Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Tips Jitu Meningakatkan Daya Konsentrasi Anak Dalam Belajar

Salah satu kewajiban anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah adalah belajar. Dengan belajar yang tekun maka mereka dapat menggapai kesuksesannya kelak. Namun sebagian anak mengalami kesulitan untuk konsentrasi saat belajar. Sehingga mereka kehilangan minat dan melamun saat mereka belajar. Dalam hal ini, ayah maupun bunda harus bersikap bijak. Jangan sampai menyalahkan atau memarahi sang anak, tanpa mengetahui penyebabnya. Namun, di sinilah peran ayah dan bunda untuk lebih memperhatikannya dan memotivasi anak serta mencari solusi bagaimana anak untuk semangat belajar kembali.


Rendahnya perhatian terhadap studi akademik dapat menyebabkan prestasi anak menjadi menurun. Ironisnya, belakangan ini di temukan banyak kasus pada anak yang tadinya memiliki catatan prestasi baik, namun secara tiba-tiba kehilangan minatnya untuk belajar. Dan telah di telusuri, ternyata daya konsentrasilah yang memicu permasalahan tersebut. Masalah konsentrasi pada anak dapat diindikasikan apabila perhatian mereka mudah pecah dan teralih. Sehingga anakpun kesulitan untuk menyimak suatu hal. 

Namun, apabila konsentrasui anak terus terganggu, maka jangan di biarkan saja. Terlebih saat musim ujian, dimana konsentrasi anak di tuntut untuk sebisa mungkin di optimalkan. Selain itu, proses belajar secara intensif pun sangat di perlukan untuk mendapatkan hasil yang di inginkan. Namun tak jarang anak mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi saat mereka belajar di rumah, sehingga membuat mereka tidak mampu untuk berpikir secara jernih dan cenderung ingin segara mengakhiri proses belajar walaupun belum selesai.

Namun anda tak perlu khawatir karena kini tim bidan online akan memberikan beberapa tips jitu untuk para orang tua, yang dapat membantu menambah daya konsentrasi anak terlebih saat belajar.

Berikut tips jitu meningkatkan daya konsentrasi anak saat belajar yang dapat orang tua lakukan:

1. Dahulukan anak untuk menyelesaikan tugasnya

Agar anak memiliki daya konsentrasi penuh saat belajar, maka sebaiknya dahulukan anak untuk menyelesaikan tugasnya secara tuntas. Jangan menyelangi waktu belajarnya dengan mengerjakan pekerjaan rumah lainnya, Karena hal tersebut hanya dapat membuat konsentrasi dan energi nak terbagi menjadi dua.

2. Berikan waktu istirahat yang cukup

Jika saat tubuh anak mulai lelah, maka jangan paksakan ia untuk terus di hadapkan dengan buku-buku tugas dan menyelesaikan semua tugas sekolahnya. Namun, biarkan anak untuk istirahat dengan cukup. Karena jika di paksakan pun hasilnya tidak akan optimal. Seperti halnya, saat mereka pulang sekolah, biasakan mereka untuk tidur siang yang cukup. Hal tersebut dapat membuat otak dan fisik mereka beristirahat. Sehingga saat merejka bangun nanti, anak memiliki memiliki energi kembali dan menjadi lebih segar untuk di ajak berpikir. Selain darai pada itu, atur juga waktu istirahat mereka saat malam hari, agar mereka tidak tiidur terlalu larut. Karena, pola tidur yang kurang cukup dan tidak teratur di malam hari dapat berdampak pada daya konsentrasi anak di pagi hari.

3. Kondisikan posisi belajar anak

Selain waktu istirahat, posisi belajar anak pun dapat berpengaruh terhadap daya konsentrasi yang anaka miliki. Biasakan anak belajar dalam posisi tiduran, sambil mengobrol, berada dekat denga televisi dan lain sebagainya. Posisi belajar anak yang baik adalah dengan duduk yang tegak dan konddisi yang tenang.

4. Atur waktu untuk menonton televisi dan penggunaan gadget

Memang, segala sesuatu yang di lakukan secara berlebih tidak pernah baik. Dan salah satunya terjadi pada anak genarasi saat ini. Di mana mereka kecanduan akan pengguanaan gadget dan acara tontonan di televisi. Dan pada saat itulah, daya konsentrasinya akan banyak di sita oleh media tersebut. Untuk menumbuhkan kembali konsentrasinya saat belajar, maka atur waktu anak untuk menonton televisi, memakai gadget agar tidak terlalu sering.

5. Melatih ingatan dengan permainan

Permainanan dalam mengingat sesuatu merupakan salah satu cara yang menyenangkan untuk melatih fokus dan konsentrasi anak. Permainan tersebut dapat di lakukan dengan menggunakan media digital seperti komputer atau tablet dengan aturan waktu tertentu.

6. Berikan nutrisi yang cukup

Asupan nuterisi yang baikpun merupakan salah satu faktor yang penting dalam meningkatkan daya konsentrasi anak. Berikanlah mereka beberapa makanan yang mengandung cukup vitamin dan mineral, yang di perlukan oleh tubuh. Andapun dapat memberikan mereka makanan untuk mengingkatkan kecaerdasan otak seperti ikan salmon, telur dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa tips jitu untuk meningkatkan daya konsentrasi anak. Semoga dapat membantu para orang tua untuk menumbuhkan daya konsentrasi anak yang baik, sehiongga prestasi akademik mereka dapat meningkat dan kelak mereka dapat menjadi anak sukses yang dapat membanggakan keluarga bahkan negara.

By Nida Syarifah - Parenting Rabu, 14 September 2016 09:02:34

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Tips bagi ibu menyusui yang berpuasa

    1 Balasan

    Parenting

    Selamat pagi bu, saya mau konsultasi nih saat ini anak saya baru saja menginjak usia 6 bulan dan saya sudah berniat mau puasa. Apakah ada dampaknya jika saya puasa sama…

  • Membiasakan Anak Bersikap Sopan pada Orang Lain

    1 Balasan

    Parenting

    Pagi Bu Bidan saya mau tanya bagaimana cara mengajarkan anak untuk bisa sopan pada orang lain ? baik itu pada orang tua, teman sebayanya atau pada anak yang lebih kecil…

  • Makanan Pendamping ASI

    1 Balasan

    Parenting

    Selamat sore, saya mau tanya bu bidan. Apa yang bisa menjadi menu paling tepat sebagai makanan pengganti ASI untuk si kecil ? Mohon dijawab, Terimakasih

  • Kegemukan pada Anak

    1 Balasan

    Parenting

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya mengatasi kegemukan anak di usia sekolah dasar tanpa mengurangi asupan gizi yang ia perlukan di usianya saat ini ? Mohon dijawab…

  • Belum Haid Setelah Melakukan Kuret

    1 Balasan

    Parenting

    Selamat sore bu bidan, saya merasa khawatir dan tidak tau kenapa akhir akhir ini haid saya tak kunjung datang juga. Semenjak saya melakukan kuret terhitung sekitar 5 bulan saya belum…


Parenting
Macam-Macam Imunisasi untuk Anak Di Bawah 1 Tahun

Pemberian imunisasi sudah jadi kewajiban…

Parenting
Pertolongan Pertama Pada Saat Anak Mengalami Demam Tinggi

Demam merupakan salah satu kondisi…

Parenting
5 Tips Merawat Gigi Anak Tumbuh Dengan Rapi

Untuk mendapatkan hasil gigi yang…

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top