Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Faktor Penyebab Cacat Kandungan yang Harus Diwaspadai

Menjaga kehamilan agar tetap sehat merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap calon ibu. Memeriksakan kandungan secara rutin ke bidan atau dokter kandungan Anda merupakan cara yang tepat untuk mengontrol kondisi kandungan, meskipun ibu merasa dalam kondisi yang fit. Karena, ada banyak hal yang bisa mengganggu kondisi kandungan yang mungkin saja tidak ibu ketahui. Ada banyak gangguan kehamilan yang bisa timbul, salah satunya adalah cacat kandungan.

Cacat kandungan merupakan suatu kondisi dimana adanya ketidaknormalan dalam struktur ataupun fungsi tubuh pada bayi. Hal ini biasanya diketahui setelah bayi lahir. Kondisi ini memang jarang terjadi, namun ketika terjadi akibatnya bisa menyebabkan bayi memiliki kecacatan fisik ataupun mental. Beberapa kecacatan tersebut bisa saja bersifat fatal bagi bayi, bahkan pada beberapa kasus bisa menyebabkan kematian.

Faktor Penyebab Cacat Kandungan yang Harus Diwaspadai oleh Ibu Hamil

Terdapat beberapa faktor penyebab cacat kandungan yang harus diwaspadai untuk menghindari kemungkinan bayi mengalami ketidaknormalan, diantaranya :

  • Masalah Genetik

    Permasalahan ini timbul ketika satu atau beberapa gen tidak berfungsi sebagaimana seharusnya. Selain itu, hal ini juga bisa diakibatkan karena adanya bagian gen yang hilang.

  • Permasalahan pada Kromosom

    Masalah pada kromosom ini disebabkan karena adanya bagian kromoson yang hilang, sehingga kromosom tersebut tidak dapat bekerja dengan sempurna.

  • Masalah pada Lingkungan

    Faktor penyebab cacat kandungan yang harus diwaspadai yang terakhir yaitu adanya permasalah pada lingkungan ibu yang sedang hamil. Misalya ibu hami terserang penyakit rubella atau German measles dan penggunaan obat-obatan terlarang dan mengonsumsi minuman beralkohol selama masa kehamilan.

Selain dengan menghindari faktor penyebab cacat kandungan tersebut, ibu hamil juga harus mengetehui dan menghindari faktor yang bisa menimbulkan risiko ibu hamil mengalami cacat kandungan. Faktor risiko tersebut diantaranya adalah :

  1. Kegemukan

    Kegemukan atau obesitas merupakan salah satu kondisi pada ibu hamil yang bisa menimbulkan berbagai masalah, termasuk cacat kandungan. Menjaga berat badan dan pola hidup selama masa kehamilan bisa membantu mengurangi risiko cacat kandungan.

  2. Obat-obatan Tertentu

    Beberapa jeis obat-obatan tidak akan dikonsumsi oleh ibu hamil. Jika memang ibu mengalami masalah padakesehatan dan diharuskan mengonsumsi obat, perhatikanlah bahan aktifnya dan dosis yang boleh dikonsumsio leh ibu hamil. Setelah itu, konsultasikan dengan dokter apakah obat tersebut aman untuk ibu hamil.

  3. Toxoplasmosis

    Kotoran kucing mengandung bakteri yang jika menginfeksi ibu hamil bisa menmbulkan cacat kandungan. Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi wanita hamil untuk menghindari bahay ini dengan tidak bersentuhan dengan kucing selama masa kehamilan.

  4. Panas

    Panas merupakan musuh bagi janin dalam kandungan. Panas yang berlebih bisa terasa hingga ke dalam kandungan Anda. Maka dari itu, sebaiknya hindari mandi dengan air panas, sauna, dan panas terik matahari selama masa kehamilan.

By Sri Maryati - Gangguan Kehamilan Rabu, 03 Agustus 2016 13:50:52

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Penanganan herpes zoster

    1 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    Selamat malam Bu bidan mau saya Santi Nuranti ibu satu anak usia 23thn,Bu saya sedang hamil 18week dan terdistraksi terkena herpes,awalnya flu dan Kuti pada lengan memerah dan perih lama…

  • Keguguran

    1 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    Pagi Dok. Kemarin saya kan keguguran, namun sampai saat ini saya belum memeriksakan nya dikarenakan banyak halangan, dan rencananya besok saya baru akan periksa. Dari kemarin sampai sekarang saya pendarahan…

  • gatal gatal saat hamil

    1 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    selamat pagi bu bidan, saya mau tanya tentang penyebab dan cara menghilangkan gatal yang berlebihan saat hamil itu bagaimana yah ? gatal yang timbul itu terlalu mengganggu dan saya merasa…

  • usia kehamilan sudah hampir lebih dari 9 bulan tapi bayi belum lahir

    1 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    selamat siang ibu bidan, adik saya sedang mengandung dan sekarang kehamilannya sudah mau 10 bulan, tapi kok belum ada tanda-tanda melahirkan ya? menurut ibu saya, katanya adik saya ini mungkin…

  • Normalkan Merasakan Tegang Di Perut Dalam Kehamilan

    1 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    selamat siang ibu bidan, yang saya ingin tanyakan tentang kehamilan saya apakah normal perut terasa seperti kram, tegang dan sakit padahal kehamilan baru masuk trimester pertama dan ini pengalaman pertama…


Gangguan Kehamilan
Gangguan Hemoroid Pada Kehamilan Trimester Ketiga

Mengenal Gangguan Hemoroid Pada Kehamilan…

Gangguan Kehamilan
10 Tanda Hamil Kosong - Penyebab dan Perawatan

Kehamilan kosong yaitu sebuah proses…

Gangguan Kehamilan
Ketahui Bahaya Batuk Bagi Ibu yang Sedang Hamil

Batuk janganlah disepelekan bagi Bunda…

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top