Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Menjaga Nafsu Makan Selama Kehamilan Dengan 8 Tips Berikut Ini

Tanya Bidan - Saat memasuki usia kehamilan pertama, ada diantaranya keluhan yang sering dialami seperti salah satunya kehilangan nafsu makan sehingga makanan yang memiliki nutrisi serta gizi yang baik guna memenuhi kebutuhan akan gizi janin dalam kandungan sering terabaikan.

Dimasa awal kehamilan penting bagi kita untuk tetap menjaga nafsu makan. Karena jika anda membiarkan hilangnya nafsu makan ini akan membayakan kesehatan ibu dan janin yang dikandung. Karena ada beberapa diantaranya kondisi yang mungkin akan dialami bila anda membiarkan pola makan anda tidak teratur dengan baik seperti keluhan mual, pegal, sembelit bahkan sampai bisa mengalami gangguan kesehatan pada gigi dan gusi. 

Sedangkan bagi janin dalam kandungan bisa menyebabkan terhambatnya pertumbuhan janin dan bisa mempengaruhi kekebalan tubuh setelah bayi anda lahir.

8 Tips Menjaga Nafsu Makan Selama Masa Kehamilan 


  1. Mengatur Asupan Makanan yang mengandung Serat
    Memang tidak dipungkiri kebutuhan akan asupan serat sangat dibutuhkan apalagi selama kehamilan. Dikarenakan hal ini berhubungan dengan adanya resiko sembelit yang akan semakin tinggi seiring dengan bertambahnya usia kandungan.

    Namun perlu untuk diperhatikan juga kandungan air yang terkandung dalam makanan yang mengandung serat akan membuat anda merasa kenyang. Sehingga bagi anda yang memiliki masalah dengan nafsu makan sebaiknya mengatur makanan yang mengandung serat ini

  2. Mengkonsumsi Sup
    Ketika anda kehilangan nafsu makan untuk mengkonsumsi nasi, alangkah lebih baiknya memilih sup makaroni atau sup jagung sebagai menu makan anda. Pilihlah juga sup yang mengandung beragam variasi sayuran dan rendah lemak. Dan bila anda membuatnya dirumah anda bisa membuat kaldu yang lebih jernih guna menghindari lemak.

  3. Atasi Masalah Nafsu Makan Dengan Salad.
    Pilihlah salad buah atau salad sayuran sebagai menu makanan guna mengatasi masalah nafsu makan ketia siang hari menjelang petang. Karena salah satu studi telah menemukan ketika orang mengkonsumsi salad hal ini aman membantu menjaga tubuh anda dari beberapa makanan yang mengandung kalori. Sehingga hal ini bisa menjaga makanan secara keseluruhan.

  4. Mengatasinya Dengan Buah Jeruk
    Seperti penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwasannya makanan nabati rendah kalori yang juga kaya akan serat seperti buah jeruk dan jeruk bali bisa membatu tubuh kita ikut merasa kenyang lebih cepat dan menjaga gula darah anda tetap stabil.

  5. Konsumsi Susu Rendah Lemak
    Cara terbaik bagi ibu hamil guna mendapatkan lebih dari dua protein sekaligus sebagai salah satu langkah mengatur nafsu makan yaitu dengan meningkatkan asupan mengkonsumsi susu rendah lemak. Bunda yang mengkonsumsi susu dimasa kehamilan selain bisa mendapatkan nutrisi tambahan untuk janin, anda juga bisa mendapatkan energi.

  6. Mengkonsumsi Makanan Olahan Kedelai
    Perlu diketahui kedelai memiliki protein, lemak serta karbohidrat. Hal itu saja sudah cukup membuktikan bahwa makan olahan kedelai lebih memuaskan dan juga lebih cenderung menjaga selera nafsu makan dalam kontrol dari makanan nabati.

  7. Mengkonsumsi Cemilan dari Kacang
    Cemilan yang terbuat dari kacang kacangan akan membnatu anda dalam mengatasi nafsu makan anda untuk tetap terkontrol. Cemilan kacang dapat membntu anda dalam memenuhi kebutuhan nutrisi. Bagi ibu hamil yang memiliki masalah dengan nafsu makan, maka cemilan kacang dapat menemani aktifitas anda.

  8. Makan Sedikit Namun Dengan Rentan Waktu Dekat
    Taukah anda bahwa dibutuhkannya sekitar 20 menit bagi otak manusia guna menyampaikan pesan perut kenyang. Anda bisa mengkonsumsi makanan dengan jumlah yang sedikit demi sedikit namun tetap dengan rentang waktu yang dekat. Hal ini berguna untuk menghindari mual dimasa kehamilan muda. Dan perut yang cepat kenyang pada masa kehamilan trisemester akhir.

Baca Juga : Manfaat Mengonsumsi Beras Merah Saat Masa Kehamilan

Nah itulah tips menjaga nafsu makan selama kehamilan, dengan menjaga nafsu makan anda dengan teratur, maka anda akan membantu tubuh dan janin untuk tetap sehat.


By Nita Tri Mustika - Kehamilan Senin, 14 November 2016 09:03:09

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Mempertanyakan apakah keguguran apa tidak

    0 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    Assalamualaikum dok saya mau tanya,saya mengalami keluar gumpalan darah dan rasa sakit pada bagian bawah perut apakah saya mengalami keguguran atau tidak

  • Cepat hamil selepas kb

    1 Balasan

    Kehamilan

    Salamualikum Dok saya lepas kb bulan 2 sekarang bulan 9 mengapa saya tak kunjung hamil

  • Cepat hamil selepas kb

    1 Balasan

    Kehamilan

    Salamualikum Dok saya lepas kb bulan 2 sekarang bulan 9 mengapa saya tak kunjung hamil

  • Menstruasi yang tidak teratur

    0 Balasan

    Kehamilan

    Selamat pagi bu bidan, aku mau tanya, siklus haid aku setiap bulannya selalu terlambat maksimal setelah meikah april tahun ini telat 1 minggu. hal demikian kenapa terjadi ya bu bidan,…

  • Keputihan selama kehamilan berbahayakah

    0 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    Halo dok.. Sy tuti, skrg sy sdg hamil dg uk 24w. S mengalami keputihan selama kehamilan. Apakah itu wajar? Awalnya keputihan normal berwarna putih sperti lendir, tp masuk trimester 2…


Kehamilan
Dampak Bahaya Penyakit Lupus Pada Ibu Hamil dan Janin

Dampak buruk penyakit lupus pada…

Kehamilan
Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan Saat Masa Kehamilan

Olahraga penting dilakukan oleh siapa…

Kehamilan
Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top