Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Ikuti Gerakan Senam Hamil Untuk Menghindari Bayi Sungsang

Memang banyak ibu hamil yang mengalami bayi sungsang yang berarti kepala bayi terletak diatas rahim, seharusnya posisi yang baik yaitu kepala bayi berada dibawah rahim. Hal ini membuat para ibu hamil menjadi khawatir karena harus melakukan persalinan caesar jika bayi dalam kandungan keadaan sungsang.


Lalu bagaimana cara mengembalikan posisi bayi sungsang? kali ini curhat bidan akan membantu menghindari posisi bayi sungsang pada bayi dengan gerakan sehat untuk wanita hamil yang harus dilakukan beberapa gerakan seperti berikut ini:

1. Berenang. Salah satu olahraga yang sangat baik untuk ibu hamil yang dapat mengembalikan posisi bayi sungsang karena dengan berenang tubuh dan panggul menjadi longgar.

2. Gerakan Senam Hamil. Dengan posisi menungging kearah samping, tapi jangan sampai menekan perut terlalu kuat, lalu anda dapat mengatur nafas sebanyak 10 kali. Lakukan gerakan ini berulang-ulang sesuai kemampuan anda.

3. Yoga Downward. Posisi senam hamil yang mengangkat perut dan pantat menggunakan kedua kaki dan tangan hingga membentuk posisi melengkung dengan pantat berada diatas.

4. Yoga Headstand. Senam hamil yang sedikit extrim jika anda ingin melakukan gerakan ini harus mendapat bantuan dari orang lain. Bagi ibu hamil yang menderita anemia dan hipertensi dilarang untuk melakukan gerakan ini.

5. Merangkak. Gerakan yang seperti kucing yang sedang merangkak yaitu mulai dari gerakan merangkak kemudian secara perlahan ambil nafas sambil lengkungkan punggung.

Itulah beberapa gerakan senam hamil untuk menghindari bayi sungsang yang dapat anda lakukan di rumah, sangat lebih baik jika mendapatkan intruksi dari instruktur senam yang berpengalaman. Jadi bayi sungsang bukan halangan bagi anda untuk tetap melakukan persalinan secara normal.

By Ana Rediana - Kehamilan Senin, 03 Oktober 2016 08:59:52

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Kehamilan

    1 Balasan

    Kehamilan

    Malam bu bidan, saya via 23 thn. Tadi sore usg uk 8 minggu. Kantung janin sudah ada tapi janin belum ada masih gumpalan darah. Kenapa itu yaa bu bidan

  • Kehamilan

    1 Balasan

    Kehamilan

    Saya sudah telat 17 hari, pas di hari ke 11 saya coba di tes tapi hasil nya negative, saya blm cek lagi takutknya negative, pertanyaannya mungkinkah saya hamil dok, terimakasih

  • Kehamilan

    1 Balasan

    Kehamilan

    Usia sy saat ini 36 tahun. Dan berencana utk program kehamilan. Apakah beresiko dgn usia sy sekarang? Dua kali kehamilan tidak ada masalah. Terima kasih

  • Hamil

    1 Balasan

    Kehamilan

    Selamat siang dok saya mau bertanya, saya telat haid 4hari tapi setelah di test pack hasilnya negatif dok, apa ada kemungkinan untuk saya hamil ? Atau bagaimana ya dok. Terimakasih

  • Pil Kontrasepsi

    1 Balasan

    Kehamilan

    Saya mau tanya setelah berhubungan intim dengan suami saya langsung meminum obat KB apakah masih bisa terjadi kehamilan? sedangkan sperma yang masuk sangan sedikit lebih baik minum obat KB atau…


Kehamilan
Cegah TORCH, Penyebab Cacat Janin

Penyakit TORCH ini dikenal karena…

Kehamilan
Faktor Risiko Kanker Serviks yang Terjadi pada Masa Kehamilan

Kanker serviks bisa menyerang siapa…

Kehamilan
Penanganan Kehamilan di Luar Kandungan/Kehamilan Ektopik

Isu masyarakat mengenani kehamilan di…

Tanya Bidan
Top