×

Ketahui Hal Ini Dapat Mengganggu Kesuburan Pria dan Wanita

Bagikan Artikel :

Ketahui Hal Ini Dapat Mengganggu Kesuburan Pria dan WanitaBidan Online,- Tingkat kesuburan baik pria dan wanita yang sehat tentunya akan sangat mempermudah membuka peluang terjadinya kehamilan. Namun apa jadinya jika tingkat kesuburan baik pria ataupun wanita terganggu, tentunya masalah baru akan muncul yaitu sulit untuk mendapatkan momongan. Infertilitas atau mandul memang menjadi satu masalah yang sangat komplek bahkan tidak sedikit pasangan yang merasa frustasi akan hal tersebut. Meskipun penyebab infertilitas atau ketidaksuburan tidak diketahui semuanya, namun ketidaksuburan sangat erat kaitannya dengan gaya hidup. Mungkin juga anda belum sadar atau tidak terlalu tahu jika beberapa kebiasaan dapat mengganggu bahkan menurukan tingkat kesuburan anda. Maka dari itu sangat penting mengetahui beberapa kebiasaan yang dapat mengganggu kesuburan sebagai langkah awal pencegahan.

Pola hidup memang sangat berpengaruh pada tingkat kesuburan seseorang, namun tidak hanya itu beberapa kebiasaa berikut ini dipercaya dapat menurunkan kesuburan baik pada pria dan wanita. Nah jika anda sedang dalam masa promil sebaiknya menhindari beberapa kebiasaan berikut ini agar kesuburan anda tidak terganggu.

Tidak merawat kesehatan gigi
Mungkin banyak yang tidak berpikiran jika kesehatan gigi ini sangat berpengaruh pada kesuburan bahkan terdengar asing bukan. Kesehatan gigi yang terjaga memiliki hubungan yang sangat erat pada kualitas sperma pria, dikatakan jika kesehatan mulut yang buruk pada pria dapat mengganggu kualitas sperma. Tidak hanya itu masalah gigi yang buruk juga dapat meningkatkan resiko terjadinya kelahiran prematur dan berat badan bayi yang rendah saat lahir. Nah muali sekarang rajinlah mengontrol kesehatan gigi secara rutin dan pastikan gigi anda sehat sebelum program hamil.

Stres
Bukan sebuah rahasia lagi jika stres sangat dapat berpengaruh pada pada tingkat kesuburan. Diketahui wanita dengan tingkat stres berat akan sulit hamil itu terjadi karena memang stres dapat mengganggu kesuburan. Stres memang menjadi satu hal yang banyak di rasakan semua orang entah stres karena pekerjaan ataupun masalah lainnya. Dalam beberapa kasus stres juga dapat meningkatkan resiko disfungsi ereksi pada pria. Perlunya mengelola stres agar tidak semakin berlarut-larut menjadi salah satu solusi yang ampuh agar tingkat kesuburan anda tidak terganggu. Ada banyak cara mengelola stres yang benar bisa dengan yoga, akupunter, hingga pijat.

Terpapar BPA
BPA merupakan senyawa kimia yang banyak di temukan pada barang-barang berbahan plastik. Telah banyak penelitian yang menyebutkan jika paparan BPA yang tinggi bisa berpengaruh pada kesuburan, menurunkan jumlah sperma, hingga sel telur. Pastikan anda memakai wadah plastik yang aman juga hindari mengkonsumsi makanan dalam kaleng karena tingkat BPA yang lebih tinggi.

Celana dalam terlalu ketat
Penggunaan celana dalam terlalu ketat memang tidak baik bagi kesehatan. Celana dalam yang terlalu ketat dapat menurunkan jumlah sperma dan ferilitas karena celana dalam ketat dapat membuat suhu area testis menjadi panas sebab penyempitan pada pangkal paha. Tidak hanya itu penggunaan celana dalam terlalu ketat juga pada wanita dapat menyebabkan infeksi vagina yang dapat berimas pada terganggunya organ reproduksi.

Related Posts :

    Gadget
    Tidak asaing lagi saat ini semua orang pastinya mempunyai gadget. Apalagi teknologi semakin canggih maka tidak heran jika orang-orang tidak bisa lepas dari gadget. Handphone yang terlalu lama disimpan didalam saku celana ternyata dapat menyebabkan radiasi pada testis. Dan dalam waktu yang cukup lama akan menyebabkan disfungsi ereksi dan infertilitas. Tidak hanya telepon gengam saja, kebiasaan meletakan laptop di pangkuan dalam waktu lama dapat membuat panas pada testis sehingga bisa berpengaruh pada rusaknya kualitas sperma.

    Mandi air panas
    Memang mandi dengan air panas dapat membuat tubuh menjadi rileks. Namun apa jadinya jika anda terlalu sering mandi dengan air hangat khsusunya untuk kaum pria. Mandi air hangat dapat memicu ketidasuburan karena air panas yang mengenai area testis dapat merusak kualitas sperma. Bahkan sebuah penelitian juga menyebutkan jika terlalu sering duduk di sauna dapat berpengaruh besar pada ketidaksuburan pria.

    Baca juga:

    Manfaat Omega 3 Untuk Mendongrak Kesuburan

    Penyebab Impotensi Pada Pria

    Tips Merawat vagina Agar Terhindar Infertilitas

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 12, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Cara Mencegah Virus Zika

  • Oleh : Hasya
  • 7 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Sekarang ini lagi heboh penyebaran virus zika yang tengah masuk ke Singapura dan ditakutkan juga bisa masuk ke Indonesia. Lalu, bagaimana cara kita, terutama ibu hamil bisa terhindar dari virus zika tersebut ? Katanya yang dengar, virus zika bisa mengganggu perkembangan otak bayi dan membuatnya cacat otak. Mohon penjelasannya bu, terimakasih

  • Oleh : Hasya
  • Kehamilan

  • Oleh : Suci Satwari
  • 4 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dok,saya suci mau nanyak,
    Semenjak nikah udh 1,5 tahun saya haid sebulan 2x.
    D USG kata dokter hormon.
    Saya pengen punya momongan.
    Apakah bahaya haid sebulan 2x dok

    Keputihan

  • Oleh : Suci Rahmadhani
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya? Saya mengalami keputihan yg sangat berbau, saya mengalami ini hampir 2bulanan. Rasa ga pede deket orang sekitar dan ga nyaman dok. Gimana cara mengatasi nya ya?

    Makan semangka

  • Oleh : Ummu khalid
  • 6 tahun, 6 bulan yang lalu

    Pada ibu hamil dengan mengkonsumsi semangka baik ndag dokter.

    Payudara laki laki besar sebelah

  • Oleh : Muhammad Ramadhan
  • 3 tahun, 5 bulan yang lalu

    Gimana cara mengobati nya ?

  • Oleh : Muhammad Ramadhan
  • Tanya Bidan