Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Omega-3 Tingkatkan Keterampilan Membaca Pada anak

Hallo, terimakasih sudah menjadi pembaca setia Website Curhat Bidan. Pada kali ini kami akan membahas mengenai tambahan Omega-3 tingkatkan keterampilan membaca pada anak. Tapi sebelum itu, kita akan membahas sedikit terlebih dahulu mengenai omega-3 itu sendiri.


Apa Itu Omega-3?

Omega-3 merupakan asam lemak yang ditemukan dalam minyak ikan dan banyak lagi sumber tanaman seperti biji rami. Tubuh Anda tidak dapat memproduksi omega-3 dengan sendiri, jadi sangat penting untuk mendapatkan mereka dari sumber / makanan lain. Anda mungkin akrab dengan kisah oenga-3 dari orang Eskimo. Mereka banyak makan ikan, dan dibarengi dengan minyak ikan yang lebih banyak, seperti mungkin kita dalam menggunakan garam dan merica. Dan faktanya mereka tidak banyak menderita penyakit kronis yang sangat lazim di sebagian besar masyarakat di Seluruh Dunia. Biasanya omega-3 bersumber dari hewan seperti minyak ikan yang dipecah menjadi dua komponen DHA dan EPA. DHA yang diyakini mendukung fungsi otak dan EPA yang diyakini mendukung fungsi sendi.

Omega-3 Tingkatkan Keterampilan Membaca Pada anak

Menurut sebuah penelitian omega-3 yang biasa ditemukan dalam minyak ikan, makanan laut, beberapa ganggang, dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak sekolahan.

Khususnya, pada anak-anak yang mempunyai perhatian lebih, tambahan suplemen omega-3 dapat membantu mereka dalam membaca.

“Studi kami menunjukan bahwa anak-anak bisa mendapatkan keuntungan yang banyak dari suplemen dengan formula khusus,” kata Mats Johnson dari Sahlgrenska Academy, University of Gothenburg, Swedia.

Penelitian ini melibatkan 154 anak sekolah dari Swedia dan semuanya berasal dari kelas tiga, atau sekitar usia Sembilan atau sepuluh tahun.

Nak-anak mengambil tes berbasis computer yang difokuskan untuk mengukur kemampuan membaca mereka dalam berbagai cara, termasuk kecepatan membaca, kemampuan membaca kata-kata omong kosong dan kosa kata.

Anak-anak tersebut secara acak ditugaskan untuk mengkonsumsi teratur suplemen oemga-3 dan oemga-6 dengan anak anak yang mengkonsumsi kapsul yang identik berisi plasebo (minyak sawit) selama tiga bulan.

Anak-anak, orang tua dan para peneliti tidak belajar sampai penelitian pada anak-anak tersebut selesai.

“Bahkan setelah tiga bulan, kita bisa melihat bahwa kemampuan membaca pada anak-anak yang mengkonsumsi omega-3 meningkat pesat dibandingkan dengan mereka yang hanya mengkonsumsi placebo.”

"Hal ini terutama terlihat dalam kemampuan membaca kata omong kosong keras dan mengucapkannya dengan benar (phonologic decoding), dan kemampuan untuk membaca serangkaian huruf cepat (waktu analisis visual), "kata Johnson.

Tidak ada anak-anak yang didiagnosis dengan ADHD (attention-deficit / hyperactivity) dilibatkan dalam penelitian, tetapi dengan bantuan dari orang tua anak-anak, para peneliti bisa mengidentifikasi anak-anak yang memiliki masalah perhatian lebih ringan.

Temuan yang dipublikasikan dalam Jurnal Psikologi dan Psikiatri Anak menunjukkan bahwa anak-anak ini dengan masalah perhatian ringan mencapai perbaikan yang lebih besar dalam beberapa tes, termasuk membaca cepat sudah setelah tiga bulan menerima suplemen asam lemak.

Lemak tak jenuh ganda dan peran mereka dalam belajar dan perilaku anak-anak merupakan area penelitian yang berkembang.

"Diet modern kita mengandung relatif sedikit omega-3, yang diyakini memiliki efek negatif pada anak-anak kita ketika datang ke belajar, padahal sebaliknya, omega-3 dapat membuat melek huruf dan kemampuan lebih dalam membaca," kata Johnson.

"Membran sel di otak yang sebagian besar terdiri dari lemak tak jenuh ganda, dan ada penelitian yang menunjukkan bahwa asam lemak yang penting untuk transmisi sinyal antara sel-sel saraf dan regulasi sinyal sistem di otak," kata Johnson.

**Bonus

1. Berikut makanan yang mengandung oemga-3 dan baik dikonsumsi anak-anak :

Ikan tuna, Ikan sarden, ikan salmon, ikan air tawar,  telur ayam dan bebek, kacang-kacangan (kacang hijau, kacang merah, kacang almond), sayur bayam, kangkung, brokoli, kembang kol, selada susu kambing, susu sapi, daging sapi,  hewan laut (udang, kerang, kepiting).

2. Berikut buah-buahan yang kaya akan omega-3 :

Jambu biji, blewah, kismis, ceri, mangga, alpukat, pepaya, kiwi, blueberry, blackberry, strawberry.

Terimakasih sudah berkunjung :)

Baca juga : Gejala Dan Pengobatan Penyakit Autoimun Pada Anak

By Herti Abi Mustofa - Anak Senin, 06 Februari 2017 15:07:28

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • BB anak tidak naik2

    1 Balasan

    Anak

    Selamat pagi, Bu.. Saya mau bertanya beberapa hal mengenai anak sy yg BBnya tdk pernah lagi naik. Sekarang anak usia 2th... 1. Apakah anak sy kena TB/kurang gizi? Krn adik…

  • Makanan yang dilarang untuk anak yang selesai sunat

    2 Balasan

    Anak

    Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya apakah ada pantangan makanan untuk anak yang saat ini baru sunat takutnya jika makan sembarangan akan berimbas pada luka sunat yang masih basah.…

  • cara mengatasi alergi dingin

    1 Balasan

    Anak

    Selamat siang bu bidan saya mau bertanya bagaimana cara mengatasi alergi dingin pada anak. Anaks aya berusia 10 tahun dan sering batuk berdahak bahkan sudah 2 minggu. Saya pernah bawa…

  • Tips cara menjemur bayi yang benar

    1 Balasan

    Anak

    Selamat pagi bu bidan saya destian saya saat ini mempunyai bayi yang berumur 1 bulan setengah, katanya sinar matahari memiliki manfaat yang baik ya bagi bayi. Namun ada juga yang…

  • Anak Batuk

    1 Balasan

    Anak

    Selama pagi Dok. Saya mau bertanya, kan akhir akhir ini anak saya sering kali merasakan batuk di mana saat batuk ini pasti dia merasakan nafas yang tak menentu dan bahkan…


Anak
Tips Mudah Dalam Membesarkan Anak Dengan IQ Tinggi

Semua orang tua pastinya ingin…

Anak
Mengenal Penyakit Ruam Kulit Pada Anak

Ruam kulit merupakan suatu reaksi…

Anak
Bahaya Terlalu Sering Memberikan Mie Instan Pada Anak

Mengkonsumsi mie instan terus menerus…

Tanya Bidan
Top