Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Manfaat Babymoon Bagi Ibu Hamil

Tanya Bidan - Ternyata tidak sedikit manfaat dari babymoon bagi ibu hamil. Untuk mempersiapkan diri menjadi orang tua, anda dan pasangan mungkin seharusnya mencoba babymoon. Istilah babymoon sendiri diperkenalkan oleh seorang wanita bernama Sheila Kitzinger asal Inggris, yaitu seorang penulis buku mengenai kehamilan dan kelahiran.


Kitzinger mengatakan bahwa babymoon adalah honeymoon sebelum anda melahirkan si mungil. Jika honeymoon dilakukan sesudah menikah maka babymoon bisa dilakukan sebelum atau sesudah anda melahirkan. Dimasa-masa ini anda dan pasangan dapat menikmati kenyamanan dan ketenangan diberbagai tempat eksotis sebelum akhirnya menjadi orangtua dan kekurangan waktu tidur nantinya demi mengurus buah hati.

Manfaat Babymoon Bagi Pasangan Suami Istri

Babymoon tentu dapat membawa dampak positif untuk calon ibu dan ayah. Anda yang biasanya tidur dengan tepat waktu, nanti akan sedikit kaget ketika mempunyai bayi dan tidak bisa tidur karena bayi anda bisa saja terbangun diwaktu tengah malam selang dua jam sekali. Disaat anda sama pasangan sedang melakukan babymoon, anda harus mampu memaksimalkan waktu berduaan, buat sebuah Qtime yang tidak terlupakan.

Selain sebelum melahirkan, kegiatan babymoon juga bisa dilakukan setelah anda melahirkan yang bisa membantu anda dan si kecil mempunyai hubungan menyusui yang kuat. Bayi yang sering menerima skin to skin contact dengan anda akan melewati proses menyusui dengan baik, tekanan darah dan detak jantung yang normal, punya temperatur, dan juga jarang menangis.

Manfaat babymoon yang lainnya yaitu membantu anda sembuh setelah melahirkan. Babymoon membuat anda lebih santai dalam menghadapi persalinan dan mengurus bayi, hal ini ternyata mampu mengurangi pendarahan serta bisa mempercepat proses penyembuhan anda setelah melahirkan.

Waktu Yang Tepat Untuk Babymoon

Babymoon setelah melahirkan biasanya dilakukan sebelum si mungil berusia 40 hari. Penjelasan dari American Congress Of Obsteticians Gynecologist atau ACOG, waktu yang paling tepat untuk bepergian disaat hamil adalah ketika usia kehamilan 14 hingga 28 minggu saat trimester kedua. Karena diwaktu trimester kedua kehamilan bisa dibilang merupakan saat kondisi kandungan anda tidak begitu mengkhawatirkan.

Menurut penjelasan Holly S. Purits, MD dari ACOG, anda harus berhenti travelling ketika usia kehamilan sudah menginjak 32 minggu. Diusia tersebut anda sebaiknya jangan bepergian terlalu jauh dari tempat merencanakan untuk melakukan persalinan. Bagaimana sekarang? Anda tertarik berbabymoon setelah mengetahui manfaat babymoon bagi ibu hamil.

By Ana Rediana - Kehamilan Senin, 14 November 2016 08:15:50

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Mempertanyakan apakah keguguran apa tidak

    0 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    Assalamualaikum dok saya mau tanya,saya mengalami keluar gumpalan darah dan rasa sakit pada bagian bawah perut apakah saya mengalami keguguran atau tidak

  • Cepat hamil selepas kb

    1 Balasan

    Kehamilan

    Salamualikum Dok saya lepas kb bulan 2 sekarang bulan 9 mengapa saya tak kunjung hamil

  • Cepat hamil selepas kb

    1 Balasan

    Kehamilan

    Salamualikum Dok saya lepas kb bulan 2 sekarang bulan 9 mengapa saya tak kunjung hamil

  • Menstruasi yang tidak teratur

    0 Balasan

    Kehamilan

    Selamat pagi bu bidan, aku mau tanya, siklus haid aku setiap bulannya selalu terlambat maksimal setelah meikah april tahun ini telat 1 minggu. hal demikian kenapa terjadi ya bu bidan,…

  • Keputihan selama kehamilan berbahayakah

    0 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    Halo dok.. Sy tuti, skrg sy sdg hamil dg uk 24w. S mengalami keputihan selama kehamilan. Apakah itu wajar? Awalnya keputihan normal berwarna putih sperti lendir, tp masuk trimester 2…


Kehamilan
Beberapa Hal yang Sebaiknya Dihindari Saat Hamil 8 Bulan

Demi menjaga kondisi kehamilan tetap…

Kehamilan
Posisi Duduk Yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil Muda dan Tua

Posisi duduk berbahaya bagi ibu…

Kehamilan
Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top