Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Tips Cara Mencegah Agar Tidak Keguguran Saat Hamil Muda

Disaat usia hamil muda dengan ekstra dalam menjaga dan merawat kandungan. Karena janin yang masih muda sangat rentan sekali keguguran yang disebabkan oleh berbagai hal mulai dari gaya hidup, pola makan dan juga salah satu faktor ketidaksengajaan.


Perlu anda ketahui gejala awal keguguran seperti hilangnya ciri-ciri kehamilan seperti payudara menegang, pusing menyerang dan tubuh terasa berat dan lelah, nyeri dibagian tengah perut semakin parah terus menerus dari hari ke hari. Kontraksi yang terlalu sering mulai dari usia kandungan yang tak semestinya disertai perut yang mulas dan kaku atau tegang. Terjadi cukup banyak perdarahan seperti saat menstruasi akan menghabiskan lebih dari dua pembalut dalam waktu satu jam dan berturut-turut selama tiga hari bercak darah keluar biasanya terjadi karena keguguran.

Berikut tips cara mencegah agar tidak terjadi keguguran saat hamil muda:

Istirahat yang cukup
Sebaiknya istirahat yang cukup dapat menghindari ibu hamil dari kelelahan dan aktivitas fisik yang berat.

Bisa mengendalikan stress

Saat hamil muda tidak banyak yang mengalami stress, kondisi stress tersebut bisa membuat anda tidak nafsu makan, perut menjadi kosong sehingga anda akan merasa lemas dan membahayakan janin dalam kandungan.

Menghindari penyakit anemia

Jangan sampai terkena, bahaya penyakit anemia saat hamil bisa menyebabkan anda pusing bahkan pingsan sehingga akan rentan terjatuh dan perutnya terbentur.

Dilarang mengkonsumsi sembarang obat
Jangan mengkonsumsi obat-obatan yang dilarang selama kehamilan karena kandungan didalam obat kimia tersebut sangat tinggi sehingga membuat janin keguguran kecuali mengkonsumsi obat yang telah diberikan dengan resep dokter.

Harus banyak mengkonsumsi asam folat

Akibat dari kekurangan asam folat pada ibu hamil bisa menyebabkan janin keguguran bahkan bisa menyebabkan janin mengalami kecacatan dan janin tidak berkembang sebagaimana mestinya.

Hindari asap rokok
Sebaiknya ibu hamil menghindari asap rokok sebab menjadi perokok pasif sama berbahayanya dengan perokok yang aktif.

Apapun penyebabnya, anda tetap harus menjaga kandungan jangan sampai mengalami keguguran karena jika anda keguguran, banyak dokter yang mengharuskan untuk menunggu paling sebentar selama 3 bulan dan paling lama selama 6 bulan agar anda bisa program hamil kembali. Karena untuk memulihkan kondisi rahim menjadi normal dan jika dipantang, rahim akan semakin luka dan cidera. Harus selalu rutin periksa dan konsultasi ke bidan atau dokter kandungan agar kehamilan anda tetap sehat dan terjaga.

By Ana Rediana - Kehamilan Senin, 19 September 2016 08:29:28

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • hamil 2 bulan

    1 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    selamat sore bu bidan, saya devy 29th, saat ini saya kehamilan kedua.. yg pertama dulu saya pernah keguguran, dan berharap kehamilan saya yg kedua ini sehat2 saja,, tapi akhir2 ini…

  • 3x tespek

    1 Balasan

    Kehamilan

    Sebelum telat haid sy pernah 2x tespek tp 1 hasil negatif 1 lagi 2 garis tapi samar membayang setelah telat haid 2 hari sy tespek lagi namun negaif , yg…

  • Batuk dan sesak

    1 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    Malem dok, say hamil berusia 1bulan, saya ada asma, tapi semua tes lebih dan ronsen nya bagus semua, tidak menandakan penyakit paru-paru, saat asma mau kambuh pasti selalu batuk terlebih…

  • evidence base

    1 Balasan

    Kehamilan

    Apa evidence base dari persiapan persalinan??

  • Ciri ciri ke guguran

    1 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    Dok apa bisa orng yg hamil baru 20 hari bisa keguguran. Dan apa saja ciri¬≤ keguguran tersebut dok .apa yg kluar pada saat keguguran hamil 20 hari apakah hanya drh…


Kehamilan
WASPADA! Bahaya Toxoplasma pada Kehamilan

Menurut penelitian pada tahun 2010-2013…

Kehamilan
Ketahui 5 Alasan Yang Membuat Ibu Hamil Cepat Lelah

5 alasan yang bisa menyebabkan…

Kehamilan
Gizi Yang Perlu Ibu Konsumsi Agar Janin Tetap Sehat

Gizi Yang Perlu Ibu Konsumsi…

Tanya Bidan
Top