Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Posisi Duduk Ibu Hamil Yang Baik Perlu Diketahui Sejak Dini

Bagaimana cara posisi duduk ibu hamil yang aman dan yang dilarang selama kehamilan?

Bagi wanita yang dalam masa kehamilan harus selalu memperhatikan posisi tubuh yang baik saat tidur maupun sedang duduk. Hal biasa seperti posisi duduk kalau tidak hari-hati pada saat hamil bisa membahayakan janin dalam kandungan. Memang sangat dianjurkan untuk ibu hamil dengan posisi duduk yang baik dan aman.


Berikut ini posisi duduk yang baik dan aman untuk ibu hamil:

1. Tubuh bersandar sepenuhnya dikurisi maupun sofa

Dapat mencegah dan meminimalisir resiko terjadinya sakit punggung saat hamil dan dapat menambahkan bantal yang nyaman untuk sandaran yang berfungsi untuk meredakan rasa pegal pada punggung.

2. Posisi duduk yang ideal

Posisi punggung harus lurus dengan bahu tertarik kebelakang. Duduk dengan posisi tegak dapat membuat ibu hamil lebih nyaman dan dapat mengurangi resiko terjadinya sakit punggung atau nyeri perut.

3. Mengatur waktu duduk

Apabila anda sering berubah-ubah posisi pada saat duduk yang benar ini dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh serta menghindari gangguan rasa pegal dan nyeri. Pada ibu hamil biasanya dilarang duduk selama 30 menit dengan posisi yang sama.

4. Menyeimbangkan berat badan selama duduk

Ada baiknya ibu hamil menyeimbangkan pinggul kiri dan pinggul kanan pada saat posisi duduk yang bertujuan untuk menghindari rasa nyeri pada kaki.

5. Dilarang memakai sepatu atau sandal hak tinggi

Apabila anda sedang hamil sangat tidak dianjurkan untuk memakai sepatu maupun sandal hak tinggi karena untuk menghindari resiko jatuh maupun berjalan dan dapat memicu terjadinya penurunan keseimbangan tubuh.

6. Istirahat

Apabila tubuh dan pikiran sudah mulai lelah pada saat posisi duduk selama kurang lebih 30 menit. Sebaiknya istirahat sejenak bisa dengan lakukan jalan-jalan kecil untuk meregangkan otot kaki yang tegang.

Selain posisi duduk yang baik dan aman, anda juga harus memperhatikan posisi duduk yang dilarang dan tidak dianjurkan untuk ibu hamil diantaranya:

1. Posisi setengah duduk

Apabila anda sering melakukan duduk seperti ini dalam waktu lama kemungkinan anda akan merasakan nyeri dibagian punggung karena posisi duduk seperti ini memberikan banyak tekanan pada sumsum tulang belakang. Biasanya ibu hamil sering melakukan duduk ditempat tidur dengan posisi setengah.

2. Posisi duduk dengan kaki bergantung

Akan menyebabkan peningkatan tekanan aliran darah ke kaki. Setiap ibu hamil untuk normalnya akan mengalami pembengkakan pada kaki dan bila posisi duduk tersebut terus dilakukan akan semakin memperparah kaki yang bengkak.

3. Posisi duduk tanpa menggunakan sandaran

Pada saat hamil dengan posisi duduk tanpa menggunakan sandaran dapat membuat ketegangan ditulang punggung akan semakin memburuk. Oleh sebab itu, usahakan selalu untuk menggunakan sandaran yang empuk dengan posisi punggung yang lurus.

4. Posisi duduk membungkuk

Posisi duduk dengan membungkuk ternyata cukup membahayakan bagi ibu hamil karena punggung menjadi tidak lurus. Meningkatnya bobot ibu hamil sudah cukup memberikan rasa yang tidak nyaman pada bagian sumsum tulang belakang dan semakin memperparah kondisi tulang sumsum anda.

5. Posisi duduk mendongak kedepan

Apabila anda melakukan posisi duduk dengan mendongak kedepan secara terus menerus maka dalam jangka panjang akan membuat anda tidak nyaman dan dapat membahayakan janin karena diusia kehamilan yang sudah besar tulang rusuk anda dapat menekan tubuh janin dan dapat menimbulkan bekas permanen nantinya.

Dengan memperhatikan dan melakukan hal diatas maka anda secara tidak langsung akan menjaga kesehatan anda juga janin.

By Ana Rediana - Kehamilan Senin, 12 Desember 2016 08:14:05

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Faktor yang berpengaruh agar memiliki bayi kembar

    1 Balasan

    Kehamilan

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya apa saja faktor yang dapat berpengaruh agar memiliki bayi kembar pada keluarga yang tidak mempunyai riwayat anak kembar. Mohon penjelasannya

  • Kuret Akibat Keguguran

    1 Balasan

    Kehamilan

    Siang Dok. Saya wanita berusia 27 Tahun. Kemarin saya melakukan kuret di Rumasakit. Tetapi kenapa ya, ko setelah kuret ini saya merasakan meriang dan demam walau demam tidak begitu tinggi.…

  • hamil pasca operasi kehamilan ektopik

    0 Balasan

    Kehamilan

    Selamat sore buk,, saya mau tanya seputar kehamilan pasca operasi kehamilan ektopik di saluran tuba....pada bulan maret saya mengalami kehamilan ektopik,umur janin sudah 2 bulan,kemudian dokter menyarankan agar saya melakukan…

  • Penanganan herpes zoster

    1 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    Selamat malam Bu bidan mau saya Santi Nuranti ibu satu anak usia 23thn,Bu saya sedang hamil 18week dan terdistraksi terkena herpes,awalnya flu dan Kuti pada lengan memerah dan perih lama…

  • puasa dan berat badan janin

    0 Balasan

    Kehamilan

    selamat siang, saya mau tanya sekarang saya memasuki umur kehamilan 30w berdasar hasil USG terakhir berat badan janin saya 1,04 kg apa berat tersebut kurang? dan jika saya berpuasa ramadhan…


Kehamilan
Mari Ikuti 5 Gerakan Sehat Untuk Wanita Hamil

Menjaga kondisi tubuh dan janin…

Kehamilan
Ibu Hamil Wajib Mengetahui Penyebab Janin Tidak Tumbuh Normal

Ibu Hamil Wajib Mengetahui Penyebab…

Kehamilan
Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top