Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Tips Cara Ibu Untuk Mengetahui Kehamilan yang Sehat

Tanya Bidan - Memiliki janin dalam kandungan yang tumbuh kembang sesuai usia kehamilan memang menjadi sebuah idaman bagi setiap wanita hamil. Selama masa kehamilan hingga menjelang hari persalinan, menjaga kondisi kesehatan ibu dan juga janin akan sangat penting. Karena kondisi ini erat hubungannya dengan menjaga berat badan ibu selama hamil, selain itu mendapatkan juga kondisi yang seimbang untuk asupan nutrisi dan olahraga yang teratur khsusus bagi ibu hamil.
Tanda Kehamilan yang Sehat

Tips Cara Ibu Mengetahui Kehamilan yang Sehat dapat dimulai dari mengenal tanda tanda awal kehamilan yang sehat tentunya. Kondisi ibu dan juga janin selama trisemester awal hingga trisemester akhir, serta keluhan yang tidak membahayakan bagi ibu khususnya janin.

Pada kesempatan kali ini kita akan berbagi tips cara ibu untuk mengetahui seperti apa kehamilan yang sehat, mulai dari tanda kehamilan yang sehat, perkembangan dan juga pertumbuhan janin dalam kandungan.

  1. Morning Sickness
    Ibu yang mengalami mual dan muntah diawal kehamilannya, dan akan berhenti dengan sendirinya yakni saat memasuki trisemster kedua kehamilan. Hal ini juga dikatakan normal dan umum terjadi. Namun tetap perhatikan juga gejala dari mual dan muntah dipagi hari ini, karena ada 10 Bahaya Morning Sickness Bagi Ibu Hamil

  2. Kondisi Tubuh dan Ukuran Buah Dada
    Untuk kehamilan yang normal, kondisi dimana terjadinya perubahan buah dada yang terlihat semakin kencang dan juga membesar. Kondisi seperti ini menunjukan akan kesiapan tubuh dalam memproduksi ASI .

  3. Kadar Hormon dengan Jumlah yang Cukup
    Bagi sebagian wanita yang mengalami kadar hormon progesterogen dan juga estrogen tidak stabil dimasa kehamilannya atau kedua hormon tersebut terbilang sangat rendah didalam tubuh ibu hamil, dan ini nantinya akan beresiko mengalami keguguran yang jauh lebih tinggi.

  4. Terjadi Perubahan Perut yang Semakin Membesar
    Tanda kehamilan yang sehat selanjutnya yaitu terjadi perubahan perut yang terus semakin membesar sesuai dengan usia kehamilannya. Dokter atau bidan kandungan akan memeriksa perut ibu sesuai dengan kesehatan ibu dan janin.

  5. Kadar Gula Darah dan Tekanan Darah
    Kondisi kehamilan yang sehat juga bisa ditentunkan dari kadar darah dan gula darah selama masa kehamilan. Adanya peningkatan tekanan darah ataupun kadar gula bisa dikategorikan normal apabila kondisi tersebut tidak mempengaruhi kesehatan ibu dan janin.

    Sedangkan bagi ibu hamil yang mengalami perubahan akan tekanan darah atau kadar gula darah yang cukup drastis, maka hal ini bisa memicu untuk terjadinya preeklamasia yang bisa membuat resiko kelahiran prematur

  6. Kondisi Plasenta dan Rahim
    Selama janin berada didalam kandungan, maka janin akan sangat bergantung pada kesehatan rahim ibu. Maka dengan itu plasenta yang juga melekat pada dinding rahim harus tetap terpenuhi sehingga bisa menekan resiko terjadinya pelepasan palsenta yang mana mengarah pada keguguran

  7. Pertumbuhan Janin Dalam Kandungan
    Dimasa kehamilan maka ibu dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan mengenai kesehatan kehamilannya yang biasanya dengan menggunakan alat kesehatan, seperti salah satunya dengan menggunakan USG. Pemeriksaan ini dilakukan guna mengetahui tanda tanda kekurangan oksigen didalam rahim yang bisa berakibat fatal pada janin, apalagi bila fungsi plasenta terganggu dan juga ibu yang mengalami masalah kesehatan.

  8. Pergerakan Janin dalam Perut
    Selain anda melakukan pemeriksaan rutin, kehamilan yang sehat juga bisa ditandai dengan pergerakan janin yang biasanya diperiksa oleh dokter. Untuk pergerakan janin pada minggu ke 6 sampai minggu ke 10, ketika periode kehamilan yang sudah dapat dirasakan oleh ibu hamil dan juga bisa dikatakan sebagai kehamilan yang sehat dimana bayi sudah mendapatkan asupan oksigen dengan jumlah yang cukup.

Demikian mengenai Tips Cara Ibu Untuk Mengetahui Kehamilan yang Sehat. Mengetahui dan mengenal kehamilan yang sehat tentu sangat penting untuk tetap kita perhatikan. Selain itu perhatikan pula perkembangan serta pertumbuhan janin selama dikehamilan. Dan apabila ibu hamil mengalami kondisi serta keluhan atau gangguan selama kehamilan sebaiknya ibu segera melakukan konsultasi kepada dokter kandungan atau bidan sehingga bisa membantu guna mencegah kemungkinan bahaya untuk janin dan ibu hamil.

By Nita Tri Mustika - Ibu Hamil Senin, 16 Januari 2017 08:33:48

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Pendarahan

    0 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya hamil 8 minggu tp sblmnya tdk masalah tp saya ada flek dan dan darah saat pup. Rasanya kaya haid

  • Pemeriksaan kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Malam bu,bulan kemarin saya melakukan pemeriksaan usg dan diketahui usia kandungan sy sudah 10minggu.hari ini jadwal saya melakukan pemeriksaan lagi di usia kehamilan 14minggu.yg ingin sy tanyakan apakah harus melakukan…

  • paha ngilu saat hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    bu bidan saat ini saya hamil 7 bulan, saya sering mengalami sakit di bagian bokong,pinggang,paha sama perut bagian bawah.. itu kenapa ya bu? apakah berbahaya apa tidak ?perut saya pun…

  • Makan semangka

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Pada ibu hamil dengan mengkonsumsi semangka baik ndag dokter.

  • pre-eklampsia

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    pre-eklampsia pada ibu hamil itu berbahaya ga ya bu bidan?


Ibu Hamil
Pantangan Buah Yang Harus Di Hindari Ibu Hamil Muda

Bahaya buah untuk ibu hamil.…

Ibu Hamil
Asupan Gizi Yang Dibutuhkan Oleh Ibu Hamil

Asupan Gizi Yang Dibutuhkan Oleh…

Ibu Hamil
Tips Agar Cepat Hamil Dengan Bantuan Metode Hypnofertility

Banyak dari tiap-tiap pasangan yang…

Tanya Bidan
Top