Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Ketahui Cara Perawatan Bayi Baru Lahir

CurhatBidan - Cara merawat bayi baru lahir menjadi hal yang harus diperhatikan terutama bagi yang baru memiliki buah hati pertama kali. Cara perawatan bayi dengan baik dan benar akan membuat bayi anda merasa nyaman dan aman dalam tumbuh kembangnya.


Untuk itu, jika Anda termasuk orangtua yang baru belajat cara merawat bayi pertama kali, tidak ada salahnya untuk menyimak informasi penting tentang cara perawatan bayi baru lahir berikut ini.

  1. Tali Pusat
    Perawatan tali pusat pada bayi baru lahir harus sangat diperhatikan dengan benar, karena mudah terkena infeksi. Jika tali pusat yang belum putus tak sengaja terkena air saat dimandikan, keringkanlah dengan menggunakan cotton buds / kasa steril. Jangan bubuhi ramuan apapun pada pangkal tali pusat. Pada umumnya tlai pusat akan putus antara 1-2 minggu setelah kelahiran, tetapi bisa juga terjdai lebih dini atau lebih lambat.

    Perawatan menggunakan alkohol dan penutupan tali pusat tidak dianjurkan, gunakanlah air matang dan biarkan tali pusat terbuka. Usahakan tali pusat tetap kering, untuk mengelap dapat menggunakan kain kasa steril / tissue, tetap amati terhadap tanda-tanda infeksi.

  2. Mata
    Bayi yang baru lahir belum pernah menangis, hal ini dikarenakan sumber air mata bayi belumlah aktif. Air mata merupakan hal yang penting karena mampu mengatasi kuman. Tetapi kemampuan ini hanya dapat berlangsung dalam beberapa menit saja. Air mata berasal dari sumber air mata yang terletak di bagian atas mata. Sumber air mata ini mengeluarkan air mata setiap 3 detik sekali. Air mata yang sudah keluar kemudian mengalir melalui saluran bagian tengah mata dekat dengan hidung. Saluran ini pada bayi baru lahir belumlah aktif, masih tertutup. Walau kadang terbuka saluran ini kemudian akan menutup kembali. Keadaan ini membuat air mata baik dari sumbernya maupun saat air mata harus dialirkan keluar dari mata masih terganggu.

     Merupakan hal yang penting untuk merangsang produksi air mata sang bayi sekaligus alirannya. Jika air mata tidak di alirkan maka yang terjadi adalah genangan air mata. Genangan ini akan kehilangan fungsinya untuk mengatasi kuman, yang terjadi adalah sebaliknya air mata yang tergenang akan memancing kuman.
     
  3. Merawat Kulit bayi
     Tujuan tahap ini yaitu menjaga kulit bayi tetap halus dan menjaga kelembapannya serta terhindar dari kekeringan dan mengatasi biang keringat. Apabila tahap ini terlaksana dengan baik maka bayi akan terhindar dari kuman. Adapun cara melakukan perawatan pada kulit bayi diantaranya :
     
     *Mandikan bayi minimal 1 kali dalam sehari. Bayi yang baru lahir belum memiliki ketahanan terhadap dingin. Untuk memandikannya  Anda dapat mengelap bayi menggunakan waslap basah yang sudah dibubuhi sabun bayi.
     *Sabun bayi yang digunakan adalah sabun yang mengandung pro-vitamin B5. Vitamin ini dapat menjaga kesehatan kulit, nyaman, membuat kulit si bayi tetap halus.
     *Gunakan baby oil dengan vitamin E untuk menghindari kekeringan dan menjaga kelembaban. Dengan penggunaan baby oil ini kulit bayi aman dari lecet.
    *Gunakan bedak dengan kandungan pro-vitamin B5 untuk mengatasi masalah biang keringat. Sebagaimana telah disebutkan di atas vitamin ini selain mengatasi biang keringat juga dapat membuat kulit tetap halus dan lembut.
    *Anda bisa mencegah ataupun mengurangi kemunculan biang keringat ini dengan mengatur suhu ruangan, bisa menggunakan ac maupun menjaga ventilasi kamar dengan baik.

