×

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Dengan Mudah dan Aman

Bagikan Artikel :

Momen kehadiran sang buah hati sangatlah dinantikan oleh para ayah dan juga bunda, apalagi bagi pasangan muda yang baru menikah. Dengan kehadiran sang buah hati akan membuat suasana rumah menjadi semakin hidup dan menambah semarak dalam rumah tangga, serta kebahagiaan keluarga terasa lebih komplit.

Namun untuk Anda yang sudah menjadi ayah dan bunda pasti akan khawatir jika sang buah hati tiba-tiba mengalami sakit, salah satunya jika sang anak sedang mengalami hidung tersumbat.

Mengatasi hidung tersumbat pada sang anak apalagi masih bayi memang akan membuat kita panik. Pada pasalnya, bayi akan bisa rewel karena ketidaknyamanan yang ia rasakan sendiri. Namun pada saat itulah Anda harus tetap tenang dan dapat Anda lakukan beberapa cara untuk mengatasinya.

Pada saat hidung tersumbat tidak hanya penumpukkan cairan hidung atau ingus yang ada dalam hidung bayi, tetapi hal ini terjadi karena saat pilek, bagian hidung, pembuluh darah, dan juga jaringan hidung yang posisinya berdekatan mengalami pembengkakan. Nah..kondisi inilah yang membuat bayi sulit untuk bernafas sehingga menjadi rewel karena ketidaknyamanan itu.

Berikut teknik atau cara untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi, diantaranya:

– Hangatkan tubuh bayi
Dengan memberikan kehangatan pada sang bayi seperti diberi selimut, didekap dengan kasih sayang, menggendongnya disekitar rumah agar terkena sinar matahari atau bisa dengan memandikannya dengan air hangat. Oleskan berupa minyak telon yang disertai dengan pijitan lembut pada perut bayi, punggung, dan dada.

– Pijat lembut hidung bayi
Memijat hidung bayi bagian atas dengan lembut sambil dioles minyak telon, akan membantu mengeluarkan lender dalam hidung yang telah menghalangi pernafasan. Tetapi pijatan tersebut harus diusahakan dengan dilengkapi sapu tangan dan juga cotton bud yang lembab. Ingat, harus dengan benar-benar dan dengan lembut.

Related Posts :

    – Mengatur posisi tidur bayi
    Teknik ini dapat membantu melegakan pada sistem pernafasan bayi yang tersumbat. Memiringkan posisi badan sang bayi dengan secara bergantian akan sangat membantu.

    – Penguapan secara alami
    Cara ini dikenal dengan Inhalasi atau juga dikenal dengan terapi uap. Dengan memberikan uap dari air panas yang sebelumnya sudah ditetesi minyak telon. Teknik tersebut akan membantu melegakan hidung yang tersumbat, karena bayi akan menghirup uap dari air hangat tersebut. Tetapi teknik ini harus dengan ekstra hati-hati.

    Teknik lain untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi, yaitu:

    – Menyedot cairan lendir (ingus)
    Teknik ini dapat dilakukan dengan mengguanakan alat khusus penyedot ingus bayi, dan alat ini juga tersedia di apotik. Namun dalam penggunaan alat ini harus dengan hati-hati karena kulit bayi yang masih sensitif serta rentan iritasi.

    – Jauhkan obat antibiotik
    Pada bayi yang berusia 1-4 tahun, sering sakit batuk, pilek, radang, dan yang lainnya sebenarnya dalam proses membangun sistem antibody. Untuk itu bagi ayah dan bunda jangan panik. Memang hasil dari pengobatan antibiotik prosesnya lebih cepat, tapi kasihan pada bayi harus memproses obat, jadi lebih baik lakukan dengan cara yang alami.

    – Manfaatkan bahan alami
    Dengan memanfaatkan bahan alami seperti kencur yang diparut kemudian diambil sarinya sangat berguna. Meminumkan dengan dosis 1 sendok teh. Atau apabila untuk pilek lakukan dengan kunyit.

    Itulah beberapa teknik atau cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi dengan aman dan mudah. Namun perlu Anda ingat, jangan asal memberikan obat pilek pada sang buah hati. Semoga bermanfaat 😉

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 5, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Hamil

  • Oleh : reagantozier95
  • 6 tahun, 1 bulan yang lalu

    saya melakukan onani, kemudian saya mandi, ganti baju memakai sepatu lalu berkendara 15 menit kemudian tangan kanan saya jari telunjuk dan tengah menyentuh bagian atas vagina istri saya dan istri saya baru haid dapat 3 hari apakah bisa hamil ?

    Haid

  • Oleh : Nurlialah Alawiyah
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Dok saya umur 19 tahun,udah dua bulan saya tidak haid,bagaimana ya caranya? Solusinya,smga d jawab ya,,makasih dok sebelumnya

  • Oleh : Nurlialah Alawiyah
  • darah menstruasi

  • Oleh : anggun nabila
  • 1 tahun yang lalu

    dok mau tanya kenapa ya darah menstruasi ya berwarna coklat seperti keputihan dari itu darah mens sudah 3 bulan dok seperti itu terus darah nya

  • Oleh : anggun nabila
  • Masalah BAB

  • Oleh : 3215086001930005 Dedeh mahmudah
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Bu bidan,saya mau tanya,anak saya usia 6 bulan sudah di kasih MPASI 2 Minggu yang lalu,awal2 BAB lancar,tapi sekarang BAB nya seminggu sekali,aman tidak untuk bayi nya.?

  • Oleh : 3215086001930005 Dedeh mahmudah
  • tumor FAM

  • Oleh : silvi ana azizah
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    halo dok, mau tanya sepertinya saya ada tumor FAM, Ciri-ciri nya payudara sebelah kiri atas ada benjolan ngga sakit bisa digeser, apakah bisa sembuh tanpa operasi dok? posisi saya lagi hamil 6bulan
    mohon bantuannya dok, terimakasih.

  • Oleh : silvi ana azizah
  • Tanya Bidan