Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Pentingnya Asupan Vitamin B Kompleks Saat Masa Kehamilan

Saat masa kehamilan, Anda harus lebih memperhatikan kondisi kesehatan tubuh dan kesehatan bayi yang dikandung, karena kesehatan janin yang dikandung dipengaruhi oleh kesehatan ibu. Selain itu, asupan makanan ibu juga mesti diperhatikan kandungan gizinya.

Salah satu vitamin atau zat gizi yang perlu diperhatikan selama kehamilan diantaranya yaitu vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks sangat baik untuk kesehatan, terutama bagi ibu dan janin selama dalam kandungan. Selain itu, berikut ini ulasan artikel kesehatan mengenai pentingnya asupan vitamin B kompleks saat masa kehamilan.

Pentingnya Asupan Vitamin B Kompleks Saat Masa Kehamilan


Produksi energi dalam tubuh
Ibu hamil membutuhkan energi yang lebih besar dibandingkan dengan ibu yang tidak hamil. Hal ini dikarenakan kebutuhan energi tersebut dibagi-bagi dengan janin yang ia kandung. Maka dari itu, konsumsi makanan bervitamin B kompleks sangat cocok diberikan saat hamil untuk menambah energi. Karena, vitamin B kompleks dalam tubuh akan bekerja mengubah karbohidrat menjadi glukosa. Glukosa inilah yang nantinya akan menghasilkan energi didalam tubuh.

Menurunkan risiko bayi cacat lahir
Vitamin B kompleks dapat menurunkan risiko bayi lahir cacat, terutama yaitu fungsi dari vitamin B9 atau asam folat. Maka dari itu, ibu yang tengah hamil sebaiknya perbanyak asupan makanan bervitamin B kompleks, supaya kebutuhan vitamin B kompleks tersebut dapat terpenuhi dengan cukup.

Mengoptimalkan pertumbuhan janin
Janin yang tumbuh dengan baik akan melahirkan bayi yang sehat dan memiliki tingkat kecerdasan yang baik pula. Maka dari itu, bagi ibu yang sedang hamil disarankan untuk mengonsumsi asupan makanan bervitamin B kompleks dengan cukup dan rutin.

Mengatasi masalah kolesterol
Seperti yang telah dikatakan diatas, bahwa kesehatan ibu bisa mempengaruhi kesehatan janin pula. Maka dari itu, untuk mencegah kolesterol naik pada ibu sebaiknya ibu seringlah mengonsumsi makanan bervitamin B kompleks untuk menyeimbangkan kolesterol didalam tubuh.

Meningkatkan sistem imun
Sistem kekebalan tubuh ibu hamil perlu lebih tinggi karena ibu yang sedang hamil lebih rentan terkena penyakit. Dengan mengkonsumsi vitamin b kompleks maka akan meningkatkan sistem imun ibu yang sedang hamil sehingga tidak mudah terserang penyakit dan calon bayi kesehatannya tetap terlindungi dengan baik.

Menjaga kerja sistem pencernaan
Vitamin B kompleks memiliki sifat larut dalam air sehingga akan membantu melancarkan kerja sistem pencernaan didalam tubuh. Vitamin B kompleks juga bekerja lebih aktif dalam hal melancarkan sistem pencernaan diantaranya yaitu vitamin B1, B2, B3 dan B6. Jika ibu hamil mengalami gangguan sistem pencernaan maka akan mengganggu kesehatan ibu atau pun yang ada dalam kandungan.

Meningkatkan memori dan konsentrasi otak
Vitamin B kompleks yang bekerja dalam fungsi ini diantaranya vitamin B6, B9 serta B12. Hal ini sangat baik juga untuk ibu yang sedang hamil sehingga akan semakin meningkatkan kesehatan janin serta ibu.

Menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku
Vitamin B kompleks dapat membantu menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku. Jika kesehatan ibu hamil baik dan terjaga sehingga ibu juga bisa lebih berkonsentrasi untuk meningkatkan gizi yang dikonsumsi agar bayi bisa lahir dengan lebih sehat.

Menjaga sistem saraf dalam tubuh

Sistem saraf adalah hal yang berhubungan dengan otak dan jiwa. Jika sistem saraf sampai menyerang organ-organ penting dalam tubuh maka dapat berbahaya. Maka dari itu, dengan mengonsumsi asupan vitamin B kompleks maka Anda dapat terhindar dari gangguan sistem saraf dalam tubuh dan menjaga sistem saraf tetap bekerja dengan baik. Hal ini sangat penting bagi ibu hamil karena berhubungan dengan janin yang dikandungnya. Karena, jika sistem saraf ibu terganggu maka kesehatan janin pun ikut terganggu.

Maka dari itu, sebaiknya Anda selalu memperhatikan asupan gizi dan nutrisi selama masa kehamilan. Jika Anda berniat untuk berkonsultasi pada curhat bidan. Silahkan berkomentar disini yah.

By - Kehamilan Senin, 17 Oktober 2016 09:01:52

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Kehamilan

    1 Balasan

    Kehamilan

    Usia sy saat ini 36 tahun. Dan berencana utk program kehamilan. Apakah beresiko dgn usia sy sekarang? Dua kali kehamilan tidak ada masalah. Terima kasih

  • Hamil

    1 Balasan

    Kehamilan

    Selamat siang dok saya mau bertanya, saya telat haid 4hari tapi setelah di test pack hasilnya negatif dok, apa ada kemungkinan untuk saya hamil ? Atau bagaimana ya dok. Terimakasih

  • Pil Kontrasepsi

    1 Balasan

    Kehamilan

    Saya mau tanya setelah berhubungan intim dengan suami saya langsung meminum obat KB apakah masih bisa terjadi kehamilan? sedangkan sperma yang masuk sangan sedikit lebih baik minum obat KB atau…

  • posisi tidur hamil menginjak 8 bulan

    1 Balasan

    Kehamilan

    saya hamil menginjak usia 8 bulan. saat sedang tidur posisi miring ke kanan memang tidak nyaman karena janin seperti menolak dan menendang2, bentuk perut pun jadi menggantung. tapi akhir-akhir ini…

  • hamil 2 bulan

    1 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    selamat sore bu bidan, saya devy 29th, saat ini saya kehamilan kedua.. yg pertama dulu saya pernah keguguran, dan berharap kehamilan saya yg kedua ini sehat2 saja,, tapi akhir2 ini…


Kehamilan
Posisi Tidur Nyaman Saat Kehamilan Menginjak 8 bulan

Posisi Tidur Nyaman Saat Kehamilan…

Kehamilan
Bantu Lancarkan Persalinan Dengan Berjalan Kaki Dipagi Hari

Bantu Lancarkan Persalinan Dengan Berjalan…

Kehamilan
Tanya Bidan
Top