×

Manfaat Bercinta Pada Kehamilan Di Usia 9 Bulan

Bagikan Artikel :

Boleh Tanya Bidan Manfaat bercinta pada kehamilan di usia 9 bulan sangat disarankan oleh dokter dengan tujuan bisa memperlancar proses persalinan janin.

Bercinta pada awalnya dapat menginduksi persalinan karena adanya kandungan prostaglandin pada sperma yang dapat memicunya. Tapi dilihat dari hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa bercinta saat hamil usia 9 bulan masih tetap bisa dilakukan dan tidak mengganggu waktu kelahiran. Untuk usia kehamilan yang masih muda disarankan untuk tidak melakukan bercinta karena kondisi janin yang masih rentan. Jadi sangat aman melakukan bercinta diusia kehamilan tua kecuali pada kondisi tertentu yang mengharuskan anda untuk lebih berhati-hati karena kehamilan beresiko.

Manfaat Bercinta Pada Kehamilan Di Usia 9 Bulan

Menurut penelitian mengatakan bahwa melakukan bercinta saat usia kehamilan tua dapat membantu membuka jalan bayi saat melahirkan sehingga dapat memperlancar proses persalinan. Namun mungkin pada wanita hamil melakukan bercinta akan sedikit mengalami kerepotan, bukan tanpa alasan banyak yang bisa melakukan bercinta saat usia kehamilan semakin tua karena bisa membantu proses persalinan menjadi lebih cepat dan lancar. Hal ini disebabkan oleh banyaknya hormon yang dilepaskan saat anda melakukan bercinta. Seperti hormon endorphin, DHEA, dan oksitosin dilepaskan melalui hipofisis. Hormon oksitosin yaitu hormon yang bermanfaat untuk mendorong pengarahan serat otot yang banyak digunakan pada saat kontraksi nanti yang selanjutnya hormon endorphin yaitu salah satu hormon yang bermanfaat untuk tubuh menjadi lebih rileks membuat anda menjadi tidak tegang dan lebih tenang meski mendekati waktu proses persalinan. Terakhir hormon DHEA bermanfaat untuk memperkuat otot dan tulang.

Pada usia kehamilan 8 bulan anda bisa melakukan dan dapat mengurai secara bertahap bila sudah mendekati proses persalinan. Saat proses persalinan hormon dalam tubuh akan mengalami banyak perubahan dan tidak seimbang seperti hormon estrogen dan progesterone maka hormon oksitosin akan berperan membantu kontraksi dalam bentuk braxton hicks dan dapat menjadi kekuatan pada saat persalinan. 

Itulah beberapa manfaat yang perlu anda ketahui untuk melakukan bercinta saat usia 9 bulan yang sangat baik untuk kesehatan fisik maupun mental.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Apa Yang Terjadi Saat Proses Persalinan Normal

Manfaat Babymoon Bagi Ibu Hamil

Kenali Gejala Dan Penyebab Terjadinya Kehamilan Kosong

Penyebab Dan Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil

Ketakutan Ibu Hamil Menjelang Proses Persalinan

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 28, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Menyusui Saat Hamil

  • Oleh : Salma Syarifah Latipah
  • 7 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya mau bertanyaan apa benar seorang wanita hamil dilarang untuk menyusui ?? Jika memang benar tolong berikan penjelasannya. Sebelumnya terimakasih

    mual mual

  • Oleh : pluvio phile
  • 5 tahun, 2 bulan yang lalu

    saya h-1 mens melakukan hubungan intim. besoknya mens. dan skrg saya mual-mual dan sakit pinggang. apakah tanda hamil?trims

    Vagina

  • Oleh : Ninda Wakidi
  • 3 tahun yang lalu

    Saya punya kyk benjolan di pinggir vagina, saya kurang tau itu knp.. kira kira bisa saran gk itu pnyakit apa

  • Oleh : Ninda Wakidi
  • Ejakulasi terlalu cepat

  • Oleh : Aldi Ferdian
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Bu, aku mau tanya. Umur saya 22 tahun. Bu, saya merasa kalau saya mengalami ejakulasi dini. Saya merasa kalau saya mengalami ini karena sering melakukan onani. Ingin rasanya berhenti, tapi sangat sulit.

    Baru onani sebentar, saya sudah ejakulasi dengan cepat. Yang saya khawatirkan, bila nanti saya menikah, saya takut tidak bisa melakukan hubungan seks yang lama dengan pasangan saya. Dan juga setelah saya melakukan onani, saya merasa sangat lemas sekali. Seperti ingin pingsan.

    Apakah menurut ibu, saya mengalami gangguan yang parah?

    Benjolan di payudara

  • Oleh : Farchah Dwiyani
  • 5 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat pagi saya mau tanya adik saya umur 16 tahun ada benjolan kecil dipayudara sebelah kanan benjolan bisa digerakan dan tidak terasa sakit bahaya gak ya

    Tanya Bidan