×

Tips Ampuh Untuk Mengatasi Mimisan Pada Anak

Bagikan Artikel :

Mimisan atau epistaksis merupakan pendarahan dari hidung yang di sebabkan oleh trauma pada hidung atau penyakit tertentu. Tak hanya terjadi pada orang dewasa, kondisi ini juga kerap di alami oleh anak-anak. Bahkan sebagian orang tua sering kali terkejut saat mereka melihat darah yang mengucur dari hidung si kecil tanpa sebab.

Namun, anda tak perlu khawatir jika anak mengalami mimisan dalam keadaan sehat dan aktif. Selain itu, mimisan pada anak juga tidak di golongkan kondisi yang berbahaya, apabila mimisan di alami oleh anak tidak dalam kondisi demam. Meski begitu, bunda sebaiknya perlu mengetahui berbagai penyebab mimisan pada anak.

Related Posts :

    Pada umumnya, penyebab mimisan sangat bervariasi. Diantaranya adalah sebagai berikut:

    • Polusi. Jika udara kotor terhirup oleh anak-anak otomatis hal tersebut dapat membuat iritasi pada selaput lendirnya. Terlebih selaput lendir pada anak-anak sangat tipis dan mudah robek.
    • Trauma. Trauma pada hidung anak dapat terjadi pada saat hidung anak mengalami benturan, mengorek hidung terlalu keras atau terpukul benda lainnya.
    • Udara dingin. Pada sebagian anak yang tidak dapat beradaptasi dengan udara dingin, dapat menyebabkan anak mengalami mimisan. Salah satunya adalah AC yang terlalu dingin dalam suatu ruangan.
    • Obat-obatan. Beberapa jenis obat juga sering kali menyebabkan mimisan pada anak. Seperti salah satunya jenis obat steroid yang berfungsi untuk melegakan hidung mampet pada anak ataupun jenis obat lainnya yang tidak cocok dengan kondisi anak anda.
    • Infeksi. Pada beberapa kasus, mimisan pada anak juga sering kali terjadi akibat infeksi, seperti vestibulitas atau peradangan pada selubung akar rambut yang terjadi di bagian depan rongga hidung anak. Ataupun infeksi lainnya seperti sinusitis.

    Jika anak sedang mengalami mimisan, di harapkan anda tidak panik. Namun, ada baiknya anda dapat melakukan beberapa langkah untuk mengatasinya. Bagaimana cara mengatasi mimisan pada anak? Untuk mengetahuinya, anda dapat menyimak beberapa cara dan tips mengatasi mimisan pada anak, yang akan tim bidan online paparkan pada kesempatan kali ini.

    Jangan membaringkan atau menundukkan kepala anak
    Salah satu pertolongan pertama yang dapat di lakukan pada saat anak mengalami mimisan adalah dengan tidak menundukkan kepala anak. Karena hal tersebut hanya dapat memperparah kondisi mimisan anak. Selain itu, hindari pula untuk mengangkat kepala anak ke atas (menengadah).

    Posisikan anak dengan posisi badan tegak
    Posisikan anak dalam keadaan duduk dengan sedikit kepala yang maju. Kemudian anda dapat menggunakan jempol dan telunjuk untuk menutup lubang hidung dengan cara memijatnya selama 2 hingga 5 menit, dan atur nafas anak melalui mulut.

    Gunakan daun sirih
    Tips menghentikan mimisan pada anak selanjutnya adalah dengan menggunakan daun sirih. Anda dapat mengambil daun sirih, yang sebelumnya telah di cuci bersih kemudian gulungkan seukuran lubang hidung anak. Anda dapat menyumpalkannya pada lubang hidung anak selama 15-20 menit.

    Menggunakan es batu
    Jika aliran darah tak kunjung berhenti, anda dapat meredakannya dengan menggunakan es yang di bungkus dengan lap atau kain. Kemudian tempelkan di antara kening dan hidung anak. Es sendiri berkhasiat dapat membantu memperkecil pembuluh darah, sehingga pendarahan yang terjadi pada hidung dapat berhenti.

    Nah, itulah beberapa tips ampuh untuk mengatasi mimisan pada anak. Apabila mimisan anak tidak kunjung reda, segera larikan anak anda ke pusat pengobatan terdekat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 20, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Hubungan intim

  • Oleh : Ulla Ulla
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    Halo dok saya mau tanya…saya suda menika dan suda punya ank rencananya saya tidak mengikuti kb..maunya saya kb sendiri maaf(d keluarin d luar).dan yg mau saya tanyakan.kata temen2 saya walaupun d keluarin d luar masih bisa hamil..katanya karena pas suami merangsang atu ejakulasi dini..keluar cairan putih bening itu bisa menyebab kan k hamilan..bukan hanya maaf (sepermanya).apa benar itu ya dok..?

    Masa subur apakah bisa hamil

  • Oleh : Dhani
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Mau bertanya, saya kemarin tgl 19/09/2020 berhubungan intim, sedangkan saya di tgl 15/09/2020 selesai haid apakah saat berhubungan intim saya masa subur. Terimakasih

  • Oleh : Dhani
  • ada benjolan di dekat anus

  • Oleh : Neng Atna Julianti
  • 7 tahun, 6 bulan yang lalu

    selamat siang ibu bidan saya mau tanya, saya sedang hamil tapi ada benjolan di anus, tidak berdarah hanya terasa perih dan sering mulas saat babnya, ada ga obat yang bisa diminum tapi aman untuk ibu hamil? terima kasih, saya tunggu jawabannya 🙂

  • Oleh : Neng Atna Julianti
  • Nyeri haid

  • Oleh : Vivie Hardianty
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau konsul.. saya kan tidak haid, tp saya keputihan, tp kok ada nyeri seperti haid ya? Tp terus menerus sudah 4 hari tidak sembuh, itu kenapa ya? Saya jg pakai KB IUD

  • Oleh : Vivie Hardianty
  • diare pada bayi 2 bulan

  • Oleh : Luluk mukarromah
  • 6 tahun, 6 bulan yang lalu

    halo bu . saya mau tanya cara mengatasi diare pada bayi yang baru 2 bulan itu bgaimana.

    terima kasih

    Tanya Bidan