Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Posisi Duduk Ibu Hamil Yang Baik Perlu Diketahui Sejak Dini

Bagaimana cara posisi duduk ibu hamil yang aman dan yang dilarang selama kehamilan?

Bagi wanita yang dalam masa kehamilan harus selalu memperhatikan posisi tubuh yang baik saat tidur maupun sedang duduk. Hal biasa seperti posisi duduk kalau tidak hari-hati pada saat hamil bisa membahayakan janin dalam kandungan. Memang sangat dianjurkan untuk ibu hamil dengan posisi duduk yang baik dan aman.


Berikut ini posisi duduk yang baik dan aman untuk ibu hamil:

1. Tubuh bersandar sepenuhnya dikurisi maupun sofa

Dapat mencegah dan meminimalisir resiko terjadinya sakit punggung saat hamil dan dapat menambahkan bantal yang nyaman untuk sandaran yang berfungsi untuk meredakan rasa pegal pada punggung.

2. Posisi duduk yang ideal

Posisi punggung harus lurus dengan bahu tertarik kebelakang. Duduk dengan posisi tegak dapat membuat ibu hamil lebih nyaman dan dapat mengurangi resiko terjadinya sakit punggung atau nyeri perut.

3. Mengatur waktu duduk

Apabila anda sering berubah-ubah posisi pada saat duduk yang benar ini dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh serta menghindari gangguan rasa pegal dan nyeri. Pada ibu hamil biasanya dilarang duduk selama 30 menit dengan posisi yang sama.

4. Menyeimbangkan berat badan selama duduk

Ada baiknya ibu hamil menyeimbangkan pinggul kiri dan pinggul kanan pada saat posisi duduk yang bertujuan untuk menghindari rasa nyeri pada kaki.

5. Dilarang memakai sepatu atau sandal hak tinggi

Apabila anda sedang hamil sangat tidak dianjurkan untuk memakai sepatu maupun sandal hak tinggi karena untuk menghindari resiko jatuh maupun berjalan dan dapat memicu terjadinya penurunan keseimbangan tubuh.

6. Istirahat

Apabila tubuh dan pikiran sudah mulai lelah pada saat posisi duduk selama kurang lebih 30 menit. Sebaiknya istirahat sejenak bisa dengan lakukan jalan-jalan kecil untuk meregangkan otot kaki yang tegang.

Selain posisi duduk yang baik dan aman, anda juga harus memperhatikan posisi duduk yang dilarang dan tidak dianjurkan untuk ibu hamil diantaranya:

1. Posisi setengah duduk

Apabila anda sering melakukan duduk seperti ini dalam waktu lama kemungkinan anda akan merasakan nyeri dibagian punggung karena posisi duduk seperti ini memberikan banyak tekanan pada sumsum tulang belakang. Biasanya ibu hamil sering melakukan duduk ditempat tidur dengan posisi setengah.

2. Posisi duduk dengan kaki bergantung

Akan menyebabkan peningkatan tekanan aliran darah ke kaki. Setiap ibu hamil untuk normalnya akan mengalami pembengkakan pada kaki dan bila posisi duduk tersebut terus dilakukan akan semakin memperparah kaki yang bengkak.

3. Posisi duduk tanpa menggunakan sandaran

Pada saat hamil dengan posisi duduk tanpa menggunakan sandaran dapat membuat ketegangan ditulang punggung akan semakin memburuk. Oleh sebab itu, usahakan selalu untuk menggunakan sandaran yang empuk dengan posisi punggung yang lurus.

4. Posisi duduk membungkuk

Posisi duduk dengan membungkuk ternyata cukup membahayakan bagi ibu hamil karena punggung menjadi tidak lurus. Meningkatnya bobot ibu hamil sudah cukup memberikan rasa yang tidak nyaman pada bagian sumsum tulang belakang dan semakin memperparah kondisi tulang sumsum anda.

5. Posisi duduk mendongak kedepan

Apabila anda melakukan posisi duduk dengan mendongak kedepan secara terus menerus maka dalam jangka panjang akan membuat anda tidak nyaman dan dapat membahayakan janin karena diusia kehamilan yang sudah besar tulang rusuk anda dapat menekan tubuh janin dan dapat menimbulkan bekas permanen nantinya.

Dengan memperhatikan dan melakukan hal diatas maka anda secara tidak langsung akan menjaga kesehatan anda juga janin.

By Ana Rediana - Kehamilan Senin, 12 Desember 2016 08:14:05

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • yeast cell

    0 Balasan

    Kehamilan

    Siang.. bu sya pernah terkena yeast cell kemudian dksh obat neo gynoxa. Dan skrng saya sedang hamil,, apakah saya perlu cek urin lengkap lagi tidak ya utk mengecek msh ada…

  • kehamilan

    0 Balasan

    Kehamilan

    selamat pagi bu, saya mau tanya 2 hari yang lalu saya HB pertama dg suami, besoknya langsung demam. dan hari berikutnya pagi ketika BAB kok rahim rasanya ditekan jd susah…

  • Sering merasa nyeri dan geli

    1 Balasan

    Kehamilan

    Pagi bu. Usia kandungan saya 17minggu. Saya sering merasakan nyeri kadang merasa geli dibagian bawah perut bawah, itu kenapa yah bu? Mohon penjelasannya.

  • Mempertanyakan apakah keguguran apa tidak

    1 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    Assalamualaikum dok saya mau tanya,saya mengalami keluar gumpalan darah dan rasa sakit pada bagian bawah perut apakah saya mengalami keguguran atau tidak

  • Cepat hamil selepas kb

    1 Balasan

    Kehamilan

    Salamualikum Dok saya lepas kb bulan 2 sekarang bulan 9 mengapa saya tak kunjung hamil


Kehamilan
Posisi Tidur Nyaman Saat Kehamilan Menginjak 8 bulan

Posisi Tidur Nyaman Saat Kehamilan…

Kehamilan
Amankah Melakukan Pijatan Selama Masa Kehamilan

Penyelidikan dan riset modern membuktikan…

Kehamilan
Tips Memilih Dokter Kandungan Yang Tepat Dan Berkualitas

Tips memilih dokter kandungan yang…

Tanya Bidan
Top