  4. Kulit Kepala
    Anda akan sering menemukan kerak kepala (Cradle crap). Biasanya dokter akan memberikan obatya. Cradle crap/kerak ini tidaklah berbahaya, obat disini bertujuan untuk membantu pelepasan cradle crap dari kepala bayi. Obat dari dokter biasanya diberikan pada air hangat yang digunakan untuk membersihkan kulit kepala bayi. Usapkan air tersebut dengan lembut, kerak tersebut akan dengan sendirinya terlepas. Selain obat dari dokter juga bisa menggunakan Baby oil dengan mengusapkannya dan tunggu 10-15 menit, lalu pijat dengan lembut. Usahakan kulit kepala tetap sejuk dan kering, karena kerak ini akan semakin parah jika kulit kepala berkeringat. Jangan gunakan topi pada bayi terkecuali jika sangat diperlukan dan lepaskan topi setelah bayi berada di dalam rumah atau kendaraan.

  5. Rambut
    Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk merangsang pertumbuhan rambut bayi yaitu daun seledri. Bisa juga dengan menggunakan shampoo, pilihkan shampoo yang memiliki kandungan pro-vitamin B5 serta hair lotion yang mengandung pro-vitamin B5 serta vitamin E. Pemakaian shampoo yang mengandung vitamin B5 berguna supaya rambut tetap sehat. Sedangkan hair lotion yang mengandung vit B5 dan Vit E, untuk membantu pertumbuhan rambut.

  6. Hidung
    Rongga hidung mempunyai pembersih alami dan tidak perlu mendapatkan perawatan yang khusus. Cukup bersihkan kotoran yang keluar dari hidungnya saja. Jangan menggunakan cotton buds, tisu yang digulung kecil / jari untuk mengeluarkan kotoran dari dalam hidung. Hal ini hanya akan mendorong kotoran itu lebih jauh ke dalam / menggores membran pembatas hidung yang peka.

    Apabila bayi terkena pilek dan akan mempunyai banyak lendir, jika mengkambat pernapasan,isap keluar lendir tersebut dengan lembut / dengan menggunakan aspirator hidung bayi. Cara menghisapnya, tutup sebelah lubang hidung dnegan menggunakan jari, lalu isap lubang yang tidak ditutup dengan jari, begitu bergantian. Jangan menghisap kedua lubang sekaligus karena akan berbahaya. Lendir dapat naik ke telinga tengah, sehingga menimbulkan infeksi telinga tengah.

  7. Telinga
    Seperti hidung, bagian dalam telinga juga tak boleh dibersihkan. Boleh dibersihkan hanya jika si kotoran telah sampai keluar.Gunakan cotton buds yang diberi air hangat agar kotoran jadi lebih lunak, sehingga mudah dikeluarkan. Minta pertolongan dokter untuk membersihkan kotoran yang berada di dalam telinga dan keras.

    Sementara daun telinga dapat dibersihkan tiap kali memandikan bayi. Gunakan cotton buds atau kapas yang dibasahi air hangat. Lakukan secara lembut.

  8. Mulut
    Mulut bayi tak perlu perawatan khusus, apalagi sampai menggunakan kasa steril yang dibasahi air matang untuk membersihkan endapan susu di permukaan lidah. Salah-salah malah bikin lidah lecet. Endapan susu tak perlu dibersihkan. Setelah usia 3 bulan, endapan susu tak ada lagi, karena bayi sudah mulai makan makanan padat. Jadi, cukup diberi air putih saja untuk membersihkan mulutnya.

    Sampai usia sebulan, mulut dan bibir bayi mudah sekali ditumbuhi jamur candida. Penyebab dari jamur ini adalah anda, orang dewasa. Jamur ini ditemukan di selaput lendir pada vagina. Dengan kata lain jika tangan si bunda ataupun orang tua lain yang mengasuhnya tidak bersih setelah memegang vagina dan memegang bayi,seperti anda tahu bahwa tiap bayi memiliki kebiasaan untuk memasukan tangannya ke dalam mulut. Hal inilah yang kemudian akan membawa jamur candida ke mulut bayi anda. Indikasi jamur ini terlihat dengan adanya busa-busa putih di sekitar bibir dan mulut. Obati jamur candida ini dengan resep dokter. Dalam hal perawatan mulut bayi yang baru lahir ini, sebenarnya tidak perlu ribet. Adapun masalah yang muncul biasanya disebabkan oleh kelalaian dari orang tua.

