Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Beberapa Masalah Menstruasi Yang Mengganggu Kesuburan

Beberapa Masalah Menstruasi Yang Mengganggu Kesuburan - Bidan Online,- Masalah mentruasi memang tidak bisa di anggap sepele, siklus haid yang teratur dan lancar akan sangat memberikan peluang besar untuk anda mendapatkan momongan. Apalagi untuk anda pasangan suami istri yang sedang menjalankan program hamil. Mentruasi yang teratur dan lancar akan sangat membantu anda mengathui terjadinya ovulasi ataupun menentukan masa subur. Namun tentunya menstruasi datang dengan bernbagai gejala yang bahkan menyiksa bagi sebagian wanita. Masalah yang timbul pada saat menstruasi tersebut ternyata dapat mengganggu kesuburan seorang wanita. Maka untuk anda kaum wanita jangan anggap sepele apabila mengalami riwayat mestruasi yang ganjal, karena dapat berpengaruh pada kesuburan.

Tahukah anda jika gangguan yang di rasakan saat menstruasi dapat mengganggu kesuburan tentunya waspadai jika anda mengalami beberapa masalah menstruasi seperti berikut ini.

Haid tidak teratur
Tidak sedikit wanita yang mengalami hal seperti ini. Siklus haid yang tidak teratur, siklus haid yang tidak teratur bisa berlangsung kurang dari sebulan ataupun lebih dari 1 bulan. Siklus haid yang tidak teratur tersebut sapat menggnaggu proses ovulasi bahkan ovulasi tidak terjadi secara rutin. Tidak hanya itu masalah menstruasi yang tidak ruti tersebut juga akan membuat anda sulit mendeteksi masa subur.

Untuk anda yang ingin mengethaui apakah siklus haid anda lancar apa tidak lakukan saja perhitungan. Biasanya siklus haid ayang wajar terjadinya selama 24 sampai 35 hari. Caranya jumlahkan hari pertama mentruasi terakhir  sampai hari pertama anda mentruasi selanjutnya. Tentunya jika hasil yang di dapatkan kurang ataupun lebih dari batas wajar diatas maka segera atasi dengan mendatangi dokter spesialis kandungan.

Haid saat usia 18 tahun
Secara medis haid yang anda dapatkan pada usia 18 tahun tergolong terlambat. Mentruasi pada saat anda berusia 18 tahun dapat disbebakan karena adanya hormon yang tidak seimbang dan gangguan disfungsi hormon endorkin. Hal tersebut tentunya dapat mengganggu refproduksi bahkan yang lebih parahnya lagi dapat menyebabkan infertilitas.

Rasa nyeri panggul pada saat haid
Yah sakit pada punggul saat menstruasi memang dapat di katakan hal yang wajar dan banyak di rasakan setiap wanita. Namun apa jadinya jika rasa nyeri yang di timbulkan melebihi batas? Nyeri pada pnaggul hingga keram parah bisa saja menjadi gejala dari adanya masalah pada reproduksi seperti endometriosis ataupun adhesi panggul. Kedua masala tersebut bahkan bisa menyebabkan infetilitas pada wanita.

Adanya bercak darah
Bercak darah berwarna merah cerah yang keluar di antara periode siklus. Nah hal ini harus mendapatkan perhatian khusus dan lebih baik langsung memeriksakan diri ke dokter. Bercak  darah yang kleuar di luar siklus haid tentunya harus mendapatkan perhatian lebih. Karena bisa saja pendarahan yang keluar di luar siklus haid ini mengarah pada adanya masalah infeksi, keguguran, kehamilan ektopik, hingga masalah plasenta.

Mentruasi yang terlalu ringan bahkan terlalu berat
Anda harus lebih sadar jika mentruasi yang dirasakan terlalu ringan ataupun terlalu berat akan sangat berakibat pada kesuburan. Jika keadaan tersebut terjadi secara rutin maka ini menandakan adanya masalah yang dapat mengganggu kesuburan dan masalah ovulasi.

Baca juga:

Penyebab Impotensi Pada Pria

Tips Merawat Vagina Yang Benar

Tips Berhenti Meroko Agar Terhindar Infertilitas

By Fitriani - Masa subur Sabtu, 08 Oktober 2016 12:46:31

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Kemoterapi Menyebabkan Infertilitas ?

    1 Balasan

    Masa subur

    Assalamualaikum, selamat pagi bu bidan ... Saya mau tanya perihal kemandulan pada pria, sebenarnya berapa lama sih seorang pria itu mengalami kemandulan setelah melakukan kemoterapi ? Apakah tumor di hidung…

  • Mengkonsumsi folavit bisa meningkatkan kesuburan ?

    1 Balasan

    Masa subur

    Halo bu bidan saya Resi Wulansari, selamat pagi bu . Bu saya saat ini sedang mengkonsumsi folavit dan sudah berjalan satu bulan. Saya searching di internet kalau folavit katanya bisa…

  • Sperma Keluar Saat Sedang Cemas

    1 Balasan

    Masa subur

    Halo Selamat Pagi Bu Bidan, saya Edhy Prayoga. Begini, saya sering mengalami kalau sperma saya itu keluar dengan sendirinya setiap saya sedang merasa cemas dan hal itu terjadi baik saat…

  • Kehamilan Setelah KB

    1 Balasan

    Masa subur

    Assalamualaikum bu bidan ... Nama saya Disti Hanifa, saya sudah menikah sekitar 4 bulan ini dan kemarin saya mengaja menggunakan KB jenis suntik 1 bulan sekali untuk menunda kehamilan dan…

  • Apakah masturbasi mempengaruhi kesuburan?

    1 Balasan

    Masa subur

    Selamat malam bu bidan saya mau tanya apakah onani atau masturbasi bisa mempengarhi kesuburan? Mohon jawabannya


Masa subur
Manfaat Ginseng Untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

Manfaat Ginseng Untuk Meningkatkan Kesuburan…

Masa subur
Ketahui Beberapa Gejala Infertilitas Pada Wanita

Gejala infertilitas pada wanita yang…

Masa subur
Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top