Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Tips Cara Untuk Mengurangi Gatal Pada Perut Selama Hamil

Tanya Bidan - Beberapa diantara ibu hamil tentu akan mengalami yang namanya peregangan kulit atau yang akrab kita sebut dengan streatchmark. Ibu hamil yang sedang memasuki usia kehamilan di trisemester ketiga pastinya sering mengalami gatal bahkan kesemutan pada bagian perut, sehingga ibu hamil melakukan gerakan yang tidak disadari yaitu menggaruk perut. Perlu diketahui menggaruk bagian tubuh yang mengalmi gatal saat anda sedang hamil terutama pada bagian perut ibu hamil dan juga payudara bukanlah sebuah solusi yang baik untuk mengurangi gatal.

Karena gatal yang dirasakan pada bagain perut ibu hamil, merupakan suatu gejala kehamilan yang umum dan hampir semua ibu hamil mengalaminya. Janin dalam perut mengalami perkembangan yang mengakibatkan perut membesar, kulit anda menjadi meregang dengan cepat, membuat anda semakin mengurangi kelembaban dan membuat anda gatal dan juga merasa tidak nyaman.

Rasa gatal yang terdapat pada perut bisa disebabkan oleh adanya perubahan hormon, yaitu yang berhubungan dengan peningkatan estrogen didalam tubuh anda. Selain rasa gatal tersebut disebabkan karena kulit kering atau disebabkan karena perkembangan eksim yang memburuk dimasa kehamilan.

Pada umumnya langkah ibu hamil dalam mengurangi rasa gatal tersebut biasanya hanya dengan menahannya atau dengan mengulas bagian perut yang mengalami gatal. Sebenarnya selain dengan cara demikian ada Tips Cara Untuk Mengurangi Gatal Pada Perut Saat Hamil, yang tentunya akan membantu ibu hamil dalam mengatasi gatal supaya tidak menimbulkan bekas dikemudian hari.

Tips Mengurangi Gatal Pada Perut Ibu Hamil

  1. Menggunakan Pakaian yang Longgar
    Pada saat hamil, menggunakan pakaian yang longgar tentunya sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, selain akan membuat nyaman ketika dikenakan, pakaian yang longgar juga akan membantu anda menguarngi rasa gatal pada bagian perut. Anda bisa memilih pakaian yang bisa mendukung kegitan sehari hari hari anda, atau anda juga bisa memilih pakaian yang berbahan katun sehingga mudah untuk bisa menyerap keringat anda.

  2. Gunakankan Minyak Lidah Buaya atau Olive Oil
    Oleskan saja minyak lidah buaya atau olive oil pada bagian tubuh yang biasa akan mengalami gatal, langkah ini sangat efektif untuk mencegah rasa gatal saat anda hamil, terutama pada bagian perut supaya tidak menimbulkan stretch mark. Cara ini bisa dilakukan setelah mandi, dan oleskan secara merata.

  3. Menghindari Air Hangat
    Bila anda mandi dengan air hangat, maka akan mengurangi kinerja dari minyak lidah buaya, selain itu menggunakan air hangat juga akan menyebabkan kulit menjadi kering dan bisa menambah rasa gatal tersebut.

  4. Menggunakan Bakin Soda dan Air
    Bakin soda yang dicampur dengan air hingga menjadi pasta bisa anda oleskan pada kulit yang memiliki bercak bercak iritasi. Hal ini akan membantu mengurangi rasa gatal. Setelah pasta yang dioleskan mengering anda dapat membilasnya dengan air sampai bersih.

  5. Penuhi Asupan Cairan yang Dibutuhkan Tubuh
    Mengkonsumsi cairan yang dibutuhkan oleh tubuh merupakan salah satu cara terbaik dimasa kehamilan anda, selain akan memenuhi kebutuhan cairan juga bisa melembabkan kulit anda dan juga akan terhindar dari rasa gatal yang berlebih pada bagian perut.  Baca juga : Pentingnya Asupan Kalsium Saat Masa Kehamilan

  6. Jangan Menggunakan Sabun Mandi
    Memilih sabun mandi untuk menghilangkan rasa gatal pada bagian perut, bukanlah sebuah solusi yang tepat, dan sabun mandi yang tidak disarankan adalah sabun mandi yang memliki aroma sehingga akan menambah rasa gatal dan juga mengembangkan iritasi pada kulit perut anda.

Itulah beberapa diantaranya yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini semoga informasi ini bisa membantu para ibu hamil dalam cara dan langkah mengurangi serta menghilangkan gatal pada perut selama kehamilan.

By Nita Tri Mustika - Kehamilan Selasa, 04 Oktober 2016 07:56:27

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Faktor yang berpengaruh agar memiliki bayi kembar

    1 Balasan

    Kehamilan

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya apa saja faktor yang dapat berpengaruh agar memiliki bayi kembar pada keluarga yang tidak mempunyai riwayat anak kembar. Mohon penjelasannya

  • Kuret Akibat Keguguran

    1 Balasan

    Kehamilan

    Siang Dok. Saya wanita berusia 27 Tahun. Kemarin saya melakukan kuret di Rumasakit. Tetapi kenapa ya, ko setelah kuret ini saya merasakan meriang dan demam walau demam tidak begitu tinggi.…

  • hamil pasca operasi kehamilan ektopik

    0 Balasan

    Kehamilan

    Selamat sore buk,, saya mau tanya seputar kehamilan pasca operasi kehamilan ektopik di saluran tuba....pada bulan maret saya mengalami kehamilan ektopik,umur janin sudah 2 bulan,kemudian dokter menyarankan agar saya melakukan…

  • Penanganan herpes zoster

    1 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    Selamat malam Bu bidan mau saya Santi Nuranti ibu satu anak usia 23thn,Bu saya sedang hamil 18week dan terdistraksi terkena herpes,awalnya flu dan Kuti pada lengan memerah dan perih lama…

  • puasa dan berat badan janin

    0 Balasan

    Kehamilan

    selamat siang, saya mau tanya sekarang saya memasuki umur kehamilan 30w berdasar hasil USG terakhir berat badan janin saya 1,04 kg apa berat tersebut kurang? dan jika saya berpuasa ramadhan…


Kehamilan
Pentingnya Kenaikan Berat Badan Saat Hamil

Kenaikkan berat badan saat hamil…

Kehamilan
Kehamilan
Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top