  9. Kuku
    Waktu terbaik untuk melakukan perawatan kuku pada bayi baru lahir adalah pada saat bayi tertidur lelap. Pastikan juga bunda mendapat cahaya atau penerangan yang cukup pada saat memotong kuku. Hal itu bertujuan untuk menghindari terjadinya goresan atau luka pada ujung jari bayi yang dapat menyebabkan jari berdarah bahkan infeksi.

    Selain dengan cara memotong kuku bayi, perawatan kuku bayi baru lahir yang lainnya adalah dengan memberikan sarung tangan atau kaos kaki tangan pada bayi. Hal itu juga bisa bermanfaat untuk mencegah kuku bayi menggores kulit bagian tubuh lainnya seperti pipi, hidung dan lain sebagainya.

  10. Bokong
    Menjaga bokong bayi supaya tetap kering dan bersih sangatlah penting. Jangan dunakan diapers sepanjang waktu, cukup ketika bepergian atau tidur malam saja. Jangan mengganti ganti merk diapers, cukup menggunakan yang cocok saja, lebih baik jiga menggunakan popok kain saja.

    Area ini mudah terkena masalah, karena sering berkontak dengan popok basah dan terkena macam-macam iritasi dari bahan kimia serta mikroorganisme penyebab infeksi air kemih/tinja, maupun gesekan dengan popok atau baju. Biasanya akan timbul gatal-gatal dan merah di sekitar bokong.

Itulah beberapa cara merawat bayi baru lahir, dengan pemahaman yang benar dan ketelitian dalam perawatan bayi akan dapat dilakukan dengan benar. Semoga informasi diatas bergina sebagai pengetahuan tentang cara perawatan bayi baru lahir.

By Elis Lisnawati - Bayi Senin, 09 Januari 2017 14:55:08

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Bayi usia 3 bulan belum bisa miring dan tengkurap

    1 Balasan

    Bayi

    Siang dok, saya mau tanya. Anak saya umur 3 bulan lebih belum bisa miring apalagi tengkurap, apa itu tidak apa-apa dok ? bagaimana caranya agar anak saya bisa cepat miring…

  • Pijat Bayi

    1 Balasan

    Bayi

    Siang bu bidan. Saya mau tanya, bayi saya usia 6 bulan apa sudah boleh dipijat ? Bagaimana langkah-langkah memijat bayi yang benar ?

  • Pemberian susu formula pada bayi prematur

    1 Balasan

    Bayi

    Selamat siang bu bidan. Anak saya lahir prematur dengan berat 1,7 kg dan dirawat di ruang perinatologi selama 9 hari. Sekarang usianya 2 bulan dan beratnya sudah naik menjadi 3,4…

  • Fases bayu berwarna gelap cenderung kehitaman

    1 Balasan

    Bayi

    Selamat pagi bu bidan saya ingin konsultasi nih saya punya anak usianya baru 4 bulan ketika buang air besar fasesnya berwarna gelap, mulanya berwarna hijau gelap makin kesini fasesnya cenderung…

  • Tinja Bayi Berwarna Hijau

    1 Balasan

    Bayi

    Halo bu bidan, Bayi saya usia 5 bulan saya beri susu formula, karena ASI saya kurang. Setelah diberi susu formula anak saya setiap BAB tinjanya jadi berwarna hijau, tapi tidak…


Bayi
Penyebab dan Cara Mengatasi Alergi pada Bayi

Alergi merupakan salah satu masalah…

Bayi
Faktor Pemicu Timbulnya Bintik Merah Pada Kulit Bayi

Faktor pemicu timbulnya bintik merah…

Bayi
Cara Membersihkan Telinga Pada Bayi Dengan Aman dan Benar

Pada saat membersihkan telinga pada…

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top