Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Kenali 10 Ciri atau Tanda Hamil Kembar

Pastinya memiliki anak kembar merupakan impian sebagian besar pasangan suami istri. Dengan hadirnya anak kembar, maka akan semakin menambah semarak suasana keluarga anda, dan tentunya menjadi sebuah berkah tersendiri yang diberikan oleh Tuhan disela-sela keluarga anda. Anak kembar memang istimewa, karena biasanya bayi didalam rahim yang dikandung hanya satu saja, akan tetapi anda bisa sekaligus dua hingga tiga bahkan untuk beberapa kasus dalam sekali melahirkan. Tentu saja sebuah anugerah bagi anda dan juga keluarga.


Biasanya ibu yang melahirkan bayi kembar, memiliki ciri-ciri yang lebih cenderung berbeda dengan yang sedang hamil yang tidak kembar. Hal ini bisa ditandai dari ciri-ciri fisiknya. Tentu perubahan hormon akan lebih banyak dua kali lipat dihasilkan, sehingga fisik maupun psikis pun akan berbeda dari ibu hamil lainnya.

Inilah 10 ciri atau tanda wanita yang sedang hamil kembar:

1. Riwayat anak kembar dalam keluarga
Potensi kehamilan kembar bisa didapatkan pada saat pasangan ataupun yang bersangkutan mempunyai riwayat kembar. Meskipun sering tidak terdapat bukti yang mendukung kalim ini, tapi potensinya bisa jauh lebih besar ketika mempunyai riwayat kembar.

2. Peningkatan kandungan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin)
Wanita hamil yang dicurigai sedang hamil anak kembar, ada peningkatan jumlah hormon HCG yang relatif cepat pada sepuluh hari pertama, kadarnya bisa meningkat jadi 2x lipat dibandingkan kehamilan biasa.

3. Merasa mual sejak awal kehamilan
Mual yang intensitasnya lebih banyak dibandingkan ibu hamil biasa, mual-mual ini terjadi karena kadar HCG yang jauh lebih banyak.

4. Intoleransi pada makanan tertentu
Intoleransi yang cukup ekstrim untuk makanan, bau serta tekstur dan juga penampilan beberapa makanan tertentu. Umumnya seperti masakan daging, makanan laut, kopi, dan juga teh yang merupakan zat yang dianggap cukup menjijikan.

5. Perut lebih besar
Perut seorang ibu hamil tampak lebih besar karena mencerminkan fakta bahwa ada 2 embrio didalam kandungannya.

6. Merasa sangat lelah dan cukup sering buang air kecil
Rasa lelah dan sering buang air kecil memang sering juga terjadi pada kehamilan normal. Namun beberapa ibu yang mengandung anak kembar merasakan kelelahan dan buang air kecil yang lebih sering dibandingkan dengan yang hamil biasa.

7. Merasa gerakan bayi lebih dini
Seorang ibu yang hamil bayi kembar pada umumnya bisa merasakan gerakan bayinya lebih dini pada masa awal kehamilan.

8. AFP anda meningkat
Anda akan mendapatkan informasi dari dokter atau bidan bahwa kadar AFP (Alpha Fetoprotein) anda meningkat. Kadar AFP merupakan protein yang dilepaskan oleh bayi pada saat dia tumbuh dan ditemukan didalam darah ibu, ini dapat meningkatkan pada saat ada lebih dari satu bayi. Normalnya tes darah bagi ibu hamil secara sederhana akan diberikan pada 16 hingga 18 minggu sejak menstruasi ibu hamil yang terakhir. Pemeriksaan Alpha Fetoprotein dapat mendeteksi lebih dari separuh kehamilan anak kembar.

9. Dokter bisa mendengarkan dua detak jantung
Dua detak jantung bayi yang terpisah bisa dibuktikan hingga usia kehamilan berusia 12 minggu. Pada usia kehamilan sekitar usia 28 minggu, sangat memungkinkan untuk dapat membedakan dua kepala janin dan juga beberapa bagian kecil pada saat melakukan pemeriksaan USG.

10. Hasil pemeriksaan USG positif
Apabila anda percaya bahwa saat ini anda memang sedang hamil kembar, USG bisa dilakukan sejak awal masa kehamilan. Dengan pemeriksaan dokter atau bidan yang ahli dalam USG, dua embrio dan juga dua detak jantung dari janin yang kuat bahkan bisa dilihat sejak 6 minggu dari hari pertama menstruasi terakhir anda. Banyak juga bayi kembar yang sudah biasa didiagnosa sejak usianya 5 minggu, pada saat anda baru terlambat dari menstruasi satu minggu.

Itulah 10 ciri atau tanda hamil kembar. Jika anda merasa yakin sedang hamil kembar, segeralah periksakan pada dokter atau tanya bidan agar mendapat saran yang tepat.

Yuk baca juga: Manfaat Berkomunikasi Dengan Janin Sejak Dalam Kandungan

By Ana Rediana - Kehamilan Senin, 22 Agustus 2016 08:29:55

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Faktor yang berpengaruh agar memiliki bayi kembar

    1 Balasan

    Kehamilan

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya apa saja faktor yang dapat berpengaruh agar memiliki bayi kembar pada keluarga yang tidak mempunyai riwayat anak kembar. Mohon penjelasannya

  • Kuret Akibat Keguguran

    1 Balasan

    Kehamilan

    Siang Dok. Saya wanita berusia 27 Tahun. Kemarin saya melakukan kuret di Rumasakit. Tetapi kenapa ya, ko setelah kuret ini saya merasakan meriang dan demam walau demam tidak begitu tinggi.…

  • hamil pasca operasi kehamilan ektopik

    0 Balasan

    Kehamilan

    Selamat sore buk,, saya mau tanya seputar kehamilan pasca operasi kehamilan ektopik di saluran tuba....pada bulan maret saya mengalami kehamilan ektopik,umur janin sudah 2 bulan,kemudian dokter menyarankan agar saya melakukan…

  • Penanganan herpes zoster

    1 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    Selamat malam Bu bidan mau saya Santi Nuranti ibu satu anak usia 23thn,Bu saya sedang hamil 18week dan terdistraksi terkena herpes,awalnya flu dan Kuti pada lengan memerah dan perih lama…

  • puasa dan berat badan janin

    0 Balasan

    Kehamilan

    selamat siang, saya mau tanya sekarang saya memasuki umur kehamilan 30w berdasar hasil USG terakhir berat badan janin saya 1,04 kg apa berat tersebut kurang? dan jika saya berpuasa ramadhan…


Kehamilan
Tips Sehat Menjaga Kehamilan Anak Kembar

Bayi yang sehat saat lahir…

Kehamilan
Kehamilan
Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top