×

Solusi Efektif Merangsang Kontaksi Supaya Cepat Melahirkan

Bagikan Artikel :

Bidan Kita – Menjelang hari persalinan, perasaan bunda tentunya ingin cepat cepat melahirkan dan segera melihat sang buah hati. Namun sering kali kehamilan ini menyebabkan seorang wanita hamil mengalami stress. Stres itu sendiri terjadi karena ia merasa tidak memiliki ilmu yang ckup untuk bisa menjadi seorang ibu atau bisa jadi juga karena stress ketika akan menghadapi persalinan.

Terlebih bagi anda yang sudah mendapatkan perkiraan dari dokter atau bidan kandungan mengenai tanggal kelahiran bayi, dan ternyata anda tiak kunjung juga menampakan seperti tanda anda akan melahirkan. Hal ini tentunya akan membuat anda tidak tenang dan stress . Namun ada berbagai cara yang bunda bisa lakukan untuk merangsang kontaksi agar cepat melahirkan. Seperti berikut ini

Solusi Efektif Merangsang Kontraksi Supaya Cepat Melahirkan

Related Posts :


    1. Berjalan Kaki
      Ketika bunda melakukan jalan kaki sejenak, ternyata memang kegiatan ini dapat membantu proses persalinan. Kegiatan berjalan kaki sejenak ini ternyata mampu membantu bayi bergerak ke posisi panggul bunda. Tentunya hal ini membuat bayi bisa cepat lahir. Meskipun belum adanya sebuah penelitian yang membuktikan bahwa berjalan kaki ini benar benar membuat persalinan lebih cepat, namun berajalan kaki bisa mengurangi kecemasan sehingga bunda bisa menjadi lebih nyaman dan tenang menjelang proses melahirkan.
    2. Pijatan
      Pijatan merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjelang melahirkan. namun pijatan sendiri tidak lantas langsung dengan proses melahirkan. Pijat pada kenyataannya tidak membuat perubahan pada posisi janin atau mampu merangsang tubuh agar sikecil cepat bisa keluar. Namun pijat hanya bermanfaat untuk mengurangi kecemasaaan dan stress pada mama. Karena stress yang berkurang sangat baik untuk kelancaran sebuah proses persalinan.
    3. Stimulasi Puting
      Dengan merangsang puting sang bunda hal ini dapat menyebabkan rahim mengalami kontraksi. Dan kegiatan ini juga dapat meningkatkan peluang dan kecepatan dalam proses melahirkan. Bunda bisa melakukannya dengan bantuan dari suami atau menggunakan pompa payudara untuk melakukan stimulasi ini. Stimulasi yang dilakukan pda puting payudara tidak hanya mempercepat proses kelahiran. Proses menyusui ini juga merupakan bentuk dari stimulus puting yang bisa membantu  bunda mengembalikan rahim ke ukuran semula
    4. Akupuntur
      Akupuntur yang dilakukan tidak hanya mampu merangsang kontraksi supaya cepat melahirkan. Ternyata dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam sebuah Journal of Perinatal Medicine mengungkapkan lebih dari 400 perempuan yang telah melakukan akupuntur sebelum melahirkan mereka tidak membutuhkan induksi medis. Dan akupuntur juga dapat mempercepat waktu anda selama proses persalinan serta mengobati depresi menjelang persalinan yang kerap kali dialami oleh ibu hamil.

    Baca Juga : Waktu Yang Tepat Untuk Mengejan Saat Proses Persalinan

    Nah itulah beberapa solusi yang bisa bunda lakukan guna bantu cepat timbulnya kontraksi supaya cepat melahirkan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 5, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Tentang kehamilan

  • Oleh : My Future
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    Kaka saya telat mens dok dan dia belum pernah sama sekali berhubungan badan,akan tetapi dia melihat channel dokter tentang keputihan yang ada bercak darah dok,dia udah telat dan hanya sekali keputihan dan ada bercak darahnya dok,apa itu hamil dok??

  • Oleh : My Future
  • Ejakulasi dini

  • Oleh : Hendra Pratama
  • 4 tahun, 10 bulan yang lalu

    Halo dokter, saya mau bertanya, kenapa ya setiap kali saya berhubungan intim dengan istri, baru pemanasan saja rasanya penis mau mengeluarkan air mani, dan ketika penis penetrasi ke vagina istri, terkadang tidak sampai satu menit, sudah ejakulasi/keluar air mani, pertanyaannya apakah ini dikatakan ejakulasi yg cukup parah atau normal, dok, dan bolehkah berhubungan intim yg kedua kali dalam satu malam, karena yg kedua kalinya itu agak lama mencapai ejakulasinya, walaupun penis agak pegel?

    Menstruasi tidak lancar

  • Oleh : Fitri Lestari
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya saya sudah tidak menstruasi selama 3 bulan,saya masib lajang dan tidak pernah melakukan hubungan intim,terakhir saya menstruasi sebelum puasa tahun ini dan sampai sekarang saya belum menstruasi,bisa di jelaskan dok sebenar nya ini penyakit atau apa dan cara penyembuhan nya bagaimana.

  • Oleh : Fitri Lestari
  • Ruam pada kulit bayi

  • Oleh : Iphunk Charger
  • 7 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya mengatasi ruam merah pada kulit bayi usia 4 bulan ? apakah bisa dengan bedak tertentu atau diberikan bahan-bahan agar terlihat aman ? mohon jawabannya. Terimakasih

  • Oleh : Iphunk Charger
  • Apakah Ada Cara Untuk Meringankan Rasa Sakit Saat Bersalin?

  • Oleh : Fitriyan Tng
  • 7 tahun, 7 bulan yang lalu

    Sore bu bidan, alhamdulillah bulan ini menginjak usia kehamilan 9 bulan. Dan ini adalah kehamilan kedua saya. Biasanya saat menuju proses lahiran ada beberapa rasa sakit, apakah ada beberapa tips untuk meringankannya? Saya khawatir, karena kelahiran anak saya yang pertama itu rasa sakitnya parah sekali bu bidan.
    Saya tunggu jawabannya ya, terimakasih 🙂

    Tanya Bidan