Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Cara Merawat Anak yang Sedang Sakit Pilek

Anak memang sangat rentan tersering pilek karena daya tahan tubuhnya yang masih lemah sehingga virus penyakit mudah menyerang tubuhnya. Pilek pada anak memang agak lama sembuhnya dan perlu istrihat yang cukup. Lantas ibu perlu merawat buah hati dengan benar supaya cepat lekas pergi pileknya, dan berikut dibawah ini beberapa cara merawat anak yang sedang sakit pilek.

Cara Merawat Anak yang Sedang Sakit Pilek


Berikan Asupan Cairan yang Cukup
Bagi anak yang masih berusia 4 bulan kebawah, disarankan untuk selalu memberikan asupan ASI atau susu formula yang cukup. Sedangkan untuk bayi usia 5 bulan, ibu bisa memberikan air putih atau sedikit jus pada bayi yang telah berusia di atas 6 bulan.

Bantu Anak Mengeluarkan Lendir di Hidung
Pastinya bayi belum bisa mengeluarkan lendir dihidungnya sendiri. Padahal lendir dapat menyumbat hidung sehingga anak rewel dan susah bernapas. Untuk membantunya, ibu perlu mengeluarkan lendir tersebut dengan cara merebahkan anak dan teteskan sedikit air garam pada lubang hidungnya untuk mengencerkan lendir. Lalu, beberapa saat kemudian, keluarkan lendir tersebut dengan menggunakan pipet atau alat khusus untuk mengeluarkan lendir pada bayi.

Buatlah Udara Ruangan Menjadi Lembab
Ibu dapat menaikkan suhu AC di dalam kamar atau mungkin mematikan AC untuk sementara waktu. Selain itu, Ibu juga dapat membawa si kecil ke dalam kamar mandi dengan air panas untuk mendapatkan uap hangat dari shower panas tersebut.

Tidurkan dalam Posisi Semi berdiri
Anda bisa melakukannya sementara dalam beberapa jam. Hindari menggunakan bantal untuk membantunya berdiri karena dapat membuatnya sulit bernapas serta jangan meletakkan bantal dibawah tempat tidurnya karena bisa membuatnya tidak stabil.

Itulah beberapa tips dan cara merawat anak yang sedang sakit pilek. Jika ada yang ingin Anda tanyakan, silahkan bertanyalah di form tanya bidan kami, semoga artikel dan jawaban yang kami berikan nanti bisa membantu Anda. Terimakasih atas kunjungannya.

By - Anak Kamis, 02 Februari 2017 11:18:37

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Test pertanyaan

    0 Balasan

    Anak

    Ini adalah test pertanyaan

  • Test Pertanyaan

    0 Balasan

    Anak

    Test pertanyaan

  • BB anak tidak naik2

    1 Balasan

    Anak

    Selamat pagi, Bu.. Saya mau bertanya beberapa hal mengenai anak sy yg BBnya tdk pernah lagi naik. Sekarang anak usia 2th... 1. Apakah anak sy kena TB/kurang gizi? Krn adik…

  • Makanan yang dilarang untuk anak yang selesai sunat

    2 Balasan

    Anak

    Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya apakah ada pantangan makanan untuk anak yang saat ini baru sunat takutnya jika makan sembarangan akan berimbas pada luka sunat yang masih basah.…

  • cara mengatasi alergi dingin

    1 Balasan

    Anak

    Selamat siang bu bidan saya mau bertanya bagaimana cara mengatasi alergi dingin pada anak. Anaks aya berusia 10 tahun dan sering batuk berdahak bahkan sudah 2 minggu. Saya pernah bawa…


Anak
Fakta Tentang Skizofrenia Pada Anak-Anak

Ada beberapa jenis penyakit kejiwaan…

Anak
Gejala Cacingan Pada Anak-Anak Yang Perlu Diwaspadai

Cacingan dalam istilah sehari-hari adalah…

Anak
Mainan Anak yang Cocok Sesuai dengan Tahapan Usianya

Selain mengingat tahap perkembangan anak,…

Tanya Bidan
Top