Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Ketahui Gangguan Pencernaan Pada Ibu Hamil Dan Cara Mengatasinya

Curhat Bidan - Gangguan pencernaan saat hamil normal terjadi. Pembentukan hormon selama kehamilan tidak hanya memberi manfaat tetapi bisa juga memberi efek samping berupa gangguan seperti gangguan pencernaan dan depresi selama kehamilan.
Gangguan pencernaan atau dispepsia adalah nyeri pada bagian atas biasanya keluhan terjadi seperti mual, kembung, muntah serta perasaan kenyang. Gangguan ini disebabkan karena perubahan hormonal selama kehamilan yang menekan perut. Gangguan ini biasanya muncul pada trimester pertama dan akan berkurang pada usia kehamilan memasuki trimester kedua.
Pada trimester kedua , gangguan pencernaan yang dialami berupa rasa terbakar pada saluran cerna. Sedangkan pada usia kehamilan trimester ketiga , gangguan pencernaan yang dialami ibu hamil biasanya ambeien dan sembelit.


Gejala Gangguan Pencernaan Pada Ibu Hamil

Gejala gangguan pencernaan pada ibu hamil sama seperti kondisi umunya , gejala utamanya adalah rasa tidak nyaman atau nyeri pada dada atau perut. Hal ini terjadi setelah makan atau minum, dan sebelum makan. pada minggu ke 27 gangguan pencernaan akan meningkat dua kali lipat. Berikut adalah kondisi ibu hamil yang terkena gangguan pencernaan :

  1. Mual dan muntah
  2. Kembung
  3. Bersendawa dan gas
  4. Kesulitan dalam menelan makanan
  5. Sensasi terbakar pada tenggorokan
  6. Sensasi terbakar dan nyeri di dada atau di belakang tulang dada
  7. Sensasi kenyang di daerah perut bagian atas

Ketahui Penyebab Gangguan Pencernaan Pada Kehamilan

Penyebab dari gangguan pencernaan pada ibu hamil biasanya karena perubahan hormon selama kehamilan . Rahim yang semakin membesar akan memberikan tekanan pada pembuluh darah dan usus bagian bawah. Hal ini akan menyebabkan sembelit, saat sembelit ibu hamil akan mengejan terlalu kuat pada saat BAB. Hal ini akan memicu pelebaran pembuluh darah pada bagian anus dan akan menyebabkan ambeien. Asam lambung yang memecah mukosa akan menyebabkan iritasi dan menyebabkan gejala gangguan pencernaan.

Pertumbuhan janin yang semakin membesar akan menekan perut ibu hamil, dari pertumbuhan janin tersebut membuat otot usus yang berfungsi sebagai pintu antara perut dan kerongkongan menjadi terganggu. Hal ini menyebabkan asam lambung bocor ke arah tenggorokan.

Bagaimana Mengatasi Gangguan Pencernaan Pada Ibu Hamil ?

Memilih makanan yang akan dikonsumsi adalah cara terbaik untuk menangani gangguan pencernaan. Menghindari makanan tertentu seperti makanan pedas, makanan berlemak, sangat asam kafein dan coklat.
Ibu hamil harus banyak mengkonsumsi air dan makanan kaya akan serat. Berolahraga dengan teratur juga dapat membantu mengontrol gejala, berbaring dalam posisi kepala dan punggung sedikit lebih tinggi dapat mengatur sensasi terbakar dan tidak nyaman yang dihasilkan oleh jantung.
Gangguan pencernaan yang sudah cukup parah tidak bisa diatasi hanya dengan mengubah pola makan saja, Ibu hamil harus mengkonsumsi obat tertentu seperti alginat dan antasida untuk mengurangi gejala gangguan pencernaan.

Itulah informasi mengenai gangguan pencernaan pada ibu hamil, jika kondisi terus berlangsung, maka akan lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter. Merokok dan meminum minuman beralkohol menjadi faktor beresiko munculnya gangguan pencernaan, hindari makanan pedas dan berlemak supaya tidak mengalami gangguan pencernaan.

By Elis Lisnawati - Gangguan Kehamilan Rabu, 10 Agustus 2016 07:55:59

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Mempertanyakan apakah keguguran apa tidak

    0 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    Assalamualaikum dok saya mau tanya,saya mengalami keluar gumpalan darah dan rasa sakit pada bagian bawah perut apakah saya mengalami keguguran atau tidak

  • Keputihan selama kehamilan berbahayakah

    0 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    Halo dok.. Sy tuti, skrg sy sdg hamil dg uk 24w. S mengalami keputihan selama kehamilan. Apakah itu wajar? Awalnya keputihan normal berwarna putih sperti lendir, tp masuk trimester 2…

  • Penanganan herpes zoster

    1 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    Selamat malam Bu bidan mau saya Santi Nuranti ibu satu anak usia 23thn,Bu saya sedang hamil 18week dan terdistraksi terkena herpes,awalnya flu dan Kuti pada lengan memerah dan perih lama…

  • Keguguran

    1 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    Pagi Dok. Kemarin saya kan keguguran, namun sampai saat ini saya belum memeriksakan nya dikarenakan banyak halangan, dan rencananya besok saya baru akan periksa. Dari kemarin sampai sekarang saya pendarahan…

  • gatal gatal saat hamil

    1 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    selamat pagi bu bidan, saya mau tanya tentang penyebab dan cara menghilangkan gatal yang berlebihan saat hamil itu bagaimana yah ? gatal yang timbul itu terlalu mengganggu dan saya merasa…


Gangguan Kehamilan
Mengenali Ciri-ciri Perbedaan Air Ketuban Yang Tidak Normal

Mengenali Ciri-ciri Perbedaan Air Ketuban…

Gangguan Kehamilan
Depresi Saat Hamil Waspadai Gangguan Perkembangan Janin

Hati-hati pada ibu hamil, terutama…

Gangguan Kehamilan
3 Gangguan Abnormal Yang Terjadi Pada Kehamilan

Sangat penting untuk Anda sebagai…

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top