragu.

    Bagaimana Jika Saya Membutuhkan Operasi Caesar?

    Jika Anda mengalami komplikasi yang memungkinkan bayi Anda harus dilahirkan melalui operasi Caesar, dokter atau bidan akan menyarankan Anda untuk tidak makan apa-apa.

    Alasannya karena dalam hal ini mungkin Anda memerlukan anestesi umum, ada risiko kecil bahwa jika Anda mempunyai keluhan pada pernapasan dapat menyebabkan pneumonia.

    Kebanyakan operasi caesar dilakukan dengan menggunakan anestesi regional seperti epidural atau spinal Itu lebih aman untuk Anda dan bayi Anda dari anestesi umum, yang menempatkan Anda untuk tidur.

    Jika Anda memiliki anestesi umum, dan makan terlebih dahulu, jangan khawatir. Anestesi Anda akan memastikan Anda tidak menghirup apa-apa dari perut Anda. Dalam kasus apapun, puasa selama persalinan tidak menjamin bahwa Anda akan memiliki perut kosong.

    Apapun keadaan Anda saat persalinan, mendengarkan nafsu makan tubuh Anda bisa menjadi panduan terbaik untuk apa yang harus Anda makan atau minum. Tentunya, mendiskusikannya terlebih dahulu dengan bidan atau dokter Anda.

    Mungkin Anda juga tertarik untuk membaca :

    Cara Membedakan Kontraksi Persalinan Palsu Dan Asli

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 29, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Mengenai Masalah Gangguan Kesehetan Baby Blues

  • Oleh : Tivaa Rachmawati Putri
  • 7 tahun, 6 bulan yang lalu

    Siang bu bidan, saya sedang hamil muda anak pertama bu bidan. Katanya ada salah satu gangguan mental yang bisa terjadi pada ibu hamil muda yang dinamakan dengan “Baby Blues”. yang ingi saya tanyakan apa sih itu baby blues? benarkah sering menyerang ibu hamil muda? jika benar bagaimana cara saya untuk menghindarinya? lalu seperti apa gejala baby blues tersebut? saya khawatir bu, mohon untuk dijawab bu bidan. Terimakasih

  • Oleh : Tivaa Rachmawati Putri
  • Kesehatan

  • Oleh : Nur Fadhila
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Saya umur 16 mau tanya siklus menstruasi saya tidak teratur tapi payudara saya terasa nyeri terus walau sudah menstruasi

  • Oleh : Nur Fadhila
  • Lidah Bermasalah

  • Oleh : Karmila
  • 5 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat siang Dok, dok saat ini saya sedang panas dalam, dan ada 3 titik dan terus membesar. Saat ini sayah merasakan risih saat mengkonsumsi makanan pedas dan juga asin dan bahkan jika saya menelan makanan saya merasakan sakit, itu kenapa ya dok?

    Ingin Segera Memiliki Keturunan

  • Oleh : Gek Anik
  • 7 tahun, 8 bulan yang lalu

    Siang bu bidan.

    2 bulan lagi rencananya saya akan melangsungkan pernikahan dan saya beserta calon suami memilki keinginan untuk tidak menunda memiliki momongan. Yang saya mau tanyakan pada waktu kapankan masa subur ini terjadi? Dan kapan waktu yang pas untuk melakukan hubungan agar segera mendapatkan momongan ketika kelak kami menikah?

  • Oleh : Gek Anik
  • Menunda kehamilan

  • Oleh : Septiani Wilma
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dok mau tanya,
    Saya baru menikah masih bisa dibilang perawan, saya ingin berhubungan intim tapi kepengen dulu menikmati masa berdua setelah menikah!! Pertanyaannya gmna cara menunda kehamilan yang benar pas malam pertama???

  • Oleh : Septiani Wilma
  • Tanya Bidan