Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Makanan Sehat Untuk Bayi Usia 6 Bulan

www.curhatbidan.com - Sebaiknya bayi hanya mengkonsumsi ASI pada saat 6 bulan pertama. Setelah 6 bulan, bayi sudah dapat mengkonsumsi makanan pendamping ASI atau MPASI. Namun dalam pemberian MPASI juga harus dilakukan dengan hati-hati dan cermat.


Pada saat usia bayi sudah menginjak 6 bulan merupakan waktu yang tepat untuk Bunda memberikan makanan pada bayi atau MPASI (Makanan Pendamping ASI). Karena usia 6 bulan, bayi sudah mampu untuk memproduksi enzym-enzym pencernaan sehingga dapat mencerna makanan selain ASI. Dari pemberian MPASI juga dapat menurunkan resiko alergi dari makanan untuk bayi, jika diberikan makanan tepat pada usia 6 bulan alasannya yaitu pada sistem pencernaan yang sempurna pada bayi yang sudah berusia 6 bulan akan menghasilkan IgA, artinya suatu protein immunoglobin yang memiliki peranan untuk melindungi sistem pencernaan. Namun meskipun IgA itu sendiri dapat dihasilkan dari ASI, tetapi produksinya rendah sehingga bayi akan terkena alergi makanan apabila telah diberikan MPASI dibawah usia 6 bulan.

Sedangkan pada usia 6 bulan bayi sudah mengalami perkembangan dalam menggerakan suatu makanan sehingga dapat mendorong makanan tersebut dari arah depan ke belakang mulut. Maka dengan mekanisme tersebut akan mempermudah untuk bayi dalam menelan MPASI yang telah diberikan.

Nutrisi apa saja yang dibutuhkan pada usia bayi 6 bulan?
Usia 6 bulan merupakan awal bagi bayi untuk mengenal asupan nutrisi dari makanan selain ASI, sehingga MPASI harus benar-benar disesuaikan dengan tumbuh kembang bayi.

Berikut kebutuhan nutrisi atau makanan sehat untuk bayi 6 bulan, diantaranya:

Protein

Kandungan protein akan membantu dalam memlihara serta memperbaiki pada jaringan tubuh bayi sehingga akan mampu untuk mengontrol fungsi tubuh oleh enzim. Protein yang bisa didapatkan yaitu dari ikan laut, namun Anda juga harus tetap memilih ikan dengan kandungan mercury yang rendah, seperti yang terdapat pada ikan salmon.

Lemak

Lemak juga dibutuhkan untuk bayi karena untuk sumber energi yang menyediakan asam lemak esensial dan juga vitamin larut yang merupakan kepentingan suatu nutrisi yang harus dicukupi dalam usia 6 bulan. Lemak yang dihasilkan dari ikan juga sangat baik dalam perkembangan bayi saat usia 6 bulan.

Vitamin dan Mineral

Hampir semua vitamin dibutuhkan untuk perkembangan bayi ketika berusia 6 bulan. Dari mulai Vitamin A, B, K, E, D dan juga vitamin C. Karena vitamin tersebut sangatlah penting. Bisa Anda dapatkan dari beberapa sayuran seperti bayam, brokoli, seledri, labu siam, wortel, atau tomat. Dan sumber buah-buahan yang disarankan untuk bayi 6 bulan yaitu pisang, pepaya, alpukat, apel, mangga, semangka, dan pir.

Karbohidrat

Kandungan karbohidrat juga merupakan salah satu sumber energi yang dibutuhkan bagi bayi karena untuk membantu menyediakan energi selain dari ASI. Pada usia 6 bulan karbohidrat yang akan dibutuhkan bagi bayi yaitu 68,75 gram sampai 89,39 gram. Dan dapat dihasilkan dari beras merah atau beras putih.

Related post:


By Lia Amalia - Bayi Jum'at, 03 Februari 2017 11:35:50

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Pemberian Susu Formula

    1 Balasan

    Bayi

    Halo Bu Bidan, saya mau tanya, apakah tidak apa-apa jika bayi diberi susu formula untuk beberapa hari saja ? Apa ada efek sampingnya ?

  • Perbedaan diare akibat alergi makanan dan akibat bakteri pada bayi

    1 Balasan

    Bayi

    Selamat siang bu bidan saya mau tanya apa sih yang membedakan diare pada bayi akibat alergi makanan dan akibat bakteri. Soalnya saya bingung bayi saya diare dan entah penyebabnya dari…

  • Bayi Mandi Air Dingin

    1 Balasan

    Bayi

    Halo Bu Bidan, saya mau bertanya, bolehkah bayi mandi dengan air dingin ? Sejak umur berapa bayi boleh dimandikan dengan air dingin ?

  • Bayi Usia 1 Bulan Terkena Pilek

    1 Balasan

    Bayi

    Siang dok. Saya Shelly. Anak saya yang berusia 1 bulan terkena pilek tapi tidak panas. Ada batuk sedikit jika sedang menyusui saja. Bagaimana cara menanganinya ? Apa perlu saya periksakan…

  • Frekuensi BAB Pada Bayi

    1 Balasan

    Bayi

    Siang Bu Bidan, saya mau tanya, pada bayi usia 7 bulan berapa kali frekuensi BAB yang normal ?


Bayi
Bayi Sering Terkaget - Kaget Saat Tidur

Bayi Sering Terkaget - Kaget…

Bayi
Bayi
Kenali Gejala Dan Cara Mengatasi Stres Pada Bayi

Bunda kenali gejala dan cara…

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top