Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Kiat Mengatasi Sering Buang Air Kecil pada Ibu Hamil

Buang air kecil merupakan hal yang dilakukan setiap harinya, setidaknya 4 sampai 8 kali sehari. Namun, jika buang air kecil lebih sering, terlebih lagi hingga mengganggu tidur, maka ini merupakan hal yang tidak normal yang bisa disebabkan karena respon normal akibat kebanyakan minum atau bisa juga karena penyakit.


Hal ini juga yang sering dialami oleh ibu hamil. Sering buang air kecil yang dialami oleh ibu hamil merupakan hal yang normal dan umumnya terjadi pada trimester pertama dan ketiga. Hal ini disebabakan karena ibu hamil sering sulit dalam mengontrol kantung kemihnya, sehingga jika melakukan perjalanan jauh seringkali mendapati ketidaknyamanan dalam mengontrol keinginan buang air kecil. Bahkan, beberapa kondisi seperti saat bersin, tertawa dan batuk sering kali membuat ibu hamil ngompol.

Kondisi buang air kecil pada ibu hamil terjadi karena adanya penekanan pada kandung kemih yang membuat urin tersimpan menjadi sedikit dan kesulitan dalam menahan atau menghentikan aliran urin tersebut, sehingga membuat keinginan buang air kecil terjadi lebih sering pada ibu hamil bahkan sering kali mengakibatkan ibu hamil ngompol.

Selain itu, ada beberapa hal lain yang juga bisa menyebabkan tubuh wanita hamil lebih sering mengalami buang air kecil, diantaranya adalah :

  • Pertumbuhan janin di dalam kandungan dapat menekan kandung kemih. Hal ini membuang keinginan untuk buang air kecil menjadi lebih sering.

  • Sering buang air kecil termasuk efek dari perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan.

  • Seiring berjalannya kehamilan, tubuh akan memproduksi lebih banyak urin karena ginjal harus bekerja lebih keras membuang zat tidak berguna dari tubuh.

  • Pada akhir kehamilan, tekanan pada kandung kemih akan semakin meningkat karena posisi janin yang sudah berada di bawah. Kondisi ini membuat ibu ingin buang air kecil lebih sering, walaupun kandung kemih kosong.

Kiat Mengatasi Sering Buang Air Kecil pada Ibu Hamil

Ibu jangan menganggap sepele keluhan sering buang air kecil yang dialami. Karena hal tersebut bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada ibu sendiri. Mengingat pentingnya dalam menjaga kesehatan selama kehamilan yang berhubungan dengan buang air kecil, maka untuk mendapatkan kenyamanan dalam mengontrol buang air kecil selama kehamilan sebaiknya ibu melakukan beberapa hal berikut :

Melakukan Aktivitas Fisik Sesuai Kondisi

Ibu hamil memiliki kondisi yang berbeda-beda, sehingga dalam menjaga kesehatan melalui aktivitas fisik yang dilakukan sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau bidan ibu sesuai dengan usia kandungan dan kondisi kesehatan ibu. Dengan mengatur berat badan sesuai dengan usia kehamilan, maka akan membuat keseimbangan dalam tekanan kandung kemih selama kehamilan.

Mencukupi Kebutuhan Cairan

Biasakan untuk selalu mengonsumsi air putih 8 gelas sehari untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Hindari mengonsumsi minuman yang mengandung glukosa tinggi. Mencukupi kebutuhan air putih setiap harinya bermanfaat untuk menghindarkan ibu dari dehidrasi. Tidak hanya itu, air putih juga dipercaya bisa digunakan untuk mengurangi infeksi saluran kemih pada ibu yang sedang hamil.

Senam Kegel

Ibu bisa mengikuti kelas untuk latihan senam kegel selama kehamilan. Hal ini sering kali direkomendasikan oleh para ahli kesehatan. melakukan senam kegel selain bisa membuat nyaman ibu juga bisa membantu ibu dalam mengontrol buang air kecil selama kehamilan.

Hindari Kafein

Ibu yang sering buang air kecil karena penyakit diabetes sebaiknya menghindari minuman yang mengandung kafein, seperti tek dan kopi. Hal ini disebabkan karena minuman tersebut bisa membuat penyakit diabetes yang ibu alami semakin parah. Tidak hanya itu, teh dan kopi juga memiliki dampak buruk lainnya, yaitu dapat membuat cairan urin di dalam kandung kemih menjadi semakin banyak.

Silangkan Kaki

Jika Anda sedang dalam kondisi bersin, batuk, atau tertawa dan tidak dapat menahan buang air kecil, maka sebaiknya lakukan posisi menyilangkan kaki untuk mencegah ngompol, baik ketika posisi duduk ataupun berdiri. Hal ini hanya dapat dilakukan sesekali ketika ibu kesulitan untuk mencari toilet.

Ingat bunda, jangan pernah menahan keinginan buang air kecil terlalu sering. Karena hal ini justru bisa membahayakan bagi kesehatan. Ketika ibu hamil menahan kencing, dialam saluran kencing justru akan timbul endapan yang semakin lama semakin mengeras. Dan lama kelamaan endapan tersebut bisa berubah menjadi batu ginjal.

By Sri Maryati - Gangguan Kehamilan Rabu, 28 September 2016 07:44:10

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Penanganan herpes zoster

    1 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    Selamat malam Bu bidan mau saya Santi Nuranti ibu satu anak usia 23thn,Bu saya sedang hamil 18week dan terdistraksi terkena herpes,awalnya flu dan Kuti pada lengan memerah dan perih lama…

  • Keguguran

    1 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    Pagi Dok. Kemarin saya kan keguguran, namun sampai saat ini saya belum memeriksakan nya dikarenakan banyak halangan, dan rencananya besok saya baru akan periksa. Dari kemarin sampai sekarang saya pendarahan…

  • gatal gatal saat hamil

    1 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    selamat pagi bu bidan, saya mau tanya tentang penyebab dan cara menghilangkan gatal yang berlebihan saat hamil itu bagaimana yah ? gatal yang timbul itu terlalu mengganggu dan saya merasa…

  • usia kehamilan sudah hampir lebih dari 9 bulan tapi bayi belum lahir

    1 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    selamat siang ibu bidan, adik saya sedang mengandung dan sekarang kehamilannya sudah mau 10 bulan, tapi kok belum ada tanda-tanda melahirkan ya? menurut ibu saya, katanya adik saya ini mungkin…

  • Normalkan Merasakan Tegang Di Perut Dalam Kehamilan

    1 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    selamat siang ibu bidan, yang saya ingin tanyakan tentang kehamilan saya apakah normal perut terasa seperti kram, tegang dan sakit padahal kehamilan baru masuk trimester pertama dan ini pengalaman pertama…


Gangguan Kehamilan
Penyebab Dan Akibat Ketuban Pecah Lebih Awal

Ibu hamil sangat penting mengetahui…

Gangguan Kehamilan
Ketahui Bahaya Batuk Bagi Ibu yang Sedang Hamil

Batuk janganlah disepelekan bagi Bunda…

Gangguan Kehamilan
Mengenali Infeksi Cytomegalovirus (CMV) Pada Kehamilan

Pemeriksaan sebelum merencanakan kehamilan sangat…

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top