Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Pilihan Makanan Sehat Untuk Anak Di Musim Hujan

Sangatlah penting untuk menjaga kesehatan anak, terlebih saat musim hujan menjelang seperti sekarang. Sebab berbagai jenis penyakit sering kali berdatangan, akibat infeksi mikroorganisme serta perkembangan virus dan bakteri yang lebih cepat, yang sangat mudah menyerang imunitas tubuh anak khususnya.


Imunitas adalah salah satu sistem mekanisme pada organisme tubuh anak yang dapat melindungi tubuh anak dari berbagai pengaruh lingkungan terutama dalam mengidentifikasi berbagai sel-sel jahat yang dapat membahayakan tubuh. dalam tubuh, seperti sel tumor, infeksi bakteri, jamur, cacing dan virus. Dan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi sistem imunitas adalah makanan.

Pilihan makanan sehat untuk anak di musim hujan

Berikut tim bidan online akan paparkan asupan nutrisi atau makanan sehat untuk anak ketika pada hujan, sehingga dapat mencegah anak mengurangi resiko terkena penyakit.

  • Susu Kedelai

Menurut penelitian yang di lakukan, bahwasannya susu kedelai mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral yang sangat di butuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, tentunya khasiat dan manfaat yang dimilikinya juga sangatlah tinggi terlebih untuk anak. Beberapa manfaatnya adalah dapat melancarkan metabolisme tubuh, perbaikan sel-sel yang rusak, menjadikan sumber energi dan penambah imunitas. Hal ini berhubungan dengan kandungan flavonoids yang terkandung dalam susu kedelai, yang terbentuk dari kandungan asam amino dan vitamin, sehingga dapat mencegah penyakit di musim penghujan.

  • Makanan yang mengandung zink

Mengonsumsi makanan yang mengandung zink yang tinggi juga dapat menjadi suatu awal yang baik untuk mengingkatkan imunitas anak. Zink sendiri merupakan salah satu unsur kehidupan yang sangat baik, dan salah satunya terdapat dalam daging berwarna merah. Tiga ons daging merah dapat dapat memenuhi kebutuhan 40% dari dosis harian. Manfaat mencukupi kebutuhan seng diantaranya dapat meningkatkan perkembangan anak secara cepat, meningkatkan kesehatan mata, menambah intelegensi dan meningkatkan imunitas. Meski seng kini telah banyak tersedia dalam banyak jenis seuplemen, namun anda juga dapat menemukan kandungan yang satu ini dalam berbagai jenis makanan seperti daging merah, udang, telur, ikan dan produk hewani.

  • Madu

Madu merupakan salah satu sumber protein yang dapat membantu dan menjaga dalam meningkatkan sistem kekebalan anak di musim hujan. Kandungan protein yang terdapat di dalam madu dapat membangun imunitas dan menjaga stamina tubuh anak anda. Sebuah penelitian yang di lakukan oleh Departement of Biological Science, University of waikoto, di Hamilton, Selandia Baru, menghasilkan pernyataan bahwa zat antibiotik yang terkandung di dalam madu mampu melawan serangan penyakit yang dapat di sebabkan oleh musim hujan. Seperti kondisi infeksi yaitu, lambung, demam, batuk, dan infeksi saluran pernapasan akut yang sering kali mengancam anak-anak.

  • Minyak ikan

Anda juga dapat memberikan minyak ikan pada si kecil untuk memnuhi sitem kekebalan tubuhnya. Di dalam minyak ikan sendiri terkandung asam lemak omega 3 yang dapat menjaga kestabilan sisitem kekebalan tubuh anak sehingga mereka dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit yang di sebabkan pada musim hujan.

  • Jeruk

Kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya, menjadikan jeruk juga salah satu makanan yang wajib di konsumsi oleh anak-anak, terlebih pada saat musim hujan menjelang. Kandungan vitamin C tersebutlah yang memadai akan membuat kekebalan tubuh untuk menangkal segala jenis penyakit yang berdampak dari lingkungan.

By Nida Syarifah - Parenting Selasa, 27 September 2016 11:20:43

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Tips bagi ibu menyusui yang berpuasa

    1 Balasan

    Parenting

    Selamat pagi bu, saya mau konsultasi nih saat ini anak saya baru saja menginjak usia 6 bulan dan saya sudah berniat mau puasa. Apakah ada dampaknya jika saya puasa sama…

  • Membiasakan Anak Bersikap Sopan pada Orang Lain

    1 Balasan

    Parenting

    Pagi Bu Bidan saya mau tanya bagaimana cara mengajarkan anak untuk bisa sopan pada orang lain ? baik itu pada orang tua, teman sebayanya atau pada anak yang lebih kecil…

  • Makanan Pendamping ASI

    1 Balasan

    Parenting

    Selamat sore, saya mau tanya bu bidan. Apa yang bisa menjadi menu paling tepat sebagai makanan pengganti ASI untuk si kecil ? Mohon dijawab, Terimakasih

  • Kegemukan pada Anak

    1 Balasan

    Parenting

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya mengatasi kegemukan anak di usia sekolah dasar tanpa mengurangi asupan gizi yang ia perlukan di usianya saat ini ? Mohon dijawab…

  • Belum Haid Setelah Melakukan Kuret

    1 Balasan

    Parenting

    Selamat sore bu bidan, saya merasa khawatir dan tidak tau kenapa akhir akhir ini haid saya tak kunjung datang juga. Semenjak saya melakukan kuret terhitung sekitar 5 bulan saya belum…


Parenting
Cara Mengatasi Konstipasi Pada Anak Secara Alami Dan Efektif

Cara mengatasi konstipasi pada anak…

Parenting
Tips Dan Cara Menghentikan Kebiasaan Anak Berkata Kasar

Tips dan cara menghentikan kebiasaan…

Parenting
Tren Mengurus Anak Khas Ibu-ibu di Indonesia

Tren Mengurus Anak Khas Ibu-ibu…

Tanya Bidan
Top