Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Berikut Tanda Gerakan Janin Saat Akan Menjelang Persalinan

Bidan Kita - Kebanyakan ibu hamil melahirkan dimulai diantaranya pada usia kehamilan ke 39 atau pada minggu ke 41, walaupun demikian  tetap saja persiapkan untuk menjelang persalinan perlu disiapkan dari jauh jauh hari. Hal ini dikarenakan kondisi kelahiran bayi pada setiap ibu hamil yang berbeda beda.

Persiapkan bisa dilakukan dengan mengenali tanda dari gerakan janin dalam kandungan saat akan menjelang persalinan. Pada usia kehamilan ibu yaitu ke 36 minggu maka janin anda biasanya sudah memiliki ukuran serta kematangan yang tentunya sudah siap untuk dilahirkan. Organ tubuhnya sudah terbentuk, seperti diantaranya ginjal, paru paru dan juga hati. Hati yang dimiliki oleh janin pada usia kehamilan 36 minggu telah menghasilkan kotoran. Dengan kesiapan organ yang dimiliki oleh janin, maka kehamilan bunda tengah siap untuk memasuki persalinan.

Kondisi janin dalam kandungan tentunya akan terus mengalami gerakan, terlebih dalam melatih paru paru dalam kesiapan pernafasanya setelah nantinya dilahirkan. Pada usia ke 37 minggu janin akan mengubah posisinya guna menyesuaikan persalinan yang nantinya akan bunda hadapi.

Berikut Tanda Gerakan Janin Saat Akan Menjelang Persalinan


Adapun gerakan tanda janin akan menjelang kelahiran ditandai dengan bayi yang mulai turun kepanggul, normalnya kepala janin akan menghadap pada jalan lahir. Gerakan selanjutnya pada usia kehamilan ini adalah dengan lapisan bulu halus mengalami kerontokan serta vernix caseosa atau juga lapisan yang pada umumnya melindungi bayi dalam rahim bunda ini mulai menghilang, bayi akan menelan keduanya yang mana akan mempengaruhi buang air besar pertama yang tentunya berwarna kehitaman.

Saat menjelang usia kehamilan pada minggu ke 38, ibu hamil akan sering mengalami kontraksi. Tidak hanya itu, gerakan janin juga akn terus berkembang, yang salah satunya adalah kondisi bayi akan mulai menambah simpanan lemak untuk membantu kondisi suhu badan bayi tetap terjaga setalah nantinya terjadi proses kelahiran.

Kemudian pada minggu ke 39 kondisi gerakan bayi tengah siap yaitu menghadap ke jalan lahir, dan pada minggu ini cairan amnionm yang jernih akan berubah menjadi agak pucat seperti halnya susu.

Dan pada minggu terakhir seperti pada usia kehamilan di minggu ke 40, ditandai dengan kondisi rahim ibu yang mulai semakin sempit, dan pada minggu terakhir ini bayi didalam kandungan akan menghasilkan hormon yang dikenal dengan hormon kortison dari kelenjar adrenal, yang mana ikut membantu dalam menyempurkan organ paru paru dan mempersiapkan untuk penerimaan udara setalah lahir. Tidak hanya itu organ reproduksi untuk bayi laki laki kebanyakan testisnya sudah turun sedangkan untuk bayi perempuan, maka ovariumnya masih berada dipinggir panggul sambil, setelah dilahirkan.

Demikianlah tanda gerakan janin saat akan menjelang persalinan, maka bagi anda yang sudah memasuki usia kehamilan diusia akhir atau di trisemester ketiga sebaiknya senantiasa sudah mengenali tanda tanda menjelang persalinan. Seperti salah satunya ibu hamil yang sering mengalami nyeri pada selangkanan, hal ini dikarenakan posisi kepala janin yang sudah mulai turun kebagian jalan lahir.

Dan ibu hamil yang sering mengalami sakit pada panggul dan juga tulang belakang bunda yang sakit. Hal ini dikarenakan adanya sebuah pergeseran dan pergerakan janin dalam kandungan.

Baca Juga : Waktu Yang Tepat Untuk Mengejan Saat Proses Persalinan

By Nita Tri Mustika - Kehamilan Senin, 12 Desember 2016 08:19:18

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Faktor yang berpengaruh agar memiliki bayi kembar

    1 Balasan

    Kehamilan

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya apa saja faktor yang dapat berpengaruh agar memiliki bayi kembar pada keluarga yang tidak mempunyai riwayat anak kembar. Mohon penjelasannya

  • Kuret Akibat Keguguran

    1 Balasan

    Kehamilan

    Siang Dok. Saya wanita berusia 27 Tahun. Kemarin saya melakukan kuret di Rumasakit. Tetapi kenapa ya, ko setelah kuret ini saya merasakan meriang dan demam walau demam tidak begitu tinggi.…

  • hamil pasca operasi kehamilan ektopik

    0 Balasan

    Kehamilan

    Selamat sore buk,, saya mau tanya seputar kehamilan pasca operasi kehamilan ektopik di saluran tuba....pada bulan maret saya mengalami kehamilan ektopik,umur janin sudah 2 bulan,kemudian dokter menyarankan agar saya melakukan…

  • Penanganan herpes zoster

    1 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    Selamat malam Bu bidan mau saya Santi Nuranti ibu satu anak usia 23thn,Bu saya sedang hamil 18week dan terdistraksi terkena herpes,awalnya flu dan Kuti pada lengan memerah dan perih lama…

  • puasa dan berat badan janin

    0 Balasan

    Kehamilan

    selamat siang, saya mau tanya sekarang saya memasuki umur kehamilan 30w berdasar hasil USG terakhir berat badan janin saya 1,04 kg apa berat tersebut kurang? dan jika saya berpuasa ramadhan…


Kehamilan
Manfaat Berkomunikasi Dengan Janin Sejak Dalam Kandungan

Manfaat berkomunikasi dengan janin sejak…

Kehamilan
Inilah Keuntungan Hamil Di Usia 20 Tahunan

Inilah beberapa keuntungan hamil di…

Kehamilan
Nyeri Punggung Saat Hamil ? Inilah Tips Cara Mengatasinya

Nyeri punggung saat hamil, adalah…

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top