Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Pengaruh Usia Terhadap Kesuburan Wanita



Selamat datang di Curhat Bidan, kali ini kami akan membahas mengenai masa subur tapi lebih tepatnya adalah pengaruh usia terhadap masa subur. Mungkin sebagian orang tidak mengetahui kalau faktor usia ikut andil dalam masa subur, maka bagi Anda yang belum tahu yuk simak penjelasan lebih lengkapnya.

Masa subur bisa terjadi pada wanita dan laki - laki, keduanya memiliki masa subur yang berbeda. Jika waktu masa subur pada wanita adalah terjadi setiap bulannya maka masa subur pria setiap hari dipagi hari dan ketika musim dingin.

Baca : Apakah Pria Mempunyai Masa Subur ?

Tidak ada tanda - tanda fisik yang menunjukan kalau masa subur wanita menurun dan ini berpengaruh dengan kemampuan wanita untuk bisa hamil seiring dengan bertambahnya usia.

Wanita akan terus mengalami siklus menstruasi hingga mereka mencapai masa menopause tapi seiring waktu meskipun belum mencapai menopause, kesuburannya menurun. Sekitar 20% wanita bisa hamil diusia 30 tahun dan kesempatan wanita bisa mengandung akan hilang sebesar 5 persen setiap bulannya hingga memasuki usia 40 tahun seperti yang dilansir oleh onlymyhealth.

Usia dan kesuburan memiliki hubungan yang saling berkaitan, ini dibuktikan karena wanita yang semakin tua mungkin memiliki masalah biologis dan menghasilkan kualitas sel telur yang kurang maksimal tidak sama seperti saat masih muda.

Ketika usia wanita mulai memasuki 30 tahun maka kualitas dan jumlah sel telur yang dihasilkan mulai menurun dan hal ini terjadi hingga wanita mengalami masa menopause.

Siklus menstruasi yang dialami wanita juga kunjung tidak teratur seiring dengan faktor penuaan yang Anda alami dan kromosom sel telur juga bisa mengalami kelainan dengan bertambahnya usia Anda.

Jadi, penurunan kesuburan ini tidak hanya menutup peluang Anda agar bisa mengandung lagi tapi juga menjadi salah satu penyebab atau faktor keguguran saat terjadi kehamilan. Ini karena kromosom sel telur mengalmi kelainan.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa wanita yang berusia kurang dari 30 tahun memiliki sebanyak 5% peluang mengalami keguguran. Tapi berbeda dengan wanita yang berusia 35 sampai 39 tahun mempunyai peluang terjadinya keguguran lebih banyak hingga 16 persen dan kondisi ini juga sama hal nya dengan wanita yang berusia 44 hingga 46 sekitar 60% mereka memiliki resiko keguguran.

Jadi, usia sangat berperan penting dalam masa subur wanita karena seiring bertambahnya usia wanita tidak akan menghasilkan sel telur sebaik saat dia masih muda dan kecil kemungkinan untuk bisa hamil lagi.


Related Post :


By Euis Lisnawati - Masa subur Sabtu, 30 Juli 2016 08:10:46

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • masa subur

    1 Balasan

    Masa subur

    Saya dapat menstruasi tanggal 23 agustus. Tanggal berapakah masa paling subur saya dan makanan apa yg harus saya konsumsi selama masa subur? Terimakasih

  • Kemoterapi Menyebabkan Infertilitas ?

    1 Balasan

    Masa subur

    Assalamualaikum, selamat pagi bu bidan ... Saya mau tanya perihal kemandulan pada pria, sebenarnya berapa lama sih seorang pria itu mengalami kemandulan setelah melakukan kemoterapi ? Apakah tumor di hidung…

  • Mengkonsumsi folavit bisa meningkatkan kesuburan ?

    1 Balasan

    Masa subur

    Halo bu bidan saya Resi Wulansari, selamat pagi bu . Bu saya saat ini sedang mengkonsumsi folavit dan sudah berjalan satu bulan. Saya searching di internet kalau folavit katanya bisa…

  • Sperma Keluar Saat Sedang Cemas

    2 Balasan

    Masa subur

    Halo Selamat Pagi Bu Bidan, saya Edhy Prayoga. Begini, saya sering mengalami kalau sperma saya itu keluar dengan sendirinya setiap saya sedang merasa cemas dan hal itu terjadi baik saat…

  • Kehamilan Setelah KB

    1 Balasan

    Masa subur

    Assalamualaikum bu bidan ... Nama saya Disti Hanifa, saya sudah menikah sekitar 4 bulan ini dan kemarin saya mengaja menggunakan KB jenis suntik 1 bulan sekali untuk menunda kehamilan dan…


Masa subur
Jenis Olahraga Yang Baik Untuk Meningkatkan Kesuburan

Jenis olahraga yang dapat meningkatkan…

Masa subur
Khasiat Madu untuk Meningkatkan Kesuburan Pria dan Wanita

Khasiat Madu untuk Meningkatkan Kesuburan…

Masa subur
Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top