×

Manfaat Bermain Puzzle Untuk Perkembangan Motorik Anak

Bagikan Artikel :

Bidan online | Pada zaman yang serba canggih dengan berbagai teknologi seperti sekarang ini, kita tidak aneh lagi jika sering melihat anak-anak membawa gadget untuk memainkan game favorit mereka. Padahal banyak sekali permainan sederhana yang juga tak kalah seru dan mengandung banyak manfaat untuk buah hati anda. Selain itu, beberapa permainan juga dapat membantu dalam perkembangan emosi anak.Dan sa;ah satunya adalah manfaat bermain puzzle.

Anda dapat mencoba memperkenalkan permainan puzzle kepada anak sejak dini. Puzzle sendiri adalah permainan menyusun gambar, yang mana gambar akan di acak terlebih dahulu. Sehingga anak akan mencoba menyusunnya di dalam bingkai dengan menghubungkan potongan-potongan kecil sehingga menjadi gambar yang utuh. Pada umumnya kepingan gambar tersebut dibuat tidak simetris sehingga membuat kepingan gambar tersebut unik dan juga mudah untuk di susun. Pilihlah potongan puzzle yang tidak terlalu rumit untuk metode awal mengenalkan permainan ini kepada anak anda.

Namun tahukah anda? Ternyata permainan yang sederhana ini memiliki banyak manfaat terlebih dalam membantu perkembangan motorik dan emosi anak.

Dan inilah beberapa manfaat bermain puzzle bagi anak:

1. Problem solving

Salah satu manfaat dari permainan puzzle bagi anak adalah dapat membantu meningkatkan kinerja anak dalam memecahkan atau menyelesaikan suatu masalah. Permainan ini akan membantu anak anda berfikir dari berbagai sudut pandang untuk menyelesaikan potongan-potongan puzzle sehingga membentuk sebuah gambar. Dengan bermain puzzle juga dapat membantu anak untuk mencapai suatu tujuan dan memiliki suatu yang di banggakan sehingga membuatnya terdorong untuk tetap tekun menghubungkan potongan-potongan puzzle. Hal ini akan mendorong anak untuk belajar dan mencoba untuk memecahkan masalahnya denga cara maupun sudut pandang yang bervariasi.

2. Mengembangkan keterampilan motorik anak

Dengan bermain puzzle, anak perlu mengambil sesuatu yang membuat garis dan memindahkan barang tanpa harus membuatnya menjadi rusak. Dan hal tersebut merupakan salah satu cara yang dapat menambah keterampilan motorik. Dan bukan hanya dalam gerakan dasar, dengan bermain puzzle juga akan membantu dalam mengontrol gerakan dan meletakkan sesuatu di tempatnya. Dengan permainan yang dapat melatih keterampilan motorik ini, anak terbantu untuk berlatih akan kemampuannya, seperti menulis dan juga makan yang baik.

Related Posts :

    3. Mengembangkan keterampilan kognitif

    Manfaat bermain puzzle lainnya untuk anak adalah dapat melatih anak untuk mengenali ukuran, gambar, dan bentuk yang berbeda sehingga membantu anak dalam meletakkan potongan puzzle dalam segala secara harmonis dan bersamaan. Dan dengan latuhan tersebut, maka membuat anak anda berlatih kemampuan kognitif. Peranan ini akan membantu dalam dasar-dasar yang di lakukan termasuk dalam mengenal alfabet, objek serta hitungan yang menjadi dasar pembelajarannya.

    4. Mengembangkan koordinasi mata dan juga tangan

    Puzzle adalah mainan untuk memilih berbagai bentuk, gambar dan juga warna untuk di susun menjadi suatu gambar yang utuh. Dan dengan ragam yang berbeda tersebut memaantu anak dalam meningkatkan koordinasi mata dan tangan mereka. Anak anda akan di latih untuk meletakkan potongan puzzle dengan membentuk beberapa bagian yang berbeda-beda. Sehingga membuat anak belajar dalam melibatkan berbagai gerakan dan juga konsentrasi pada saat waktu yang bersamaan.

    5. Melatih kesabaran anak

    Dengan bermain puzzle juga melatih kesabaran anak. Karena dalam bermain puzzle anak di tuntut untuk menggabungkan potongan puzle dalam kotak yang telah di sediakan. Anak akan berlatih sabar dalam menjalankan proses hingga menemukan goal yang di inginkan. Sehingga puzzle termasuk ke dalam mainan anak yang tepat untuk anda berikan kepada sang buah hati.

    Nah itulah manfaat puzzle bagi anak dan perkembangan motoriknya. Puzzle sendiri dapat di gunakan untuk anak mulai berusia 10 bulan  dengan kepingan puzzle yang sedikit dan cukup mudah. Semakin tinggi usia anak, anda dapat mengenalkan puzzle dengan kerumitan yang semakin tingi pula.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 1, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : wahyu
  • 5 tahun, 11 bulan yang lalu

    Malam bu bidan, saya via 23 thn.
    Tadi sore usg uk 8 minggu. Kantung janin sudah ada tapi janin belum ada masih gumpalan darah.
    Kenapa itu yaa bu bidan

    Seputar payudarah

  • Oleh : Risma Syifa
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum. Malam bu bidan, saya mau tanya sempat beberapa kali puting saya mengeluarkan bercah putih sehabis mandi tapi alhamdulillah sudah lama tidak. Tapi kalo sama melakukan sadari alhamdulillah tidak ada keluar cairan seperti yang bu bidan katakan diyoutube. Itu kenapa ya bu?

    Sakit Dada Tiba Tiba

  • Oleh : Atha
  • 5 tahun, 7 bulan yang lalu

    Pagi dok, saya mau bertanya, 3 bulan yang lalu saya melakukan operasi pengangkatan penyakit tumor payudara. Saat ini sudah 2 hari saya sering kali merasakan nyeri dibagian dada yang bisa datang secara tiba tiba. Biasanya saat bergerak saya merasakan sakit dan menghambat aktivitas saya. Saya mau bertanya, apa yang menyebabkan hal ini terjadi? apakah mungkin ini efek samping dari operasi tersebut?

    bagaimana cara merawat kulit bayi baru lahir

  • Oleh : Alfiyah
  • 7 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau nanya bagaimana cara merawat kulit bayi yang baru lahir. Bulan lalu saya melahirkan dan masih bingung untuk perawatan kulit anak saya. Saya takut salah pakai produk untuk bayi karena kulit bayi baru lahir katanya sangat sensitif mohon di jawab ya bu bidan terima kasih sebelumnya

    darah menstruasi

  • Oleh : anggun nabila
  • 1 tahun yang lalu

    dok mau tanya kenapa ya darah menstruasi ya berwarna coklat seperti keputihan dari itu darah mens sudah 3 bulan dok seperti itu terus darah nya

  • Oleh : anggun nabila
  • Tanya Bidan