×

Pengaruh Usia Terhadap Kesuburan Wanita

Bagikan Artikel :

Selamat datang di Curhat Bidan, kali ini kami akan membahas mengenai masa subur tapi lebih tepatnya adalah pengaruh usia terhadap masa subur. Mungkin sebagian orang tidak mengetahui kalau faktor usia ikut andil dalam masa subur, maka bagi Anda yang belum tahu yuk simak penjelasan lebih lengkapnya.

Masa subur bisa terjadi pada wanita dan laki – laki, keduanya memiliki masa subur yang berbeda. Jika waktu masa subur pada wanita adalah terjadi setiap bulannya maka masa subur pria setiap hari dipagi hari dan ketika musim dingin.

Baca : Apakah Pria Mempunyai Masa Subur ?

Related Posts :

    Tidak ada tanda – tanda fisik yang menunjukan kalau masa subur wanita menurun dan ini berpengaruh dengan kemampuan wanita untuk bisa hamil seiring dengan bertambahnya usia.

    Wanita akan terus mengalami siklus menstruasi hingga mereka mencapai masa menopause tapi seiring waktu meskipun belum mencapai menopause, kesuburannya menurun. Sekitar 20% wanita bisa hamil diusia 30 tahun dan kesempatan wanita bisa mengandung akan hilang sebesar 5 persen setiap bulannya hingga memasuki usia 40 tahun seperti yang dilansir oleh onlymyhealth.

    Usia dan kesuburan memiliki hubungan yang saling berkaitan, ini dibuktikan karena wanita yang semakin tua mungkin memiliki masalah biologis dan menghasilkan kualitas sel telur yang kurang maksimal tidak sama seperti saat masih muda.

    Ketika usia wanita mulai memasuki 30 tahun maka kualitas dan jumlah sel telur yang dihasilkan mulai menurun dan hal ini terjadi hingga wanita mengalami masa menopause.

    Siklus menstruasi yang dialami wanita juga kunjung tidak teratur seiring dengan faktor penuaan yang Anda alami dan kromosom sel telur juga bisa mengalami kelainan dengan bertambahnya usia Anda.

    Jadi, penurunan kesuburan ini tidak hanya menutup peluang Anda agar bisa mengandung lagi tapi juga menjadi salah satu penyebab atau faktor keguguran saat terjadi kehamilan. Ini karena kromosom sel telur mengalmi kelainan.

    Sebuah penelitian mengungkap bahwa wanita yang berusia kurang dari 30 tahun memiliki sebanyak 5% peluang mengalami keguguran. Tapi berbeda dengan wanita yang berusia 35 sampai 39 tahun mempunyai peluang terjadinya keguguran lebih banyak hingga 16 persen dan kondisi ini juga sama hal nya dengan wanita yang berusia 44 hingga 46 sekitar 60% mereka memiliki resiko keguguran.

    Jadi, usia sangat berperan penting dalam masa subur wanita karena seiring bertambahnya usia wanita tidak akan menghasilkan sel telur sebaik saat dia masih muda dan kecil kemungkinan untuk bisa hamil lagi.

    Related Post :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 30, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Cara brereksi untuk main yg k dua

  • Oleh : Taufik Novianto
  • 4 tahun, 11 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum, knapa saya stelah main skali sllu lelah dan tidak bisa br ereksi kmbali

    Benjolan

  • Oleh : Dinda Putei
  • 3 tahun, 5 bulan yang lalu

    Bagaimana cara mengatasi benjolan dekat kemaluan dan paha, benjolannya cuma 1 buk, tapi bisa dipegang
    dan seperti kelenjer, dan terasa sedikit sakit.

  • Oleh : Dinda Putei
  • mengatasi gatal pada puting saat menyusui

  • Oleh : Rhiyad Suhpriatin
  • 7 tahun, 9 bulan yang lalu

    Siang bu, saya mau tanya. Saya adalah seorang ibu menyusui, terkadang puting saya terasa sangat gatal serta timbul bercak putih pada puting payudara saya, apakah ini termasuk kanker atau bagaimana bu? bagaimana cara menanganinya?

    Program Hamil

  • Oleh : Uchi Susilawati
  • 7 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat siang Dok. Saya sudah menikah kurang lebih 2 tahunan. Sampai saat ini saya belum hamil juga. Memang dulu saya sempat merasakan haid yang tidak biasanya saya rasakan. Saat ini, saya sedang bekerja di pabrik dan meraskan haid yang tidak biasanya saya rasakan yang membuat saya lemas dan bahkan mengeluarkan gumpalan darah sebesar ati aya. Yang saya mau tanyakan itu berpengaruh tidak dengan masalah kehamilan? soalnya sampai sekarang saya belum hamil juga, padahal sami saya sudah ingin segera memiliki keturunan

    Tentang mens

  • Oleh : Acha Acha
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    Hallo dok yaa saya acha umur saya 16 tahun kenapa ya dok biasanya saya awal bulan saya udah mens hampir satu bulan ini saya bulum mens ya dok padahal saya belum pernah ngelakuin hal intim dok saya jadi takut dok

  • Oleh : Acha Acha
  • Tanya Bidan